Sistem Bilangan
01. UAN-SMP-02-03
Selisih dari 7,2 dan 3,582 adalah ...
A. 3,618
B. 3,628
C. 3,682
D. 3,728
02. EBTANAS-SMP-95-09
Bentuk baku dari 0,00056247 jika dibulatkan sampai tiga dimensi adalah ...
A. 5,624 x 10_3
B. 5,624 x 10_4
C. 5,625 x 10_3
D. 5,625 x 10_4
03. EBTANAS-SMP-93-23
Bentuk baku dari 0,00003468 dengan pembulatan sampai satu tempat desimal adalah ...
A. 3,5 x 10_5
B. 3,4 x 10_5
C. 3,5 x 10_6
D. 3,4 x 10_6
04. EBTANAS-SMP-92-42
Bentuk baku dari bilangan 0,00675 8 dengan pembulatan sampai 2 angka tempat desimal adalah ...
A. 6,75 x 10 _3
B. 6,76 x 10 _3
C. 0,67 x 10 _2
D. 0,60 x 10 _2
05. EBTANAS-SMP-90-42
Bentuk baku dari 17 3 jika ditulis dengan dua desimal
adalah ...
A. 1,77 x 10_1
B. 1,76 x l0_1
C. 1,77 x 10_2
D. 1,80 x l0_2
06. EBTANAS–SMP–87–05
Tulislah 750000 dalam bentuk baku !
A. 7,5 x 103
B. 7,5 x 104
C. 7,5 x 102
D. 7,5 x l05
07. EBTANAS-SMP-91-42
0,00038547 ditulis dalam bentuk baku dengan pembulatan sampai dua desimal adalah ...
A. 3,85 x l0_3
B. 3,86 x l0_3
C. 3,85 x 10_4
D. 3,86 x l0_408.EBTANAS-SMP-88-07
Bila 33 3 1 % dijadikan pecahan desimal, maka bentuknya
menjadi ...
A. 0,23
B. 0,33
C. 0,43
D. 0,53
09. EBTANAS-SMP-88-17
Bentuk baku dari 0,00000032 adalah ...
A. 3,2 x l0_7
B. 3,2 x 10_6
C. 3,2 x 107
D. 32 x 10_7
10. EBTANAS-SMP-86-02
Bilangan 0,000203 jika ditulis dalam bentuk baku adalah ...
A. 2.03 x 10_5
B. 2.03 x 105
C. 2.03 x 10_4
D. 2.05 x 104
11. EBTANAS-SMP-89-09
Jika rumus untuk menyatakan bilangan baku adalah
a x 10n, maka syarat a adalah ...
A. {a | a < 10, a ∈ R}
B. {a | a ~ 9, a ∈ R}
C. {a | 1 ~ a < 10, a ∈ R}
D. {a | 1 ~ a ~ 10, a ∈ R}
12. EBTANAS-SMP-86-16
Kuadrat dari 0,22 adalah ...
A. 0,484
B. 0,440
C. 0,044
D. 0,0484
13. UAN-SMP-04-02
Hasil dari 5
4 2 +5_2 adalah ...
1 3
3 4
A. 7 19
60
B. 8 20 8
C. 1120
19
D. 220 7
14. EBTANAS-SMP-00-04 3 4 +5_4 = ...
7 1
9 8 12
A. 7
B. 72
5
17
C. 72
4
17
D. 8 4
1
26. EBTANAS-SMP-98-09
Ditentukan 0,25 + b + c = 40,5. Nilai b dan c yang
memenuhi adalah ...
A. 10 dan 30
B. 10 dan 90
C. 100 dan 300
D. 100 dan 900
27. EBTANAS-SMP-98-15
Bila a + b = 5ab b + c = 7bc c + a = 6ac Nilai dari a × b × c adalah ...
A. 1
9
B. 10 1
C. 18 1
D. 24 1
28. EBTANAS-SMP-89-15
Ditentukan p = –3 dan q = 2, maka nilai dari
p2 – 3pq + 2q2 adalah ...
A. –1
B. 35
C. 47
D. 50
29. EBTANAS-SMP-86-05
Jika a = –2, b = 3 dan c = –4, maka nilai 4b2 + a2.c = ...
A. 8
B. 20
C. 52
D. 128
30. EBTANAS-SMP-88-31
Luas suatu bangun ditentukan dengan rumus :
3p2 – 6pr.
Jika p = 9 dan r = 2, maka luas bangun itu adalah ...
A. 175
B. 143
C. 135
D. 133
31. EBTANAS-SMP-85-07
"a*b" berarti kuadrat selisih kedua bilangan, dibagi oleh
jumlah kuadrat kedua bilangan, Nilai "5*2 2 1 " = ...
A. 5 3
B. 3 1
C. 5 1
D. 15 1
32. UAN-SMP-04-18
Selisih dua bilangan adalah 10, jika bilangan pertama dikalikan dua hasilnya adalah tiga kurangnya dari bilangan yang kedua. Salah satu bilangan itu adalah ...
A. | 23 |
B. | 13 |
C. | –10 |
D. | –13 |
33. EBTANAS-SMP-00-38
Pada pola bilangan segi tiga Pascal, jumlah bilangan pada garis ke-5 adalah ...
A. | 8 |
B. | 16 |
C. | 32 |
D. | 64 |
34. UAN-SMP-02-36
(a + b)5 = a5 + pa4b + qa3b2 + ra2b3 + sab4 + b5 Nilai 5p – 4q = ...
A. | –30 |
B. | –15 |
C. | 65 |
D. | 70 |
35. EBTANAS-SMP-00-36
Dua bilangan cacah berbeda 8, sedangkan hasil kalinya 240. Salah satu bilangan tersebut adalah ...
A. | 60 |
B. | 30 |
C. | 20 |
D. | 8 |
36. EBTANAS-SMP-95-23
1101dua diubah ke basis 10 menjadi ...
A. | 13 |
B. | 14 |
C. | 25 |
D. | 28 |
37. EBTANAS-SMP-96-30
Jika lambang bilangan 10111011 1(dua) diubah ke baris 10 menjadi ...
A. | 64 |
B. | 182 |
C. | 183 |
D. | 374 |
38. EBTANAS-SMP-93-16
Bilangan 775 basis sepuluh, bila diubah ke dalam bilangan basis delapan menjadi ...
A. | 70418 |
B. | 70418 |
C. | 70418 |
D. | 70418 |
39. EBTANAS-SMP-94-14
Hasil dari 1247delapan + 2710delapan adalah ...
A. 2010delapan
B. 2001delapan
C. 2710delapan
D. 2701delapan
40. EBTANAS-SMP-93-17
Pada jam enaman a + 5 = 2. Nilai a adalah ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
41. EBTANAS-SMP-92-12
Bilangan 69 basis sepuluh. Jika diubah ke basis dua menjadi ...
A. 10100012
B. 10010012
C. 10001012
D. 10010012
42. EBTANAS-SMP-92-13
Pada “jam limaan” nilai y dari persamaan 4 + y = 3 adalah ...
A. 1
B. 2
C. 2
D. 4
43. EBTANAS-SMP-90-12
Bilangan 872 ditulis dalam lambang bilangan basis delapan adalah ...
A. 1055 delapan
B. 1505 delapan
C. 1550 delapan
D. 1555 delapan
44. EBTANAS-SMP-90-13
Pada jam limaan yang lambang bilangannya 0, 1, 2, 3, 4 nilai x dari 4 + x = 3 adalah ...
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
45. EBTANAS-SMP-91-13
Nilai x dari x – 4 = 5 pada jam enaman yang bilangannya terdiri dari 0, 1, 2, 3, 4, 5 adalah ...
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
46. EBTANAS-SMP-91-12
Bilangan 657 ditulis dalam lambang bilangan basis delapan adalah ...
A. 1121 delapan
B. 1122 delapan
C. 1212 delapan
D. 1221 delapan
47. EBTANAS-SMP-97-02 Pada bujur sangkar ajaib di samping, nilai a dan b berturut-turut adalah ...
A. 4 dan 6
B. 4 dan 9
C. 6 dan 8
D. 6 dan 9
48. EBTANAS-SMP-97-08
Sebuah kapal dari pelabuhan A berlayar ke arah Utara menuju pelabuhan B dengan menempuh jarak 3.000 km. Setelah tiba di pelabuhan B kapal berlajar lagi ke Timur menuju pelabuhan C dengan menempuh jarak 4.000 km. Bila kapal akan kembali ke pelabuhan A langsung dari pelabuhan C, jarak yang akan ditempuh adalah ...
A. 3.000 km
B. 4.000 km
C. 5.000 km
D. 7.000 km
49. UN-SMP-05-02
Suhu di Jakarta pada termometer menunjukkan 34o C (di atas 0o). Pada saat itu suhu di Jepang ternyata 37o C di bawah suhu Jakarta. Berapa derajat suhu di Jepang ?
A. 4o C
B. 3o C
C. –3o C
D. –4o C
50. UN-SMP-06-01
Pada sebuah acara bakti sosial, Ani mendapat tugas membagikan 30 kg gula pasir secara merata kepada kelompok masyarakat yang tertimpa bencana alam. Tiap
keluarga mendapat 1 1 kg gula pasir. Banyak kepala
2
keluarga yang menerima pembagian gula adalah ...
A. | 20 |
B. | 30 |
C. | 45 |
D. | 60 |
51. UN-SMP-06-13
Seoramg tukang jahit mendapat pesanan menjahit kaos untuk keperluan kampanye. Ia hanya mampu menjahit 60 potong dalam 3 hari, Bila ia bekerja selama 2 minggu, berapa potong kaos yang dapat ia kerjakan?
A. 80 potong
B. 120 potong
C. 180 potong
D. 280 potong
Tidak ada komentar:
Posting Komentar