Jumat, 25 Februari 2011

silabus matematika kelas VIII


Silabus

Sekolah                     : SMP Negri 2 Marawola
Kelas                       : VIII
Mata Pelajaran        : Matematika
Semester                  : I(satu)

Standar Kompetensi : ALJABAR
1. Memahami bentuk aljabar, relasi, fungsi, dan persamaan garis lurus


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1 Melakukan operasi aljabar
Bentuk aljabar
Mendiskusikan hasil operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar (pengulangan)
·      Menyelesaikan operasi tambah, kurang pada bentuk aljabar

Tes tulis
Tes uraian
Berapakah:
 (2x + 3) + (-5x – 4)

2x40mnt
Buku teks
Mendiskusikan hasil operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar (pengulangan)

·      Menyelesaikan operasi kali, bagi dan pangkat pada bentuk aljabar
Tes tulis
Tes uraian
Berapakah
(-x + 6)(6x – 2)
4x40mnt

1.2 Mengurai kan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya

Bentuk aljabar
Mendata faktor suku aljabar berupa konstanta atau variabel


·      Menentukan faktor suku aljabar
Tes lisan
Pertanyaan
Sebutkan variabel pada bentuk  berikut:
1.     4x + 3
2.     2p – 5
3.     (5a – 6)(4a+1)
2x40mnt

Menentukan faktor-faktor bentuk aljabar dengan cara menguraikan bentuk aljabar tersebut

·      Menguraikan bentuk aljabar ke dalam faktor-faktornya
Tes tulis
Tes uraian
Faktorkanlah 6a - 3b + 12
4x40mnt

1.3 Memahami relasi dan fungsi


Relasi dan fungsi
Menyebutkan  hubungan yang merupakan suatu fungsi melalui masalah sehari-hari, misal hubungan antara nama kota dengan negara/propinsi, nama siswa dengan ukuran sepatu
·      Menjelaskan dengan kata-kata dan menyatakan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan relasi dan fungsi
Tes lisan
Pertanyaan
Berikan contoh dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan fungsi!
2x40mnt
Buku teks
Lingkungan
Menuliskan suatu fungsi menggunakan notasi 
·      Menyatakan suatu fungsi dengan notasi
Tes tulis
Tes uraian
Harga gula 1 kg Rp 5600,00. Harga a kg gula  5600 a rupiah.Nyatakan dalam bentuk fungsi a !
2x40mnt

1.4 Menentu kan nilai fungsi
Fungsi
Mencermati cara menghitung nilai fungsi dan menghitungnya

·      Menghitung nilai fungsi
Tes tulis
Tes isian
Jika f(x) = 4x -2 maka nilai f(3)=....
2x40mnt

Menyusun suatu fungsi jika nilai fungsi dan data fungsi diketahui
·      Menentukan bentuk fungsi jika nilai dan data fungsi diketahui
Tes tulis
Tes uraian
Jika f(x) = px + q, f(1) = 3 dan
f(2) = 4 tentukan f(x).
2x40mnt

1.5 Membuat sketsa grafik fungsi aljabar sederhana pada sistem koordinat Cartesius

Fungsi
2.1 Membuat  tabel pasangan antara nilai peubah dengan nilai fungsi






Menggambar grafik fungsi aljabar dengan cara menentukan koordinat titik-titik pada sistem koordinat Cartesius
·      Menyusun tabel pasangan nilai peubah dengan nilai fungsi





 
·         Menggambar grafik fungsi pada koordinat Cartesius

Tes tulis






Tes tulis




Tes isian






Tes uraian


Diketahui f(x) = 2x + 3. Lengkapilah tabel berikut:

x
0
1
2
3
f(x)
....
....
....
....


Dengan menggunakan tabel gambarlah grafik fungsi yang dinyatakan f(x) = 3x -2

2x40mnt







2x40mnt


1.6 Menentu kan gradien, persamaan  dan grafik garis lurus
Garis Lurus
Menemukan pengertian dan nilai gradien suatu garis dengan cara menggambar beberapa garis lurus pada kertas berpetak
·         Mengenal pengertian dan menentukan gradien garis lurus dalam berbagai bentuk
Tes tulis
Tes uraian
Disajikan gambar beberapa garis pada kertas berpetak. Tentukan gradien garis-garis tersebut!
2x40mnt

Menemukan cara menentukan persamaan garis yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu
·         Menentukan persamaan garis lurus yang melalui dua titik, melalui satu titik dengan gradien tertentu
Tes tulis
Tes isian
Persamaan garis yang melalui titik (2,3) dan mempunyai gradien 2 adalah ... .
2x40mnt

Menggambar garis lurus jika
-       melalui dua titik
-       melalui satu titik dengan gradien tertentu
-       persamaan garisnya diketahui
·         Menggambar grafik garis lurus
Tes tulis
Tes uraian
Gambarlah garis lurus dengan persamaan y = 2x - 4
2x40mnt











                                    Standar Kompetensi : ALJABAR
                                             2. Memahami sistem persamaan linear dua variabel  dan menggunakannya dalam pemecahan masalah


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Menyelesaikan sistem persamaan linear dua variabel


Sistem Persamaan Linear Dua variabel
Mendiskusikan pengertian PLDV dan SPLDV




·      Menyebutkan perbedaan PLDV dan SPLDV



Tes lisan
Daftar pertanyaan
Bentuk
   4x + 2 y = 2
     x – 2y = 4
a. Apakah merupakan sistem persamaan?
b. Ada berapa variabel?
c. Apakah variabelnya?
d. Disebut apakah bentuk tersebut?
2x40mnt
Buku teks dan lingkungan
Mengidentifikasi SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel
·      Mengenal SPLDV dalam berbagai bentuk dan variabel


Tes tulis
Tes uraian
Manakah yang merupakan SPLDV?
a.    4x + 2y = 2
 x – 2y = 4

b.   4x + 2y   2
x – 2y = 4

c.   4x + 2y >  2
x – 2y = 4

d.     4x + 2y – 2 = 0
 x – 2y – 4 = 0
2x40mnt

Menyelesaikan SPLDV dengan cara substitusi dan eliminasi
·         Menentukan akar SPLDV dengan substitusi dan eliminasi
Tes tulis
Tes uraian
Selesaikan SPLDV berikut ini
3x – 2y = -1
-x + 3y = 12
2x40mnt

2.2 Membuat model matemati ka dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel
Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
1.1  Mengubah masalah sehari-hari ke dalam model matematika berbentuk SPLDV


·         Membuat model matematika dari masalah sehari-hari yang berkaitan dengan SPLDV
Tes tulis
Tes uraian
Harga 4 pensil dan 5 buku  tulis Rp19 000,00 sedangkan harga 3 pensil dan 4 buku tulis Rp 15 000,00. Tulislah model matematikanya.
2x40mnt

2.3Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya
Sistem
Persamaan Linear Dua Variabel
Mencari penyelesaian suatu masalah  yang dinyatakan dalam model matematika dalam bentuk SPLDV

·         Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya

Tes tulis
Tes uraian
Selesaikan SPLDV berikut:
     2x + 3y = 8
     5x  - 2y =1
2x40mnt

Menggunakan grafik garis lurus untuk menyelesaikan model matematika yang berkaitan dengan SPLDV dan menafsirkan hasilnya

·         Menyelesaikan SPLdV dengan menggunakan grafik garis lurus
Tes tulis
Tes uraian
Selesaikan SPLDV
 4x + 5y = 19
 3x + 4y = 15  dengan menggunakan grafik garis lurus dan merupakan apakah hasilnya?
4x40mnt




















                                             Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
                                                       3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar








Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen





3.1  Mengguna  kan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku
Geometri dan Pengukuran

Teorema Pythagoras





Menemukan Teorema Pythagoras dengan menggunakan persegi-persegi







·         Menemukan Teorema Pythagoras








Tes tulis







Tes uraian







Jika panjang sisi siku-siku suatu segitiga adalah a cm dan b cm, dan panjang sisi miring c cm, maka tuliskan hubungan antara a, b, dan c.






2x40mnt





Buku teks, kertas
berpetak, model Pythagoras
Menuliskan rumus Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku


·       Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua sisi lain diketahui
Tes tulis
Tes uraian
Panjang salah satu sisi siku-siku 12 cm, dan panjang sisi miring 13 cm. Hitunglah panjang sisi siku-siku yang lain
2x40mnt

Menerapkan Teorema Pythagoras pada segitiga siku-siku dengan sudut istimewa

·       Menghitung perbandingan sisi sisi segitiga siku-siku istimewa (salah satu sudutnya 300, 450, 600)
Tes tulis
Tes uraian
Segitiga ABC siku-siku di B. Sudut A = 300 dan panjang AC = 6 cm. Hitunglah panjang sisi AB dan BC.
4x40mnt

3.2 Memecah-kan masalah pada bangun datar yang berkaitan dengan Teorema Pythagoras
Teorema Pythagoras
Mencari perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa dengan menggunakan teorema Pythagoras



·       Menghitung perbandingan sisi-sisi segitiga siku-siku istimewa
Tes tulis
Tes Uraian
Suatu segitiga ABC siku-siku di B. Sudut A = 300
Panjang sisi AB = c cm. Hitung panjang sisi-sisi  BC dan AC.
2x40mnt



 Menggunakan teorema Pythagoras untuk menghitung panjang diagonal ,sisi, pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang, belah ketupat, dsb
·       Menghitung panjang diagonal pada bangun datar, misal persegi, persegi panjang, belah ketupat, dsb
Tes tulis
Tes uraian
Suatu persegi panjang mempunyai panjang 8 cm dan lebar 6 cm. Hitunglah panjang diagonalnya.
6x40mnt



Silabus

        Sekolah                         : SMP Negri 2 Marawola
        Kelas                  : VIII
        Mata Pelajaran             : Matematika
        Semester                       :  II (dua)
      Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
                  4. Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1 Menentu kan unsur dan bagian-bagian lingkaran
Lingkaran
Mendiskusikan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran dengan menggunakan model
·         Menyebutkan unsur-unsur dan bagian-bagian lingkaran : pusat lingkaran, jari-jari, diameter, busur, talibusur, juring dan tembereng.

Tes lisan
Daftar pertanyaan

              C


                       D

Disebut apakah garis CD?
2x40mnt
Buku teks, model lingkaran, dan lingkungan
4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran

Lingkaran
Menyimpulkan nilai phi dengan menggunakan benda yang berbentuk lingkaran



·         Menemukan nilai phi


Tes unjuk kerja
Uji petik kerja produk
Ukurlah keliling (K) sebuah benda berbentuk lingkaran dan juga diameternya (d).
Berapakah nilai
2x40mnt

Menemukan rumus keliling dan luas lingkaran dengan menggunakan alat peraga


·         Menentukan rumus keliling dan luas lingkaran

Tes lisan
Pertanyaan
Sebutkan rumus keliling lingkaran yang berjari-jari p.
Sebutkan rumus luas lingkaran yang berjari-jari q.
4x40mnt

Menggunakan rumus  keliling dan luas lingkaran dalam pemecahan masalah
·         Menghitung keliling dan luas lingkaran.

Tes tulis
Tes uraian
Hitunglah luas lingkaran jika ukuran jari-jarinya 14 cm.
4x40mnt

4.3 Menggu-nakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah


Lingkaran
Mengamati hubungan sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama

·         Mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama

Tes lisan
Tes isian
Jika sudut A adalah sudut pusat dan sudut B adalah sudut keliling, sebutkan hubungan antara sudut A dan sudut B jika kedua sudut itu menghadap busur yang sama.
2x40mnt

Menghitung besar sudut keliling jika menghadap diameter atau busur yang sama

·         Menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.
Tes lisan
Pertanyaan
Berapa besar sudut keliling jika menghadap diameter lingkaran?
2x40mnt

Menghitung panjang busur, luas juring dan tembereng


·         Menentukan panjang busur, luas juring dan luas tembereng.

Tes tulis
Tes uraian
Di dalam lingkaran dengan jari-jari 12 cm, terdapat sudut pusat
yang besarnya 900
Hitunglah: a. Panjang busur kecil
                 b. luas juring  kecil

4x40mnt

Menemukan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dan menggunakannya dalam pemecahan masalah

·         Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
Tes tulis
Tes uraian
Seorang anak harus minum tablet yang berbentuk lingkaran. Jika anak tersebut harus minum 1/3 tablet itu dan ternyata jari-jari tablet 0,7 cm. Berapakah luas tablet yang diminum?
4x40mnt

4.4 Menghitung panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran

Lingkaran
Mengamati sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat.





·         Menemukan sifat sudut yang dibentuk oleh garis singgung dan garis yang melalui titik pusat.



Tes tulis
Tes uraian
Perhatikan gambar!
                
               O                        P 

                    Q
Berapakah besar sudut R?
Mengapa?
2x40mnt

Mencermati garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran


·         Mengenali garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran.

Tes tulis
Tes uraian
Perhatikan gambar!
       A
            K             B
        P.             Q.
                        L

Disebut apakah:a) garis AB?
                          b) garis KL?
2x40mnt

Menghitung panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran

·         Menentukan  panjang garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar
Tes tulis
Tes uraian
Panjang jari-jari dua lingkaran masing-masing 7cm dan 1cm. Jika jarak antara titik pusatnya 10cm, berapakah panjang garis singgung:
a)     persekutuan dalam
b)    persekutuan luar
4x40mnt

4.5 Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar suatu segitiga
Lingkaran
Menggunakan jangka dan penggaris untuk melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga

·         Melukis lingkaran dalam dan lingkaran luar segitiga

Tes tulis
Tes uraian
Dengan menggunakan jangka dan penggaris, lukislah lingkaran:
a)     dalam suatu segitiga
b)    luar suatu segitiga
4x40mnt


Standar Kompetensi : GEOMETRI DAN PENGUKURAN
        5. Memahami sifat-sifat kubus, balok, prisma, limas, dan bagian-bagiannya, serta menentukan ukurannya

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
5.1 Mengiden tifikasi sifat-sifat kubus, ba-lok,prisma dan limas serta bagian-bagiannya
Kubus, balok, prisma tegak, limas
Mendiskusikan unsur-unsur kubus, balok, prisma dan limas dengan menggunakan model
·         Menyebutkan unsur-unsur kubus, balok, prisma, dan limas : rusuk, bidang sisi, diagonal bidang, diagonal ruang, bidang diagonal.

Tes lisan
Daftar pertanyaan

               W                             V

       T                             U
                S                              R

        P                            Q
Perhatikan balok PQRS-TUVW
a.Sebutkan rusuk-rusuk tegaknya
b.    Sebutkan diagonal ruangnya
Sebutkan bidang alas dan atasnya
2x40mnt
Buku teks, lingkungan, model bangun ruang sisi datar (padat dan kerangka)
5.2 Membuat jaring-jaring kubus, balok, prisma dan limas
Kubus, balok, prisma tegak, limas
Merancang jaring-jaring
-       kubus
-       balok
-       prisma tegak
-       limas

·         Membuat jaring-jaring
-       kubus
-       balok
-       prisma tegak
-       limas

Tes unjuk kerja
Uji petik kerja produk
Buatlah model balok menggunakan karton manila
4x40mnt

5.3 Menghitung luas permukaan dan volume kubus,balok, prisma dan limas
Kubus, balok, prisma tegak, limas
Mencari rumus luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak

·         Menemukan rumus luas permukaan kubus, balok, limas dan prisma tegak

Tes lisan
Daftar pertanyaan
1.Sebutkan rumus luas permukaan kubus jika rusuknya x cm.
2. Sebutkan rumus luas permukaan prisma yang alasnya jajargenjang dengan panjang alasnya a cm dan tingginya b cm. Tinggi prisma t cm.
4x40mnt


Menggunakan rumus untuk menghitung  luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas

·         Menghitung luas permukaan kubus, balok, prisma dan limas


Tes tulis
Tes uraian
Suatu prisma tegak sisi – 3 mempunyai panjang rusuk alas 6 cm dan tingginya 8 cm. Hitunglah luas permukaan prisma
2x40mnt


Mencari rumus volume kubus, balok, prisma, limas.


·         Menentukan rumus volum kubus, balok, prisma, limas


Tes lisan
Pertanyaan
1. Sebutkan rumus volum:
a) kubus dengan panjang rusuk x cm.
b) balok dengan panjang pcm, lebar lcm, dan tinggi t  cm.
2x40mnt


Menggunakan rumus untuk menghitung volume kubus, balok, prisma, limas.

·         Menghitung volume kubus, balok, prisma, limas.

Tes tulis
Tes pilihan ganda
Suatu limas tegak sisi-4 alasnya berupa persegi dengan panjang sisi 9 cm. Jika tinggi limas 8 cm maka volume limas :
A.    206 cm
B.    216 cm
C.    261 cm
D.    648 cm
6x40mnt






            Mengetahui,                                                                                                                                                              Marawola 9 Nov.........2009....
Kepala Sekolah ................                                                                                                                                         Guru mata pelajaran ..........................................
SMP NEGERI 2 MARAWOLA



Drs. Sabarudin Toampo                                                                                                                                               Ahmad Albar, S,Pd
NIP 196306301990031006                                                                                                                                        Nip.196707281992031001



Tidak ada komentar:

Posting Komentar