Minggu, 20 Februari 2011

silabus matematika kelas VII


Silabus

Sekolah                     : SMP NEGERI 2 MARAWOLA
Kelas                           : VII
Mata Pelajaran          : Matematika
Semester                    : I(satu)
Standar Kompetensi : BILANGAN
1.        Memahami sifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1  Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan






Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah

Melakukan  diskusi tentang jenis-jenis bilangan bulat (pengulangan)
Menyebutkan bilangan bulat
Mengidentifikasikan besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan bulat
·          Memberikan contoh bilangan bulat



Tes tulis
Tes uraian
Tulislah 5 bilangan bulat yang lebih dari -3 dan kurang dari 10

1x40 menit
Buku teks
Garis bilangan
Termometer
Tangga rumah
Kue yang bulat,
Lingkungan
Buah-buahan
Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
·          Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan
Tes tulis
Tes uraian


 


Letakkanlah bilangan -1, 0, dan 3 pada garis bilangan tersebut
1x40 menit

Mendiskusikan cara melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi pada bilangan bulat termasuk operasi campuran

Mendiskusikan cara menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan bulat negatif dengan negatif dan positif dengan negatif
·         Melakukan operasi tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan bulat termasuk operasi campuran.

Tes tulis
Tes isian
Tes uraian
A. Hitunglah
1. 62-125 = ...
2. (9+12)x6=...
3. (-36):4=...
5. 8x(-12)=...

B. Sebuah kotak memuat 25 buah jeruk. Kalau ada 140 buah jeruk, berapa banyak kotak yang harus disediakan?
2x40 menit

Mendiskusikan untuk menentukan kuadrat dan pangkat tiga, serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga

·         Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.

Tes tulis
Tes uraian
Berapakah
 a.
  b.  43  
2x40 menit

Mendiskusikan jenis-jenis bilangan pecahan
Menyebutkan bilangan pecahan
Membuat garis bilangan dan menentukan letak bilangan pecahan pada garis bilangan

·         Memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan :biasa, campuran desimal, persen dan permil.

Tes tulis
Tes isian
1. Dua buah roti bolu dibagikan kepada 4 anak secara merata. Masing-masing anak memperoleh ...... bagian
2. Setengah bagian hasil panen diberikan kepada Surya. Bagian surya kalau dinyatakan dalam persen adalah ...%
2x40 menit

Mendiskusikan bilangan pecahan senilai
Mendiskusikan cara mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain
·         Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain.

Tes tulis
Tes isian
1. Ubahlah dalam bentuk desimal
    1  = ..
2. Ubahlah dalam bentuk persen
     = ... %
2x40 menit

Melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan
Menuliskan bentuk baku (misal amuba yang panjangnya 0,000001 mikron)
Mendiskusikan cara membulatkan bilangan pecahan sampai satu atau dua desimal
·         Menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi bilangan pecahan.

Tes tulis
Tes uraian
Hitunglah:

1.  1 ½  x  2/3 = ...
2.  ¾  :  ½  = ...
3. 2,5  +  3,75 = ..
4. 21,2  -  9,85 = ..
4x40 menit

1.2  Menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan bulat dan pecahan dalam pemeca han masalah.
Bilangan Bulat dan Bilangan Pecah

Melakukan diskusi tentang sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi pada bilangan bulat(pengulangan)

·         Menemukan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pada bilangan bulat.

Tes tulis
Tes isian
Isilah titik-titik berikut ini
1. a. 9 + 6 =  ....
 b. 6 + 9 = ....
   Jadi 9 + 6 = .....+ .....

2. a. 3 x (5 x 4) = ....
    b. (3 x 5) x 4 = ...
   Jadi 3 x (5 x 4) = (...x...) x ...

2x40 menit
Buku teks, lingkungan
Menyelasaikan masalah dengan menggunakan sifat-sifat penjumlahan, pengurangan, pembagian, perkalian, perpangkatan dan penarikan akar pada operasi campuran

·         Menggunakan sifat-sifat operasi tambah, kurang, kali, bagi, pangkat dan akar pada operasi campuran bilangan bulat

Tes tulis
Tes uraian
Hasil dari :
2x40 menit

Melakukan diskusi cara menggunakan operasi hitung, tambah, kurang, kali atau bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan bilangan bulat
·         Menggunakan sifat-sifat operasi bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Tes tulis
Tes uraian
Pada hari Sabtu Candra memberi kelereng pada Aan sebanyak 25 butir dan kepada Yudha 17 butir. Hari Minggu Candra memberi kelereng kepada Novan sebanyak 13 butir. Berapakah banyak semua kelereng yang diberikan Candra kepada Aan, Yudha, dan Novan?


Melakukan diskusi  cara menggunakan operasi hitung tambah, kurang,  kali atau bagi dalam menyelesaikan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan pecahan
·         Menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali, atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.
Tes tulis
Tes uraian
Dalam sebuah karung beras ada 25 kg beras yang akan dibagikan kepada 10 orang. Berapa kg beras bagian dari masing-masing orang tersebut?
4x40 menit


Standar Kompetensi: ALJABAR
                                  2. Memahami bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Mengenali bentuk aljabar dan unsur unsurnya
Bentuk aljabar

Mendiskusikan pengertian
bentuk aljabar
Mendiskusikan tentang
variabel, konstanta, koefisien,faktor, suku dan suku sejenis
·        Menjelaskan pengertian koefisien, variabel, konstanta, faktor , suku dan suku sejenis.

Tes lisan
Daftar pertanyaan
Dari bentuk aljabar  2x + 3, manakah yang merupakan variabel dan manakah yang merupakan konstantan?
2x40 menit
Buku Teks, lingkungan
2. 2 Melakukan operasi pada bentuk aljabar
Bentuk aljabar
Melakukan operasi tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar

·          Melakukan operasi hitung, tambah, kurang, kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar.

Tes tulis
Tes uraian
 Hitunglah:
1. 2x+3+ 5x-6
2. (4x -1)(-2x+5)
3. (3x – 4)2
4x40 menit
Buku teks, lingkungan
Menggunakan sifat operasi
hitung  untuk menyelesaikan
soal yang dinyatakan dalam
bentuk aljabar.
Melakukan operasi  hitung
pada pecahan biasa untuk
menyelesaikan pecahan aljabar
dengan penyebut satu suku
·          Menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal

Tes tulis
Tes uraian
Perusahaan “Langsung Sadar” memberi bantuan korban gempa sebanyak 20 dus mie, 40 liter minyak goreng. Satu dos mie berisi 144 bungkus dengan harga Rp 900,00 per bungkus, dan harga minyak goreng Rp 4.500,00 per liter. Berapa rupiah jumlah bantuan di atas?
2x40 menit

2.3.Menyelesaikan pesamaan linear satu variabel.
Persamaan linear satu variabel
Mendiskusikan PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

·          Mengenali PLSV dalam berbagai bentuk dan variabel
Tes lisan
Daftar pertanyaan
Manakah yang merupakah PLSV?
  1. 2x = 5
  2. 5y
  3. 9g – 4 = 10
  4. 6 – 5m = 2
1x40 menit
Buku teks


Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PLSV  dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan  bilangan yang sama

·          Menentukan bentuk setara dari PLSV dengan cara kedua ruas ditambah,dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama

Tes tulis
Tes pilihan ganda
Manakah yang setara dengan
-5x + 2 = 4?
a. 5x – 2 = -4
b. 10x + 4 = 8
c. -10x – 4 = 8
d. 10x – 4 = -8
2x40 menit



Menyelesaikan PLSV untuk mencari penyelesaiannya
·         Menentukan penyelesaian PLSV
Tes tulis
Tes isian
Penyelesaian dari
5y – 12 = 8 adalah ....
2x40 menit

2.3  Menyelesaikan pertidaksamaan linear satu variabel.
Pertidaksama an linear satu variabel
Mendiskusikan pertidaksamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel

·         Mengenali PtLSV dalam berbagai bentuk dan variabel

Tes lisan
Daftar Pertanyaan
Manakah yang merupakan PtLSV?
a  3a + 5 > 2
b.-4h + 4 ≤ 5
  1. 8x -7 = 10
  2. 5y ≥ 10
       e.   –p = -5
1x40 menit
Buku teks, lingkungan
Mendiskusikan cara menentukan bentuk setara dari PtLSV  dengan cara kedua ruas ditambah , dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama
·         Menentukan bentuk setara dari PtLSV dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama.
Tes tulis
Tes pilihan ganda
Bentuk yang setara dengan 6x – 8 ≥ 10 adalah
  1. 5x – 7 ≥ 9
  2. 6x + 8 ≥ 10
  3. 3x – 4 ≥ 5
  4. -3x + 4 ≥ -5
2x40 menit

Menyelesaikan PtLSV untuk mencari akar persamaan
·         Menentukan penyelesaian PtLSV
Tes tulis
Tes isian
Penyelesaian dari 3m – 2 ≤ 10 adalah ......
2x40 menit





Standar Kompetensi: ALJABAR
                                  3. Menggunakan bentuk aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel, dan perbandingan dalam pemecahan masalah

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel
Mendiskusikan model
matematika

Mengubah masalah ke dalam
model matematika berbentuk
persamaan linear satu variabel


·         Mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel

Tes tulis
Tes uraian
Nyatakanlah ke dalam model matematika.
Dian membeli 3 kg gula pasir. Dia membayar dengan selembar uang dua puluh ribuan dan menerima uang kembalian sebesar Rp3.500,00
2x40 menit
Buku teks, lingkungan
Membuat model matematika suatu masalah sehari-hari dalam bentuk pertidaksamaan linear satu variabel

·         Mengubah masalah kedalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel
Tes tulis
Tes uraian
Nyatakanlah ke dalam model matematika.
Umur Ita 5 tahun mendatang lebih dari 20 tahun.
1x40 menit

3.2 Menyelesai kan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel
Persamaan dan pertidaksama
an linear satu variabel
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel

·         Menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel


Tes tulis
Tes pilihan ganda
Surya membeli 2 buku. Uang Surya sepuluh ribuan, dan dia mendapat uang kembali sebesar Rp4.000,00. Harga 1 buku adalah
  1. Rp2.000,00
  2. Rp3.000,00
  3. Rp4.000,00
  4. Rp6.000,00
2x40 menit
Buku teks, lingkungan
Menyelesaikan masalah sehari-hari yang diubah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel

·         Menyelesaikan  model matematika suatu masalah  yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel

Tes tulis
Tes pilihan ganda
Umur Candra 3 tahun yang lalu kurang dari 25 tahun.
Umur Candra sekarang:
  1. kurang dari 28 tahun
  2. 28 tahun
  3. 25 tahun
  4. 22 tahun
2x40 menit

3.3 Mengunakan konsep aljabar dalam pemecahan masalah aritmetika sosial yang sederhana
Perbandingan dan aritmetika sosial
Melakukan simulasi kegiatan ekonomi sehari-hari(jual beli)

Mendiskusikan penertian dan menghitung nilai keseluruhan,nilai per-unit,dan nilai sebagian

·         Menghitung nilai keseluruhan, nilai per-unit, dan nilai sebagian.

Tes tulis
Tes uraian
Harga 1 losin pensil adalah Rp18.000,00.
  1. Berapakah harga 1 buah pensil?
  2. Berapakah harga 5 buah pensil?
2x40 menit
Buku teks, uang, barang-barang yang bias diperjualbelikan, bank
Mendiskusikan dan menghitung besar laba, persentase laba,rugi, harga jual, harga beli,rabat, dan bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi

·         Menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi.

Tes tulis
Tes pilihan ganda
Seorang pedagang, Pak Rifki menjual sebuah televisi seharga Rp1.650.000,00. Dari penjualan itu pak Rifki mengambil untung sebesar 10%.
Harga beli televisi itu adalah:
  1. Rp1.815.000,00
  2. Rp1.600.000,00
  3. Rp1.500.000,00
  4. Rp1.485.000,00
2x40 menit

3.4 Mengguna kan perbandingan untuk pemecahan masalah


Perbandingan
Mendiskusikan pengertian skala sebagai suatu perbandingan
Menyebutkan contoh-contoh gambar berskala
·         Menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan.

Tes tulis
Tes uraian
Pada suatu peta tertulis:
 skala 1 : 100.000.
Apakah arti skala 1 : 100.000 tersebut?
1x40 menit
Buku teks, peta, foto
Mengidentifikasi faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala
Melakukan penghitungan faktor pembesaran dan pengecilan pada gambar berskala
·         Menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala.

Tes tulis
Tes uraian
Suatu jalan yang panjangnya 5 km digambar sepanjang 5 cm. Berapakah faktor pengecilannya?
2x40 menit

Mendiskusikan perbandingan seharga(senilai) dan  berbalik harga(nilai)
Menyebutkan contoh-contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)
·         Memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)

Tes tulis
Tes pilihan ganda
Kalau sebuah pensil harganya Rp2.000,00, maka 5 buah pensil harganya Rp10.000,00.
Pernyataan tersebut merupakan:
  1. perbandingan senilai
  2. perbandingan berbalik nilai
2x40 menit

Menggunakan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai) untuk menyelesaikan soal/ masalah sehari-hari


·         Menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga(senilai) dan berbalik harga(nilai)

Tes tulis
Tes isian
Pembangunan sebuah gedung memakan waktu 6 bulan jika dikerjakan oleh 100 orang. Kalau dikerjakan oleh 50 orang, maka waktu yang diperlukan untuk membangun gedung tersebut adalah ....
2x40 menit


Mengetahui,                                                                                                                                                              Marawola 9 Nov........2009....
Kepala Sekolah ................                                                                                                                                         Guru mata pelajaran
SMP NEGERI 2 MARAWOLA



Drs. Giyanto                                                                                                                                                               Ahmad Albar, S,Pd
NIP.195407101980031031                                                                                                                                        Nip.196707281992031001

 

 


 







Silabus

Sekolah                     : SMP NEGERI 2 MARAWOLA
Kelas                           : VII
Mata Pelajaran          : Matematika
Semester                    : II(dua)

Standar Kompetensi : ALJABAR
4. Menggunakan konsep himpunan dan diagram Venn dalam pemecahan masalah



Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1  Memahami pengertian dan notasi himpunan, serta penyajiannya
Himpunan

Mendiskusikan masalah sehari-hari yang merupakan himpunan

·         Menyatakan masalah sehari- hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
Tes tulis


Tes uraian


Di dalam kelasmu ini sebutkan kumpulan obyek yang merupakan himpunan
1x40 menit
Buku teks, lingkungan
Menyebutkan anggota dan bukan anggota suatu himpunan

·         Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan

Tes lisan
Daftar pertanyaan
Di kelasmu, ada himpunan siswa yang tingginya lebih dari 150 cm. Sebutkan anggota-anggotanya dan sebutkan pula yang bukan merupakan anggota.
1x40 menit

Menyatakan notasi himpunan

·         Menyatakan notasi himpunan


Tes tulis
Tes uraian
Nyatakan dengan notasi himpunan: himpunan bilangan prima kurang dari 20
1x40 menit

Membedakan himpunan kosong, nol dan notasinya

·         Mengenal himpunan kosong dan notasinya

Tes lisan
Daftar pertanyaan
Manakah yang merupakan himpunan kosong?
0 atau {0} atau Ø atau {Ø}
1x40 menit

4.2 Memahami konsep himpun an bagian
Himpunan
Mendiskusikan pengertian himpunan bagian
Mengidentifikasi himpunan bagian suatu himpunan
·         Menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan

Tes tulis
Tes pilihan ganda
Manakah yang bukan merupakan himpunan bagian dari {2, 4, 6, 8, 10, 12, 14, 16}
a.     {0, 2, 4, 6}
b.    {8, 10, 12, 14, 16}
c.     {10}
1x40 menit
Buku teks, lingkungan
Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan
Menemukan rumus banyak himpunan bagian suatu himpunan
·         Menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan

Tes tulis
Tes uraian
Tulislah semua himpunan bagian dari {a, e, i, u, o}
1x40 menit

Mendiskusikan pengertian himpunan semesta
Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan semesta
·         Mengenal pengertian himpunan semesta, serta dapat menyebutkan anggotanya

Tes tulis
Tes uraian
Kalau obyek yang dibicarakan adalah bilangan bulat, maka himpunan semestanya adalah ....
1x40 menit

4.3 Melaku kan operasi irisan, gabungan, kurang (difference), dan komplemen pada himpunan
Himpunan
Mendiskusikan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan.

Menuliskan irisan, gabungan, kurang, dari  dua himpunan.

Mnuliskan notasi gabungan dua himpunan

Menyatakan notasi irisan dua himpunan
·         Menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan

·         Menentukan irisan dan gabungan dua himpunan

Tes tulis
Tes isian
Jika A = Himpunan bilangan prima kurang dari 10 dan B = Himpunan bilangan bulat antara 5 dan  15 maka:
A ∩ B = ....
A U B = ...
2x40 menit
Buku teks, lingkungan
Mendiskusikan pengertian kurang dari suatu himpunan dari himpunan lainnya
Menuliskan kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya
Menuliskan notasi kurang suatu himpunan dari himpunan lainnya
·         Menjelaskan kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya
·         Menentukan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya
Tes tulis
Tes isian
Kalau A = Himpunan bilangan bulat antara -5 dan 5, B = Himpunan bilangan ganjil kurang dari 0, maka A\B = A – B = ....

2x40 menit

Mendiskusikan komplemen suatu himpunan
Menulisan komplemen suatu himpunan
Menuliskan notasi komplemen suatu himpunan
·         Menjelaskan komplemen dari suatu himpunan
·         Menentukan komplemen dari suatu himpunan
Tes tulis
Tes uraian
Tulislah komplemen dari X = {2, 4, 6, 8, 10} jika himpunan semestanya adalah S = Himpunan bilangan bulat lebih dari atau sama dengan 0 dan kurang dari atau sama dengan 10
2x40 menit

4.4  Menyaji kan himpunan dengan diagram Venn


Himpunan
Mendiskusikan cara-cara menyajikan himpunan termasuk menggunakan diagram
Menggambar diagram Venn untuk berbagai himpunan
Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan irisan atau gabungan dua himpunan
·         Menyajikan gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn


Tes tulis
Tes uraian
Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan berikut ini.
P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}
Q = {h, i, j, k, l, m}
Manakah yang merupakan P ∩ Q?
Manakah yang merupakan P U Q?
2x40 menit
Buku teks, lingkungan
Menggunakan diagram Venn untuk menyajian kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan
·         Menyajikan kurang(difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram Venn
Tes tulis
Tes uraian
Gambarlah pada satu diagram Venn himpunan-himpunan berikut ini.
P = {k, l, m, n, o, p, q, r, s, t}
Q = {h, i, j, k, l, m}
Manakah yang merupakan P-Q?
1x40 menit

Menggunakan diagram Venn untuk menyajikan komplemen suatu himpunan
·         Menyajikan komplemen suatu himpunan
Tes tulis
Tes uraian
Gambarlah pada satu diagram Venn jika himpunan semesta S = Himpunan semua bilangan bulat, dan A = Himpunan bilangan bulat antara 0 dan 10.
Manakah yang merupakan Ac?
2x40 menit

4.5  Menggu nakan konsep himpunan dalam pemecahan masalah

Himpunan
Menggunakan diagram Venn untuk menyelesaikan masalah sehari-hari
·         Menyelesaikan masalah dengan menggunakan  diagram Venn dan konsep himpunan

Tes tulis
Tes uraian
Di dalam suatu kelas ada 30 siswa, 20 siswa diantaranya senang matematika, 15 siswa senang bahasa, sedang 10 siswa tidak senang matematika juga tidak senang bahasa. Berapa siswakah yang senang matematika dan senang bahasa?
2x40 menit
Buku teks, lingkungan

Standar Kompetensi : GEOMETRI
5.  Memahami hubungan garis dengan garis, garis dengan sudut, sudut dengan sudut, serta menentukan ukurannya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1Menentukan hubungan antara dua garis, serta besar dan jenis sudut

Garis dan Sudut

Mendiskusikan kedudukan dua garis pada masalah kontekstual





·         Menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berimpit berpotongan, bersilangan) melalui benda kongkrit



Tes lisan






Daftar pertanyaan
Dari masalah kontekstual ini manakah yang menunjukkan konsep sejajar ?
a.  Tapak 2 ban delman di pasir
b.   Jalan layang
c. Dua jalan yang bertemu dipersimpangan
1x40 menit
Buku Teks,
Lingkungan
Mendiskusikan satuan sudut yang sering digunakan
·         Mengenal satuan sudut yang sering digunakan
Tes lisan

Daftar pertanyaan
Untuk mengukur besar sudut, apakah satuan yang digunakan?
1x40 menit

Melakukan pengukuran sudut dengan menggunakan busur derajat

·         Mengukur besar sudut dengan busur derajat

Tes tulis
Tes isian
Ukurlah dengan busur derajat sudut-sudut berikut :
a.


    ...........
b.


     ...........
1x40 menit

Mendiskusikan jenis-jenis sudut
Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kedudukan garis dan besar sudut

·         Menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul)






Tes lisan
Daftar pertanyaan
Jenis sudut apakah gambar sudut berikut ini?

 





1x40 menit

5.2 Mema hami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain

Garis dan sudut
Mengidentifikasi kedudukan sudut-sudut yang terjadi jika dua garis dipotong garis lain


Mendiskusikan kedudukan dua garis sejajar yang dipotong garis lain untuk menemukan sifat-sifat sudut yang terjadi

·         Menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga ( garis lain)

Tes tulis
Tes uraian
 







Dari gambar tersebut, sudut-sudut manakah yang sama besar?
2x40 menit
Buku teks,  model dari kawat
Menyelesaikan soal dengan menggunakan sifat-sifat sudut yang terjadi jika dua garis sejajar dipotong oleh garis lain

·         Menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal









Sudut manakah yang sama dengan sudut A?
2x40 menit

5.3 Melukis sudut



Garis dan sudut
Melukis sudut dengan menggunakan penggaris dan busur derajat

Memindahkan sudut dengan menggunakan penggaris dan jangka

·         Melukis sudut yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan jangka

Tes tulis
Tes uraian




Lukislah sudut yang besarnya sama dengan sudut yang ada pada gambar
2x40 menit
Buku teks, penggaris, jangka
Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis sudut  60 0  dan  90 0
Melukis sudut siku-siku dengan menggunakan sepasang penggaris berbentuk segitiga siku-siku

·         Melukis sudut 600 dan 900.
Tes unjuk kerja
Tes uraian
Dengan penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya 600.
2x40 menit

5.4 Membagi sudut



Garis dan sudut
Menggunakan penggaris dan jangka untuk membagi sudut menjadi dua sama besar
 

·         Membagi sudut menjadi 2 sama besar


Tes unjuk kerja
Tes uraian






Dengan penggaris dan jangka, bagilah sudut pada gambar menjadi 2 bagian yang sama besar
2x40 menit
Buku teks, penggaris, jangka
Menggunakan penggaris dan jangka untuk melukis sudut 300,  450,       1200,    dan 1500.

·         Melukis sudut  300,  450,       1200,    dan 1500.

Tes unjuk kerja
Tes uraian
Dengan penggaris dan jangka, lukislah sudut yang besarnya 1500.
2x40 menit


Standar Kompetensi : GEOMETRI
6. Memahami konsep segi empat dan segitiga serta menentukan ukurannya


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
6.1 Mengidenti fikasi sifat-sifat segitiga berdasarkan sisi dan sudutnya
Segiempat dan segitiga

Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya dengan menggunakan model segitiga




·         Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya

Tes tulis
Tes isian
Dari segitiga ABC diketahui sisi AB = BC, Segitiga ABC merupakan segitiga .......


1x40 menit
Buku teks,
Model-model segitiga
Mendiskusikan jenis-jenis segitiga berdasarkan sudut-sudutnya dengan menggunakan model segitiga
·         Menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya
Tes tulis
Tes isian
Pada segitiga PQR diketahui sudut P = 600 dan sudut Q = 800. Segitiga PQR merupakan segitiga ......
1x40 menit

6.2 Menginden ti fikasi sifat-sifat persegi panjang, persegi, trapesium, jajargenjang, belah ketupat dan layang-layang

Segiempat dan segitiga

Menggunakan lingkungan
untuk mendiskusikan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya

·         Menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium dan layang-layang menurut sifatnya.

Tes lisan
Daftar pertanyaan
Lihatlah di seluruh ruang kelasmu! Benda-benda manakah yang berbentuk persegi?
Benda-benda manakah yang berbentuk persegipanjang?
2x40 menit
Buku teks, model bangun datar dari kawat dan dari karton, benda-benda di sekitar siswa.
Mendiskusikan sifat-sifat segi empat ditinjau dari diagonal, sisi, dan sudutnya

·         Menjelaskan sifat sifat segi empat ditinjau dari sisi, sudut, dan diagonalnya

Tes lisan
Daftar pertanyaan
Apakah panjang semua sisi jajargenjang sama panjang?
Apakah kedua diagonal persegi saling tegak lurus?
2x40 menit

6.3  Menghi tung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat serta menggunakannya dalam pemecahan masalah

Segiempat dan segitiga

Menemukan rumus keliling bangun segitiga dan segi empat dengan cara mengukur panjang sisinya

·         Menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segi empat

Tes tulis
Tes isian







Keliling segitga PQR sama dengan .........


2x40 menit
Buku teks, model bangun datar dari kawat atau dari karton
Menemukan luas persegi dan persegi panjang menggunakan petak-petak(satuan luas)

Menemukan luas segitiga dengan menggunakan luas persegi panjang

Menemukan luas jajargenjang, trapesium, layang-layang, dan belah ketupat dengan menggunakan luas segitiga dan luas persegi atau persegi panjang
·         Menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segiempat








Luas persegipanjang ABCD adalah .......
4x40 menit

Menggunakan rumus keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat untuk menyelesaikan masalah
·         Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan  menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan  segi empat

Tes tulis
Tes uraian
Pak Surya mempunyai kebun berbentuk persegipanjang dengan panjang 1 km dan lebar 0,75 km. Kebun tersebut akan ditanami pohon kelapa yang berjarak 10 m satu dengan yang lain. Berapa banyak bibit pohon kelapa yang diperlukan pak Surya?
2x40 menit

6.4  Melukis segitiga, garis tinggi, garis bagi, garis berat dan garis sumbu

Segitiga
Menggunakan penggaris, jangka, dan busur untuk melukis segitiga jika diketahui:
    -ketiga sisinya
    - dua sisi dan satu sudut apitnya
  - satu sisi dan dua sudut
·         Melukis segitiga yang diketahui tiga sisinya, dua sisi satu sudut apitnya atau satu sisi dan dua sudut

Tes tulis
Tes uraian
Lukislah sebuah segitiga jika diketahui panjang sisi-sisinya 2 cm, 3 cm, dan 1,5 cm.
2x40 menit
Buku teks, penggaris, jangka
Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki dengan menggunakan penggaris, jangka dan busur derajat

·         Melukis segitiga samasisi dan segitiga samakaki


Tes tulis
Tes uraian
Lukislah sebuah segitiga ABC dengan AC = BC = 3 cm.
2x40 menit

Menggunakan penggaris dan  jangka untuk melukis garis sumbu, garis bagi, garis berat, dan garis tinggi suatu segitiga

·         Melukis garis tinggi, garis bagi, garis berat, dan garis sumbu.
Tes tulis
Tes kinerja





Lukislah ketiga garis tinggi dari masing-masing segitiga tersebut. Apakah yang kalian dapatkan?
2x40 menit



Mengetahui,                                                                                                                                                              Marawola 9 Nov................2009....
Kepala Sekolah ................                                                                                                                                         Guru mata pelajaran ..........................................
SMP NEGERI 2 MARAWOLA



Drs. Giyanto                                                                                                                                        Ahmad Albar, S,Pd
NIP.195407101980031031                                                                                                                                        Nip.196707281992031001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar