Silabus
Sekolah : SMP Negri 2 Marawola
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : I(satu)
Standar Kompetensi : ALJABAR
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||||||||||||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||||||||||||
1.1 Melakukan operasi aljabar | Bentuk aljabar | Mendiskusikan hasil operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar (pengulangan) | · Menyelesaikan operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar | Tes tulis | Tes uraian | Berapakah: (2x + 3) + (-5x – 4) | 2x40mnt | Buku teks | ||||||||||
Mendiskusikan hasil operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar (pengulangan) | · Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar | Tes tulis | Tes uraian | Berapakah (-x + 6)(6x – 2) | 4x40mnt | | ||||||||||||
1.2 Mengurai kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya | Bentuk aljabar | Mendata faktor suku aljabar berupa konstanta atau variabel | · Menentukan faktor suku aljabar | Tes lisan | Pertanyaan | Sebutkan variabel pada bentuk berikut: 1. 4x + 3 2. 2p – 5 3. (5a – 6)(4a+1) | 2x40mnt | | ||||||||||
Menentukan faktor-faktor bentuk aljabar dengan cara menguraikan bentuk aljabar tersebut | · Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya | Tes tulis | Tes uraian | Faktorkanlah 6a - 3b + 12 | 4x40mnt | | ||||||||||||
1.3 Memahami relasi dan fungsi | Relasi dan fungsi | Menyebutkan hubungan yang merupakan suatu fungsi melalui masalah sehari-hari, misal hubungan antara nama kota dengan negara/propinsi, nama siswa dengan ukuran sepatu | · Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi | Tes lisan | Pertanyaan | Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi! | 2x40mnt | Buku teks Lingkungan | ||||||||||
Menuliskan suatu fungsi menggunakan notasi | · Menyatakan suatu fungsi dengan notasi | Tes tulis | Tes uraian | Harga gula 1 kg Rp 5600,00. Harga a kg gula 5600 a rupiah.Nyatakan dalam bentuk fungsi a ! | 2x40mnt | | ||||||||||||
1.4 Menentu kan nilai fungsi | Fungsi | Mencermati cara menghitung nilai fungsi dan menghitungnya | · Menghitung nilai fungsi | Tes tulis | Tes isian | Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(3)=.... | 2x40mnt | | ||||||||||
Menyusun suatu fungsi jika nilai fungsi dan data fungsi diketahui | · Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui | Tes tulis | Tes uraian | Jika f(x) = px + q, f(1) = 3 dan f(2) = 4 tentukan f(x). | 2x40mnt | | ||||||||||||
1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius | Fungsi | 2.1 Membuat tabel pasangan antara nilai peubah dengan nilai fungsi Menggambar grafik fungsi aljabar dengan cara menentukan koordinat titik-titik pada sistem koordinat Cartesius | · Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi · Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius | Tes tulis Tes tulis | Tes isian Tes uraian | Diketahui f(x) = 2x + 3. Lengkapilah tabel berikut:
Dengan menggunakan tabel gambarlah grafik fungsi yang dinyatakan f(x) = 3x -2 | 2x40mnt 2x40mnt | | ||||||||||
1.6 Menentu kan gradien, persamaan dan grafik garis lurus | Garis Lurus | Menemukan pengertian dan nilai gradien suatu garis dengan cara menggambar beberapa garis lurus pada kertas berpetak | · Mengenal pengertian dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk | Tes tulis | Tes uraian | Disajikan gambar beberapa garis pada kertas berpetak. Tentukan gradien garis-garis tersebut! | 2x40mnt | | ||||||||||
Menemukan cara menentukan persamaan garis yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu | · Menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu | Tes tulis | Tes isian | Persamaan garis yang melalui titik (2,3) dan mempunyai gradien 2 adalah ... . | 2x40mnt | | ||||||||||||
Menggambar garis lurus jika - melalui dua titik - melalui satu titik dengan gradien tertentu - persamaan garisnya diketahui | · Menggambar grafik garis lurus | Tes tulis | Tes uraian | Gambarlah garis lurus dengan persamaan y = 2x - 4 | 2x40mnt | |
Standar Kompetensi : ALJABAR
2. Memahami sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel | Sistem Persamaan Linear Dua variabel | Mendiskusikan pengertian PLDV dan SPLDV | · Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV | Tes lisan | Daftar pertanyaan | Bentuk 4x + 2 y = 2 x – 2y = 4 a. Apakah merupakan sistem persamaan? b. Ada berapa variabel? c. Apakah variabelnya? d. Disebut apakah bentuk tersebut? | 2x40mnt | Buku teks dan lingkungan |
Mengidentifikasi SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel | · Mengenal SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel | Tes tulis | Tes uraian | Manakah yang merupakan SPLDV? a. 4x + 2y = 2 x – 2y = 4 b. 4x + 2y ≤ 2 x – 2y = 4 c. 4x + 2y > 2 x – 2y = 4 d. 4x + 2y – 2 = 0 x – 2y – 4 = 0 | 2x40mnt | | ||
Menyelesaikan SPLDV dengan cara substitusi dan eliminasi | · Menentukan akar SPLDV dengan substitusi dan eliminasi | Tes tulis | Tes uraian | Selesaikan SPLDV berikut ini 3x – 2y = -1 -x + 3y = 12 | 2x40mnt | | ||
2.2 Membuat model matemati ka dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel | Sistem Persamaan Linear Dua Variabel | 1.1 Mengubah masalah sehari-hari ke dalam model matematika berbentuk SPLDV | · Membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV | Tes tulis | Tes uraian | Harga 4 pensil dan 5 buku tulis Rp19 000,00 sedangkan harga 3 pensil dan 4 buku tulis Rp 15 000,00. Tulislah model matematikanya. | 2x40mnt | |
2.3Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya | Sistem Persamaan Linear Dua Variabel | Mencari penyelesaian suatu masalah yang dinyatakan dalam model matematika dalam bentuk SPLDV | · Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya | Tes tulis | Tes uraian | Selesaikan SPLDV berikut: 2x + 3y = 8 5x - 2y =1 | 2x40mnt | |
Menggunakan grafik garis lurus untuk menyelesaikan model matematika yang berkaitan dengan SPLDV dan menafsirkan hasilnya | · Menyelesaikan SPLdV dengan menggunakan grafik garis lurus | Tes tulis | Tes uraian | Selesaikan SPLDV 4x + 5y = 19 3x + 4y = 15 dengan menggunakan grafik garis lurus dan merupakan apakah hasilnya? | 4x40mnt | |
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | |||||||
3.1 Mengguna kan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku | Geometri dan Pengukuran Teorema Pythagoras | Menemukan Teorema Pythagoras dengan menggunakan persegi-persegi | · Menemukan Teorema Pythagoras | Tes tulis | Tes uraian | Jika panjang sisi siku-siku suatu segitiga adalah a cm dan b cm, dan panjang sisi miring c cm, maka tuliskan hubungan antara a, b, dan c. | 2x40mnt | Buku teks, kertas berpetak, model Pythagoras | |
Menuliskan rumus Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku | · Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui | Tes tulis | Tes uraian | Panjang salah satu sisi siku-siku 12 cm, dan panjang sisi miring 13 cm. Hitunglah panjang sisi siku-siku yang lain | 2x40mnt | | |||
Menerapkan Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku dengan sudut istimewa | · Menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450, 600) | Tes tulis | Tes uraian | Segitiga ABC siku-siku di B. Sudut A = 300 dan panjang AC = 6 cm. Hitunglah panjang sisi AB dan BC. | 4x40mnt | | |||
3.2 Memecah-kan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras | Teorema Pythagoras | Mencari perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa dengan menggunakan teorema Pythagoras | · Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa | Tes tulis | Tes Uraian | Suatu segitiga ABC siku-siku di B. Sudut A = 300 Panjang sisi AB = c cm. Hitung panjang sisi-sisi BC dan AC. | 2x40mnt | | |
| | Menggunakan teorema Pythagoras untuk menghitung panjang diagonal ,sisi, pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang, belah ketupat, dsb | · Menghitung panjang diagonal pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang, belah ketupat, dsb | Tes tulis | Tes uraian | Suatu persegi panjang mempunyai panjang 8 cm dan lebar 6 cm. Hitunglah panjang diagonalnya. | 6x40mnt | |
Silabus
Sekolah : SMP Negri 2 Marawola
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : Matematika
Semester : II (dua)
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Menentu kan unsur dan bagian-bagian lingkaran | Lingkaran | Mendiskusikan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran dengan menggunakan model | · Menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran : pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, talibusur, juring dan tembereng. | Tes lisan | Daftar pertanyaan | C D Disebut apakah garis CD? | 2x40mnt | Buku teks, model lingkaran, dan lingkungan |
4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran | Lingkaran | Menyimpulkan nilai phi dengan menggunakan benda yang berbentuk lingkaran | · Menemukan nilai phi | Tes unjuk kerja | Uji petik kerja produk | Ukurlah keliling (K) sebuah benda berbentuk lingkaran dan juga diameternya (d). Berapakah nilai | 2x40mnt | |
Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran dengan menggunakan alat peraga | · Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran | Tes lisan | Pertanyaan | Sebutkan rumus keliling lingkaran yang berjari-jari p. Sebutkan rumus luas lingkaran yang berjari-jari q. | 4x40mnt | | ||
Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam pemecahan masalah | · Menghitung keliling dan luas lingkaran. | Tes tulis | Tes uraian | Hitunglah luas lingkaran jika ukuran jari-jarinya 14 cm. | 4x40mnt | | ||
4.3 Menggu-nakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah | Lingkaran | Mengamati hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama | · Mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama | Tes lisan | Tes isian | Jika sudut A adalah sudut pusat dan sudut B adalah sudut keliling, sebutkan hubungan antara sudut A dan sudut B jika kedua sudut itu menghadap busur yang sama. | 2x40mnt | |
Menghitung besar sudut keliling jika menghadap diameter atau busur yang sama | · Menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama. | Tes lisan | Pertanyaan | Berapa besar sudut keliling jika menghadap diameter lingkaran? | 2x40mnt | | ||
Menghitung panjang busur, luas juring dan tembereng | · Menentukan panjang busur, luas juring dan luas tembereng. | Tes tulis | Tes uraian | Di dalam lingkaran dengan jari-jari 12 cm, terdapat sudut pusat yang besarnya 900 Hitunglah: a. Panjang busur kecil b. luas juring kecil | 4x40mnt | | ||
Menemukan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dan menggunakannya dalam pemecahan masalah | · Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah | Tes tulis | Tes uraian | Seorang anak harus minum tablet yang berbentuk lingkaran. Jika anak tersebut harus minum 1/3 tablet itu dan ternyata jari-jari tablet 0,7 cm. Berapakah luas tablet yang diminum? | 4x40mnt | | ||
4.4 Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran | Lingkaran | Mengamati sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat. | · Menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat. | Tes tulis | Tes uraian | Perhatikan gambar! O P Q Berapakah besar sudut R? Mengapa? | 2x40mnt | |
Mencermati garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran | · Mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran. | Tes tulis | Tes uraian | Perhatikan gambar! A K B P. Q. L Disebut apakah:a) garis AB? b) garis KL? | 2x40mnt | | ||
Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran | · Menentukan panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar | Tes tulis | Tes uraian | Panjang jari-jari dua lingkaran masing-masing 7cm dan 1cm. Jika jarak antara titik pusatnya 10cm, berapakah panjang garis singgung: a) persekutuan dalam b) persekutuan luar | 4x40mnt | | ||
4.5 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga | Lingkaran | Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga | · Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga | Tes tulis | Tes uraian | Dengan menggunakan jangka dan penggaris, lukislah lingkaran: a) dalam suatu segitiga b) luar suatu segitiga | 4x40mnt | |
Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya
Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Mengiden tifikasi sifat-sifat kubus, ba-lok,prisma dan limas serta bagian-bagiannya | Kubus, balok, prisma tegak, limas | Mendiskusikan unsur-unsur kubus, balok, prisma dan limas dengan menggunakan model | · Menyebutkan unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas : rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, bidang diagonal. | Tes lisan | Daftar pertanyaan | W V T U S R P Q Perhatikan balok PQRS-TUVW a.Sebutkan rusuk-rusuk tegaknya b. Sebutkan diagonal ruangnya Sebutkan bidang alas dan atasnya | 2x40mnt | Buku teks, lingkungan, model bangun ruang sisi datar (padat dan kerangka) |
5.2 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas | Kubus, balok, prisma tegak, limas | Merancang jaring-jaring - kubus - balok - prisma tegak - limas | · Membuat jaring-jaring - kubus - balok - prisma tegak - limas | Tes unjuk kerja | Uji petik kerja produk | Buatlah model balok menggunakan karton manila | 4x40mnt | |
5.3 Menghitung luas permukaan dan volume kubus,balok, prisma dan limas | Kubus, balok, prisma tegak, limas | Mencari rumus luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak | · Menemukan rumus luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak | Tes lisan | Daftar pertanyaan | 1.Sebutkan rumus luas permukaan kubus jika rusuknya x cm. 2. Sebutkan rumus luas permukaan prisma yang alasnya jajargenjang dengan panjang alasnya a cm dan tingginya b cm. Tinggi prisma t cm. | 4x40mnt | |
| Menggunakan rumus untuk menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas | · Menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas | Tes tulis | Tes uraian | Suatu prisma tegak sisi – 3 mempunyai panjang rusuk alas 6 cm dan tingginya 8 cm. Hitunglah luas permukaan prisma | 2x40mnt | | |
| Mencari rumus volume kubus, balok, prisma, limas. | · Menentukan rumus volum kubus, balok, prisma, limas | Tes lisan | Pertanyaan | 1. Sebutkan rumus volum: a) kubus dengan panjang rusuk x cm. b) balok dengan panjang pcm, lebar lcm, dan tinggi t cm. | 2x40mnt | | |
| Menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma, limas. | · Menghitung volume kubus, balok, prisma, limas. | Tes tulis | Tes pilihan ganda | Suatu limas tegak sisi-4 alasnya berupa persegi dengan panjang sisi 9 cm. Jika tinggi limas 8 cm maka volume limas : A. 206 cm B. 216 cm C. 261 cm D. 648 cm | 6x40mnt | |
Mengetahui, Marawola 9 Nov.........2009....
Kepala Sekolah ................ Guru mata pelajaran ..........................................
SMP NEGERI 2 MARAWOLA
Drs. Sabarudin Toampo Ahmad Albar, S,Pd
NIP 196306301990031006 Nip.196707281992031001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar