Silabus
Sekolah : SMP NEGERI 2 MARAWOLA
Kelas : IX
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : I(satu)
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
1. Memahami kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||||||||||||||||||||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||||||||||||||||
1.1 Mengiden tifikasi bangun-bangun datar yang sebangun dan kongruen | Kesebangunan | Mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar | · Mendiskusikan dua bangun yang sebangun atau kongruen melalui model bangun datar | Tes tulis | Tes uraian | Bangun-bangun manakah yang sebangun? Mengapa? | 2x40 menit | Buku teks, lingkungan, model bangun datar dari kawat atau karton | ||||||||||||||||||
Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun atau kongruen | · Mengidentifikasikan dua bangun datar sebangun atau kongruen | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Apakah kedua bangun berikut ini kongruen? Mengapa? | 2x40 menit | | ||||||||||||||||||||
1.2 Mengiden tifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen | Kesebangunan | Mencermati perbedaan dua segitiga sebangun atau kongruen | · Membedakan pengertian sebangun dan kongruen dua segitiga. | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Kalau ΔABC sebangun dengan ΔPQR, apakah
Kalau dua segitiga kongruen, apakah dua segitiga tersebut tentu sebangun? | 2x40 menit | Buku teks, lingkungan, model bangun datar dari kawat atau karton | ||||||||||||||||||
Mengidentifikasi sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen. | · Menyebutkan sifat-sifat dua segitiga sebangun dan kongruen. . | Tes tulis | Tes isian | Diketahui ΔABC dan ΔPQR, sebangun
Sudut A = sudut …. | 2x40 menit | | ||||||||||||||||||||
1.3 Mengguna kan konsep kesebangunan segitiga dalam pemecahan masalah | Kesebangunan | Mengamati perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya. | · Menentukan perbandingan sisi-sisi dua segitiga yang sebangun dan menghitung panjangnya | Tes tulis | Tes uraian | ∆ABC sebangun dengan ∆PQR. Panjang AB = 4 cm. Sisi yang bersesuaian dengan AB adalah sisi PQ, dan panjang PQ = 6 cm. Jika panjang sisi BC = 5 cm, maka panjang sisi QR adalah …. | 4x40menit | Buku teks, lingkungan, model bangun datar dari kawat atau karton | ||||||||||||||||||
Menggunakan kesebangunan untuk memecahkan masalah | · Memecahkan masalah yang melibatkan kesebangunan. | Tes tulis | Tes uraian | Sebuah foto ukuran 3 X 4 akan diperbesar sehingga lebar foto tersebut menjadi 60 cm. Kertas foto yang diperlukan untuk membuat foto yang diperbesar tersebut adalah …..cm2. | 4x40menit | |
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
2. Memahami sifat-sifat tabung, kerucut dan bola, serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |||||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||||
2.1 Mengiden tifikasi unsur-unsur tabung, kerucut dan bola | Tabung, kerucut, dan bola | Mendiskusikan unsur-unsur tabung, kerucut, dan bola dengan menggunakan model bangun ruang sisi lengkung (model kerangka dan padat) | · Menyebutkan unsur-unsur: jari-jari/diameter, tinggi, sisi, alas dari tabung, kerucut dan bola | Tes tulis | Tes uraian | a. Arsirlah alas kerucut b.Gambarlah tinggi kerucut | 2x40 menit | Buku teks, lingkungan, model bangun ruang sisi lengkung(kerangka dan padat) | |||
2.2 Menghitung luas selimut dan volume tabung, kerucut dan bola | Tabung, kerucut, dan bola | Mendiskusikan cara menurunkan rumus luas selimut tabung, kerucut dan bola Menentukan luas selimut tabung, kerucut, dan bola | · Menghitung luas selimut tabung, kerucut, dan bola. | Tes tulis | Tes uraian | Sebuah bola berjari-jari 10 cm. Hitunglah luas selimut bola tersebut | 4x40 menit | Buku teks, lingkungan, model bangun ruang sisi lengkung(kerangka dan padat) | |||
Mencari volume tabung, kerucut, dan bola | · Menghitung volume tabung, kerucut dan bola. | Tes tulis | Tes uraian | Sebuah tabung jari-jari alasnya 10 cm dan tinggi tabung 30 cm. Berapakah volum tabung tersebut? | 4x40 menit | | |||||
Menggunakan rumus volume untuk menghitung unsur-unsur tabung, kerucut dan bola jika volumenya diketahui. | · Menghitung unsur-unsur tabung, kerucut dan bola jika volumenya diketahui | Tes tulis | Tes uraian | Sebuah tabung volumenya 1540 cm3. Berapakah jari-jari tabung tersebut? | 4x40 menit | | |||||
2.3 Memecah kan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola | Tabung, kerucut, dan bola | Memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut,dan bola dengan menggunakan rumus luas dan volume | · Menggunakan rumus luas selimut dan volume untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan tabung, kerucut dan bola. | Tes tulis | Tes isian | Pak Candra akan membuat tabung dari kaleng, yang jari-jari alasnya sama dengan 30 cm dan tingginya 1 m. Kaleng yang diperlukan untuk membuat tabung tersebut sebanyak ..... cm2. | 4x40 menit | Buku teks, lingkungan, model bangun ruang sisi lengkung(kerangka dan padat) |
Standar Kompetensi : STATISTIKA DAN PELUANG
3. Melakukan pengolahan dan penyajian data
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Menentu kan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya | Statistika | Melakukan pengumpulan data dengan mengukur dan mencatat data (menurus/tally) dengan objek lingkungan | · Mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur dan mencatat data dengan turus/tally. | Tes tulis | Tes uraian | Perolehan 12 siswa adalah sebagai berikut. 54, 66, 72, 80, 72, 76, 72, 76, 72, 76, 64, 76 Buatlah tabel skor dengan turus. Berapa banyak siswa yang mendapat nilai 72? | 2x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Mengidentifikasi data berdasar urutan | · Mengurutkan data tunggal, mengenal data terkecil, terbesar dan jangkauan data. | Tes tulis | Tes uraian | Umur 10 siswa SD adalah sebagai berikut. 6, 6, 10, 9, 7, 8, 10, 6, 8, 9. a. Urutkan umur ke sepuluh siswa tersebut dari yang terkecil ke yang terbesar b. Berapakah selisih antara umur siswa yang termuda dan yang tertua | 1x40 menit | | ||
Melakukan perhitungan rata-rata, median, modus data tunggal serta menafsirkan maknanya | · Menentukan rata-rata, median, modus data tunggal serta penafsirannya. | Tes tulis | Tes uraian | Hasil ulangan 8 siswa adalah sebagai berikut. 7, 6, 6, 5, 7, 8, 8, 7. a. Hitunglah rata-rata, median dan modus. b. Apakah makna nilai rata-rata, median, modus tersebut? | 5x40 menit | | ||
3.2.Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, dan lingkaran | Statistika | Membuat tabel, diagram batang, diagram garis, dan diagram lingkaran dari data tunggal | · Menyajikan data tunggal dalam bentuk tabel, diagram batang, garis dan lingkaran. | Tes tulis | Tes uraian | Berikut ini data umur 20 siswa SMP Bina Taruna (dalam tahun). 13, 14, 13, 16, 13, 14, 15, 16, 14, 13, 13. 16, 15, 13, 14, 15, 13, 15, 13, 14. Gambarlah diagram batang dari data tersebut. | 4x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Menafsirkan diagram suatu data | · Membaca diagram suatu data | Tes tulis | Tes uraian |
Berapa persen siswa yang hobinya main sepakbola? | 2x40 menit | |
Standar Kompetensi : STATISTIKA DAN PELUANG
4. Memahami peluang kejadian sederhana
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Menentu kan ruang sampel suatu percobaan | Peluang | Mendiskusikan pengertian ruang sampel, dan titik sampel suatu percobaan | · Menjelaskan pengertian ruang sampel, titik sampel suatu percobaan. | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Kalau satu mata uang dilambungkan satu kali, maka:
| 1x40 menit | Buku teks, lingkungan, dadu, mata uang, kartu bridge, kartu bernomor |
Mendiskusikan untuk menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya | · Menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya. | Tes tulis | Tes isian | Dua dadu dilambungkan satu kali. Titik sampelnya adalah ..... Ruang sampelnya adalah ..... | 1x40 menit | | ||
4.2 Menentukan peluang suatu kejadian sederhana | Peluang | Menentukan peluang masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu percobaan misal melambungkan uang logam, dadu | · Menghitung peluang masing-masing titik sampel pada ruang sampel suatu percobaan | Tes tulis | Tes isian | Sebuah dadu dilambungkan satu kali. Peluang muncul mata 4 adalah ...... | 2x40 menit | Buku teks, lingkungan, dadu, mata uang, kartu bridge, kartu bernomor |
Mencari nilai peluang suatu kejadian | · Menghitung nilai peluang suatu kejadian. | Tes tulis | Tes uraian | Dua buah dadu dilambungkan satu kali. A adalah kejadian muncul jumlah mata dadu sama dengan 9. Berapakah peluang terjadinya peristiwa A? | 4x40 menit | |
Mengetahui, Marawola 12 juli 2010
Kepala Sekolah ................ Guru mata pelajaran ..........................................
SMP NEGERI 2 MARAWOLA
Drs.Gianto Ahmad Albar, S,Pd
NIP 195407101980031031 Nip.196707281992031001
Silabus
Sekolah : SMP NEGERI 2 MARAWOLA
Kelas : IX
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : II(dua)
Standar Kompetensi : BILANGAN
5. Memahami sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar serta penggunaannya dalam pemecahan masalah sederhana
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Mengiden tifikasi sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar | Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar | Mendiskusikan pengertian bilangan berpangkat bulat positif, negatif dan nol. | · Menjelaskan pengertian bilangan berpangkat bilangan bulat positif, negatif dan nol | Tes tulis | Tes isian | Hitunglah: 1. 43 = ..... 2. 8-2 = .... 3. 250 = .... 4. (-3)4 = ... 5. (-6)-2 = .... 6. ()2 = .... | 2x40 menit | Buku teks |
Mendiskusikan cara untuk menentukan bilangan berpangkat positif dari bilangan berpangkat negatif. | · Mengubah bilangan berpangkat bulat negatif menjadi pangkat positif | Tes tulis | Tes isian | Ubahlah menjadi bilangan berpangkat positif 1. 5-4 = ...... 2. (-3)-5 = .... 3. ()-2 = ..... | 2x40 menit | | ||
Mendiskusikan arti bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar | · Mengenal arti bilangan berpangkat pecahan dan bentuk akar | Tes tulis | Tes isian | 1. Ubahlah dalam bentuk akar 61/2 = ...... 2. Ubahlah menjadi pangkat pecahan = ..... | 4x40 menit | | ||
5.2 Melakukan operasi aljabar yang melibatkan bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar | Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar | Menentukan hasil operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar. | · Menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada suatu bilangan berpangkat bulat dan bentuk akar. | Tes tulis | Tes uraian | Hitunglah
| 6x40 menit | Buku teks |
5.3 Memecah kan masalah sederhana yang berkaitan dengan bilangan berpangkat dan bentuk akar | Bilangan berpangkat dan Bentuk Akar | Memecahkan masalah dengan menggunakan sifat-sifat dan operasi hitung pada bilangan berpangkat dan bentuk akar |
| Tes tulis | Tes uraian | Misal sejenis amuba membelah diri setiap 2 menit sekali. Berapa banyak amuba dalam waktu 30 menit? | 4x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Standar Kompetensi : BILANGAN
6. Memahami barisan dan deret bilangan serta penggunaannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Menentu kan pola barisan bilangan sederhana. | Barisan dan Deret Aritmetika Barisan dan Deret Geometri | Mendiskusikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan | · Menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan barisan bilangan. | Tes tulis | Tes uraian | Dalam permainan baris berbaris, baris berikutnya berdiri 2 anak lebih banyak dari pada baris sebelumnya. Jika baris pertama ada 2 anak, berapakah banyak anak pada baris ke-6? | 2x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Mendiskusikan unsur-unsur pada berisan dan deret dengan menggunakan soal atau lingkungan (peraga) | · Mengenal unsur-unsur barisan dan deret, misalnya; suku pertama, suku berikutnya, suku ke –n, beda, rasio. | Tes tulis | Tes isian | Diketahui barisan: 5, 8, 11, 14, 17, 20, ... a. Suku pertama adalah .... b. Bedanya adalah ..... c. Suku ke-10 adalah .... | 2x40 menit | | ||
Mendiskusikan cara memperoleh pola barisan bilangan | · Menentukan pola barisan bilangan. | Tes tulis | Tes uraian | Diketahui barisan 3, 6, 9, ... a. Tentukan suku ke-4, ke-5, dan ke-6 b.Tentukan suku ke-n | 2x40 menit | | ||
6.2 Menentu kan suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri | Barisan dan Deret Aritmetika Barisan dan Deret Geometri | Mendiskusikan pengertian barisan aritmetika dan barisan geometri | · Mengenal pengertian barisan aritmatika dan barisan geometri. | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Manakah yang merupakan barisan aritmetika?
| 2x40 menit | Buku teks, lingkungan |
| Menemukan rumus suku ke-n barisan aritmetika dan barisan geometri dengan menggunakan alat peraga atau lingkungan , misal nomor urut rumah di salah satu sisi jalan | · Menentukan rumus suku ke-n barisan aritmatika dan barisan geometri. | Tes tulis | Tes isian | Suku ke-10 dari deret 2, 5, 8, 11, 14, ... adalah ..... | 2x40 menit | | |
6.3 Menentu kan jumlah n suku pertama deret aritmatika dan deret geometri | Barisan dan Deret Aritmetika Barisan dan Deret Geometri | Mencermati deret aritmetika dan deret geometri naik atau turun | · Mengenal pengertian deret aritmatika dan deretgeometri naik atau turun. | Tes tulis | Tes uraian | Manakah yang merupakan deret aritmetika?
| 4x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Menemukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri | · Menentukan rumus jumlah n suku pertama deret aritmetika dan deret geometri. | Tes tulis | Tes uraian | Hitunglah jumlah 10 suku pertama dari deret: 3 + 6 + 9 + 12 + ... | 4x40 menit | | ||
6.4 Memecah kan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret | Barisan dan Deret Aritmetika Barisan dan Deret Geometri | Memecahkan masalah yang berkaitan dengan barisan dan deret dengan menggunakan rumus pada deret aritmetika , deret geometri | · Menggunakan sifat-sifat dan rumus pada deret aritmetika dan deret geometri untuk memecahkan masalah yang berkaitan dengan deret. | Tes tulis | Tes uraian | Di sebuah ruangan disusun kursi-kursi seperti berikut.Pada barisan pertama terdapat 5 kursi, barisan kedua 8 kursi, barisan ketiga 11 kursi, dan seterusnya. Berapa banyak kursi yang dibutuhkan supaya bisa terdapat 10 baris? | 4x40 menit | Buku teks, lingkungan |
Mengetahui, Marawola 12 juli 2010
Kepala Sekolah ................ Guru mata pelajaran ..........................................
SMP NEGERI 2 MARAWOLA
Drs.Gianto Ahmad Albar, S,Pd
NIP 1954071980031031 Nip.196707281992031001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar