Jumat, 25 Februari 2011

soal soal matematika


Sistem Bilangan
01. UAN-SMP-02-03
Selisih dari 7,2 dan 3,582 adalah ...
A.      3,618
B.      3,628
C.      3,682
D.      3,728
02. EBTANAS-SMP-95-09
Bentuk baku dari 0,00056247 jika dibulatkan sampai tiga dimensi adalah ...
A.      5,624 x 10_3
B.      5,624 x 10_4
C.      5,625 x 10_3
D.      5,625 x 10_4
03. EBTANAS-SMP-93-23
Bentuk baku dari 0,00003468 dengan pembulatan sampai satu tempat desimal adalah ...
A.      3,5 x 10_5
B.      3,4 x 10_5
C.      3,5 x 10_6
D.      3,4 x 10_6
04. EBTANAS-SMP-92-42
Bentuk baku dari bilangan 0,00675 8 dengan pembulatan sampai 2 angka tempat desimal adalah ...
A.         6,75 x 10 _3
B.         6,76 x 10 _3
C.         0,67 x 10 _2
D.         0,60 x 10 _2
05. EBTANAS-SMP-90-42
Bentuk baku dari 17 3 jika ditulis dengan dua desimal
adalah ...
A.      1,77 x 10_1
B.      1,76 x l0_1
C.      1,77 x 10_2
D.      1,80 x l0_2
06. EBTANAS–SMP–87–05
Tulislah 750000 dalam bentuk baku !
A.      7,5 x 103
B.      7,5 x 104
C.      7,5 x 102
D.      7,5 x l05
07. EBTANAS-SMP-91-42
0,00038547 ditulis dalam bentuk baku dengan pembulatan sampai dua desimal adalah ...
A.      3,85 x l0_3
B.      3,86 x l0_3
C.      3,85 x 10_4
D.      3,86 x l0_408.EBTANAS-SMP-88-07
Bila 33 3 1 % dijadikan pecahan desimal, maka bentuknya
menjadi ...
A.      0,23
B.      0,33
C.      0,43
D.      0,53
09. EBTANAS-SMP-88-17
Bentuk baku dari 0,00000032 adalah ...
A.    3,2 x l0_7
B.    3,2 x 10_6
C.    3,2 x 107
D.    32 x 10_7
10. EBTANAS-SMP-86-02
Bilangan 0,000203 jika ditulis dalam bentuk baku adalah ...
A.    2.03 x 10_5
B.    2.03 x 105
C.    2.03 x 10_4
D.    2.05 x 104
11. EBTANAS-SMP-89-09
Jika rumus untuk menyatakan bilangan baku adalah
a x 10n, maka syarat a adalah ...
A.         {a | a < 10, a R}
B.         {a | a ~ 9, a R}
C.         {a | 1 ~ a < 10, a R}
D.         {a | 1 ~ a ~ 10, a R}
12. EBTANAS-SMP-86-16
Kuadrat dari 0,22 adalah ...
A.      0,484
B.      0,440
C.      0,044
D.      0,0484
13. UAN-SMP-04-02
Hasil dari                          5
4 2 +5_2 adalah ...
1             3
3              4
A.           7 19
60
B.                              8 20 8
C.       1120
19
D.             220 7
14. EBTANAS-SMP-00-04 3 4 +5_4 = ...
7                                1
9            8                           12
A.      7
B.                72
5
17
C.                72
4
17
D.        8 4
1

Text Box:  Text Box: 15Text Box: A.Text Box: C.Text Box: 21Text Box: 2Text Box: A.Text Box: 4Text Box: adalah 2Text Box: 15Text Box: 5Text Box: 3Text Box: 25. EBTANAS-SMP-85-08Text Box: B.Text Box: 17. EBTANAS-SMP-95-07  Hasil dari 3 × 32
1 adalah ...
8Text Box: A. 11
1
5Text Box: B. 4
1
1Text Box: C. 11 8Text Box: E. 85Text Box: 18. EBTANAS-SMP-93-15Text Box: Hasil dari 4
5× adalah ...
1 3
3Text Box: 12Text Box: B. 4Text Box: 4Text Box: D. 4
5
1Text Box: 19. EBTANAS-SMP-98-03Text Box: Jumlah dua bilangan pecahan yang saling berkebalikanText Box: , maka salah satu bilangan tersebut adalah ...Text Box: C. 6 5Text Box: E. 5
1
1Text Box: 22. UAN-SMP-04-09 
Nilai dari √0,49 + √0,04 adalah ...
A. 0,09
B. 0,27
C. 0,72
D. 0,90Text Box: 23. EBTANAS-SMP-00-10Text Box: Diketahui 2,25 = 1,50 dan 22,5 = 4,74. Nilai 0,225 adalah ...
A. 0,015
B. 0,0474
C. 0,150
D. 0,474Text Box: 24. UN-SMP-06-09Text Box: Nilai dari 2,25 + (1,5)2 = ...
A. 24,00
B. 22,65
C. 4,75
D. 3,75Text Box: 2Text Box: A. 12
1
7
B. 12
1
11Text Box: C. 12
5
11Text Box: D. 12
8
7Text Box: 12
−Text Box: baText Box: adalah ...Text Box: Bentuk sederhana dariText Box: 21
−Text Box: abText Box: 1Text Box: A.Text Box: 20. EBTANAS-SMP-97-29Text Box: a−bText Box: 1Text Box: B.Text Box: b−aText Box: C. 2Text Box: E. –1Text Box: 15. UN-SMP-07-03 
212 3 ...
1 +×= 1 2
4 2
A. 4
4
1
B. 4
6
1
C. 9
8
8
D. 10
16. EBTANAS-SMP-96-28Text Box: Hasil dari 2
43−1+2 adalah ...
11
4 3Text Box: 5Text Box: 4Text Box: C.Text Box: 7Text Box: 5Text Box: D.Text Box: 7Text Box: C. 27
D. 27 1Text Box: 2 
5 7
1Text Box: + −
15Text Box: A. 3
B. 3 1Text Box: 8Text Box: 30Text Box: ...Text Box: 21. EBTANAS-SMP-94-12Text Box: Hasil pembagian 2 1
 12 : 6
20 adalah ...
5Text Box: A. 1Text Box: 6
C. 3Text Box: 5

26. EBTANAS-SMP-98-09
Text Box:  Ditentukan 0,25 + b + c = 40,5. Nilai b dan c yang
memenuhi adalah ...
A.           10 dan 30
B.           10 dan 90
C.         100 dan 300
D.         100 dan 900
27. EBTANAS-SMP-98-15
Bila a + b = 5ab b + c = 7bc c + a = 6ac Nilai dari a × b × c adalah ...
A.          1
9
B.                          10 1
C.                          18 1
D.                          24 1
28. EBTANAS-SMP-89-15
Ditentukan p = –3 dan q = 2, maka nilai dari
p2 – 3pq + 2q2 adalah ...
A.      –1
B.      35
C.      47
D.      50
29. EBTANAS-SMP-86-05
Jika a = –2, b = 3 dan c = –4, maka nilai 4b2 + a2.c = ...
A.      8
B.      20
C.      52
D.      128
30. EBTANAS-SMP-88-31
Luas suatu bangun ditentukan dengan rumus :
3p2 – 6pr.
Jika p = 9 dan r = 2, maka luas bangun itu adalah ...
A.      175
B.      143
C.      135
D.      133
31. EBTANAS-SMP-85-07
"a*b" berarti kuadrat selisih kedua bilangan, dibagi oleh
jumlah kuadrat kedua bilangan, Nilai "5*2 2 1 " = ...
A.                        5 3
B.                         3 1
C.                         5 1
D.                          15 1

32. UAN-SMP-04-18
Selisih dua bilangan adalah 10, jika bilangan pertama dikalikan dua hasilnya adalah tiga kurangnya dari bi­langan yang kedua. Salah satu bilangan itu adalah ...
A.  
23
B.  
13
C.  
–10
D.  
–13

33. EBTANAS-SMP-00-38
Pada pola bilangan segi tiga Pascal, jumlah bilangan pada garis ke-5 adalah ...
A.  
8
B.  
16
C.  
32
D.  
64

34. UAN-SMP-02-36
(a + b)5 = a5 + pa4b + qa3b2 + ra2b3 + sab4 + b5 Nilai 5p – 4q = ...
A.  
–30
B.  
–15
C.
65
D.
70

35. EBTANAS-SMP-00-36
Dua bilangan cacah berbeda 8, sedangkan hasil kalinya 240. Salah satu bilangan tersebut adalah ...
A.  
60
B.  
30
C.  
20
D.  
8

36. EBTANAS-SMP-95-23
1101dua diubah ke basis 10 menjadi ...
A.
13
B.
14
C.  
25
D.  
28

37. EBTANAS-SMP-96-30
Jika lambang bilangan 10111011 1(dua) diubah ke baris 10 menjadi ...
A.  
64
B.  
182
C.
183
D.
374

38. EBTANAS-SMP-93-16
Bilangan 775 basis sepuluh, bila diubah ke dalam bilangan basis delapan menjadi ...
A.  
70418
B.  
70418
C.  
70418
D.  
70418

39. EBTANAS-SMP-94-14
Hasil dari 1247delapan + 2710delapan adalah ...
A.           2010delapan
B.           2001delapan
C.           2710delapan
D.           2701delapan
40. EBTANAS-SMP-93-17
Pada jam enaman a + 5 = 2. Nilai a adalah ...
A.         1
B.         2
C.         3
D.      4
41. EBTANAS-SMP-92-12
Bilangan 69 basis sepuluh. Jika diubah ke basis dua menjadi ...
A.      10100012
B.      10010012
C.      10001012
D.      10010012
42. EBTANAS-SMP-92-13
Pada “jam limaan” nilai y dari persamaan 4 + y = 3 adalah ...
A.         1
B.         2
C.         2
D.      4
43. EBTANAS-SMP-90-12
Bilangan 872 ditulis dalam lambang bilangan basis delapan adalah ...
A.      1055 delapan
B.      1505 delapan
C.      1550 delapan
D.      1555 delapan
44. EBTANAS-SMP-90-13
Pada jam limaan yang lambang bilangannya 0, 1, 2, 3, 4 nilai x dari 4 + x = 3 adalah ...
A.      1
B.      2
C.      3
D.      4
45. EBTANAS-SMP-91-13
Nilai x dari x – 4 = 5 pada jam enaman yang bilangannya terdiri dari 0, 1, 2, 3, 4, 5 adalah ...
A.      2
B.      3
C.      4
D.      5

46. EBTANAS-SMP-91-12
Bilangan 657 ditulis dalam lambang bilangan basis delapan adalah ...
A.      1121 delapan
B.      1122 delapan
C.      1212 delapan
D.      1221 delapan
Text Box:  Text Box: 3Text Box: 8Text Box: bText Box: 5Text Box: 1Text Box: aText Box: 2Text Box: 747. EBTANAS-SMP-97-02  Pada bujur sangkar ajaib di samping, nilai a dan b berturut-turut adalah ...
A.      4 dan 6
B.      4 dan 9
C.         6 dan 8
D.         6 dan 9
48. EBTANAS-SMP-97-08
Sebuah kapal dari pelabuhan A berlayar ke arah Utara menuju pelabuhan B dengan menempuh jarak 3.000 km. Setelah tiba di pelabuhan B kapal berlajar lagi ke Timur menuju pelabuhan C dengan menempuh jarak 4.000 km. Bila kapal akan kembali ke pelabuhan A langsung dari pelabuhan C, jarak yang akan ditempuh adalah ...
A.      3.000 km
B.      4.000 km
C.      5.000 km
D.      7.000 km
49. UN-SMP-05-02
Suhu di Jakarta pada termometer menunjukkan 34o C (di atas 0o). Pada saat itu suhu di Jepang ternyata 37o C di bawah suhu Jakarta. Berapa derajat suhu di Jepang ?
A.      4o C
B.      3o C
C.      –3o C
D.      –4o C
50. UN-SMP-06-01
Pada sebuah acara bakti sosial, Ani mendapat tugas membagikan 30 kg gula pasir secara merata kepada kelompok masyarakat yang tertimpa bencana alam. Tiap
keluarga mendapat 1 1 kg gula pasir. Banyak kepala
2
keluarga yang menerima pembagian gula adalah ...
A.  
20
B.  
30
C.  
45
D.  
60

51. UN-SMP-06-13
Seoramg tukang jahit mendapat pesanan menjahit kaos untuk keperluan kampanye. Ia hanya mampu menjahit 60 potong dalam 3 hari, Bila ia bekerja selama 2 minggu, berapa potong kaos yang dapat ia kerjakan?
A.           80 potong
B.         120 potong
C.         180 potong
D.      280 potong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar