07. EBTANAS-SMP-88-02
Hasil penjumlahan dari (3x – 1) dan (x – 3) adalah ...
A. | 3x – 4 |
B. | 4x – 4 |
C. | 4x – 2 |
D. | 4x2 – 4 |
08. UAN-SMP-04-12
Suatu pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu 50 hari oleh 14 orang pekerja. Karena suatu hal, setelah bekerja 10 hari pekerjaan terhenti selama 12 hari. Agar pekerjaan dapat diselesaikan tepat pada waktunya, maka diperlukan tambahan pekerja sebanyak ... orang.
A. | 6 |
B. | 10 |
C. | 20 |
D. | 34 |
09. UN-SMP-07-14
Diketahui sistem persamaan
3x + 3y = 3 dan 2x – 4y = 14. Nilai dari 4x – 3y = ...
A. | –16 |
B. | –12 |
C. | 16 |
D. | 18 |
D. 6 1
04. EBTANAS-SMP-01-12
Himpunan penyelesaian dari x – 1 4 1 = 3, jika x variabel pada himpunan bilangan pecahan adalah ...
A. { 2 } 4
1
B. { 4 } 2
3
C. { 4 } 2
1
D. { 4 } 1
3
05. EBTANAS-SMP-93-03
Jika diketahui x + 5 = 11, maka nilai x + 33 adalah ...
A. | 19 |
B. | 29 |
C. | 39 |
D. | 49 |
06. EBTANAS-SMP-93-07
10. EBTANAS–SMP–87–28
Penyelesaian dari sistem persamaan x – 2y = 3 dan 5x – 2y = 1 ialah ...
A. x = –1 dan y = –2
B. x = –2 dan y = –1
C. x = 1 dan y = –2
D. x = –1 dan y = 2
11. UN-SMP-05-12
Diketahui sistem persamaan
3x + 7y = 1
3x + 7y = 1
2x – 3y = 16
Nilai x y = ...
A. | 8 |
B. | 6 |
C. | –10 |
D. | –12 |
12. UAN-SMP-03-21
Diketahui sistem persamaan: 3x + 2y = 8
x – 5y = –37
Nilai 6x + 4y adalah ...
Suatu fungsi g didefinisikan g(x) = | 1x + 9. | A. | – 30 |
2 Jika g(a) = 47, maka nilai a sama dengan ... A. 10 B. 28 | B. C. D. | – 16 16 30 | |
C. 78 | | | |
D. 112 | | | |
13. EBTANAS-SMP-86-13
Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan :
x + 2y = –1
3x – y = 11
adalah ...
A. {3, –2}
B. {–3, 2}
C. {2, 3}
D. {2, –3}
14. EBTANAS-SMP-01-17
Himpunan penyelesaian dari 2x + 4y = 22 dan 3x – 5y = –11, x, y ∈ R adalah ...
A. { (3, 4) }
B. { (3, –4) }
C. { (–3, 4) }
D. { (–3, –4) }
15. UAN-SMP-02-16
Diketahui 3x + 4y = 7 dan –2x + 3y = –16. Nilai 2x – 7y adalah ...
A. –24
B. –4
C. 4
D. 24
19. EBTANAS-SMP-96-04
Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linier
x + y = 5 dan x – 2y = –4
A. { (1, 4) }
B. { (–2, 1) }
C. { (2, 3) }
D. { (3, 2) }
20. EBTANAS-SMP-90-14
Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan
2x + 3y = 11 dan 3x – 2y = –3 adalah ...
A. {(1, 2)}
B. {(1, 3)}
C. {(2, 1)}
D. {(3, 1)}
21. UN-SMP-07-15
Harga dua baju dan satu kaos Rp 170.000,00, sedangkan harga satu baju dan tiga kaos Rp 185.000,00. Harga tiga baju dan dua kaos adalah ...
A. Rp 275.000,00
B. Rp 285.000,00
C. Rp 305.000,00
D. Rp 320.000,00
16. EBTANAS-SMP-92-07
Diketahui segi tiga PQR, koordinat titik P (1, 8),
Q (–1, –2), R (6, 0). Maka luas daerah segi tiga PQR
adalah ...
A. 24 satuan luas
B. 28 satuan luas
C. 35 satuan luas
D. 44 satuan luas
17. EBTANAS-SMP-93-28
Suatu segitiga PQR dengan koordinat titik P (–2 , 3),
Q (4, 2) dan R (0, –5).
Luas segitiga PQR tersebut adalah ...
A. 12 satuan luas
B. 18 satuan luas
C. 21 satuan luas
D. 42 satuan luas
18. EBTANAS-SMP-00-19
Penyelesaian dari sistem persamaan 1 x + y = 2 1 dan
2 2
3x – 4y = –5 adalah p dan q.
Nilai dari p + q adalah ...
A. 3
B. 4
C. 6 1
2
D. 7
Fungsi Linier
01. EBTANAS-SMP-96-05
Suatu fungsi didefinisikan f : x —* 2x + 3
Daerah asal { x | -1 ~ x ~ 2, x E B}, maka daerah hasil adalah ...
A. | {1, | 3, | 5, | 7} |
B. | {1, | 3, | 6, | 7} |
C. | {3, | 5, | 6, | 7} |
D. | {4, | 6, | 5, | 7} |
02. EBTANAS-SMP-91-32
Gambar di samping adalah diagram panah suatu pemetaan dari himpunan A ke himpunan B yang rumus fungsinya ...
A. f (x) = 2 1 x
B. f (x) = 2x
C. f (x) = x + 1
D. f (x) = x + 3
03. EBTANAS-SMP-89-20
Suatu fungsi f dari A ke B dinyatakan sebagai {(–1, 3), (0, 1), (1, –1), (2, –3), (3, –5)}.
Notasi fungsi itu adalah ...
A. f : x —* –2x – 1
B. f : x —* –2x + l
C. f : x —* 2x – l
D. f : x —* 2x + l
04. EBTANAS–SMP–87–14
Jika titik (–5, a) terletak pada garis dengan persamaan
y – 3 = 2x – 7, maka nilai a adalah ...
A. –20
B. –14
C. –6
D. 0
05. EBTANAS-SMP-88-20
Jika P (–4, b) terletak pada garis dengan persamaan
07. EBTANAS-SMP-98-29
Fungsi f dinyatakan dengan rumus f(x) = ax + b. Diketahui f(3) = 11 dan f(1) = 7. Nilai a dan b berturutturut adalah ...
B. 1 dan 6
C. 6 dan 1
D. 2 dan 5
E. 5 dan 2
08. EBTANAS-SMP-96-39
Diketahui f(x) = ax + b, dimana f(4) = 4 dan f(2) = –2 Ditanyakan:
a. Nilai a dan b
b. Tulis rumus fungsi dengan menggantikan nilai a dan b yang telah didapatkan
c. Hitung f(1)
(Catatan: berikan langkah-langkah penyelesaian)
09. EBTANAS-SMP-97-30
Diketahui fungsi f(x) = mx + n, f(–1) = 1 dan f(1) = 5. Maka nilai m dan n berturut-turut adalah ...
A. –2 dan –3
B. –2 dan 3
C. 2 dan –3
D. 2 dan 3
10. EBTANAS-SMP-94-26
Pasangan koordinat titik potong garis yang persamaannya 3x – 4y – 12 = 0 dengan sumbu x dan y berturut-turut adalah ...
A. (–4, 3) dan (3, –4)
B. (–3, 4) dan (4, –3)
C. (4, 0) dan (0, 3)
D. (4, 0) dan (0, –3)
11. EBTANAS-SMP-92-20
Gradien dari persamaan garis 3x – 5y = 10 adalah ...
A. 3 −
5
B. 5 −
3
C. 3 5
D. 5 3
1 y = –2 | x +5, maka nilai b adalah ... |
A. –7
B. –3
C. C 3
D. 7
06. EBTANAS-SMP-01-35
Suatu fungsi f yang dirumuskan dengan f(x) = ax + b diketahui bahwa f(1) = 3 dan f(–3) = 11. Nilai a dan b berturut-turut adalah ...
A. 4 dan –1
B. 4 dan 7
C. –2 dan 1
D. –2 dan 5
12. EBTANAS-SMP-95-30
Gradien garis yang melalui titik (0, –4) dan B (6, 5) adalah ...
A. 1
6
B. 1
4
C. 3 2
D. 2 3
14. EBTANAS-SMP-97-14
Gradien garis lurus yang melalui titik O (0, 0) dan titik P (4, –2) ialah ...
A. 2
B. | –2 |
C. | 1 |
| 2 |
D. | − 1 2 |
15. UN-SMP-05-11
Gradien garis yang melalui titik (2, 1) dan (4, 7) adalah
... | |
A. | 0,2 |
B. | 0,5 |
C. | 2 |
D. | 3 |
16. EBTANAS-SMP-93-34
Gradien dari persamaan garis lurus pada gambar di samping adalah ...
A. B. C. D. | − − 3 2 3 2 | 3 2 2 3 | |
–2 |
17. EBTANAS-SMP-86-47
Persamaan garis-persamaan garis di bawah ini yang gradiennya 3 adalah ...
A. 2y = 12x + 5
B. y = 2x + 3
C. 6x – 2y = 12
D. x + 4y = 2
18. EBTANAS-SMP-85-47
Jika ditentukan persamaan garis lurus 2x – 4y – 8 = 0, maka pernyataan yang benar mengenai garis lurus tersebut adalah ...
A. bergradien 2 dan memotong sumbu Y di (0, –2)
B. bergradien 2 1 dan memotong sumbu Y di (0, 4)
C. bergradien 2 dan memotong sumbu Y di (0, –4)
D. bergradien 2 1 dan memotong sumbu Y di (0, –2)
19. EBTANAS-SMP-99-15
Persamaan garis lurus yang melalui titik (3, –1) dan (4, 1) adalah ...
A. y = 2x – 11
B. y = 2x – 7
C. y = –2x + 5
D. y = 2x – 5
20. EBTANAS-SMP-96-21
Persamaan garis yang melalui titik (–4, 7) dan titik
(10, –1) adalah ...
A. 3y + 4x – 37 = 0
B. 3y + 4x – 19 = 0
C. 7y + 3x – 37 =0
D. 7y + 4x – 33 = 0
21. EBTANAS-SMP-90-19
Persamaan garis lurus melalui titik A (2, 2) dan titik B (3, 6) adalah ...
A. y = 4x – 6
B. y = 4x + 6
C. y = 4x + 4
D. y = 4x – 4
22. EBTANAS-SMP-92-19
Persamaan garis lurus yang melalui titik pangkal O(0, 0) dan titik (3, 5) adalah ...
A. y = 3 x
5
B. y = 5 x
3
C. y = 5 −x
3
D. y = 3 −x
5
23. EBTANAS-SMP-93-33
Persamaan garis yang melalui titik-titik A (2, 0) dan
B (0, 4) adalah ...
A. y + 2x = 4
B. y – 2x = 4
C. 2y + x = 4
D. 2y – x = 4
24. EBTANAS-SMP-88-39
Diketahui titik A (0, 3) dan titik B (–1, 2).
a. Hitunglah gradien garis yang melalui A dan B.
b. Tentukan persamaan garis itu.
25. EBTANAS-SMP-89-33
Ditentukan titik P (2, 4), Q (5, –2) dan sebuah titik R (x, 2) terletak pada garis PQ. Nilai x adalah ...
A. | –4 |
B. | –3 |
C. | 3 |
D. | 4 |
26. EBTANAS-SMP-91-21
Persamaan garis yang mempunyai gradien 4 3 dan memotong sumbu y pada koordinat (0, 2) adalah ...
A. 3y = 4x + 2
B. 3y = 4x + 8
C. 4y=3x + 2
D. 4y = 3x + 8
27. EBTANAS-SMP-89-25
Garis k melalui titik P (–6, 1) dengan gradien 3 2 Persamaan garis k adalah ...
A. 1 y= 2 x+
3
B. 2 y= 2 x+
3
C. 5 y= 2 x+
3
D. 10 y= 2 x+
3
28. UAN-SMP-03-20
Dari garis-garis dengan persamaan:
I y – 5x + 12 = 0
II y + 5x – 9 = 0
III 5y – x – 12 = 0
IV 5y + x + 9 = 0
Yang sejajar dengan garis yang melalui titik (2, 1) dan (3, 6) adalah ...
A. I
B. II
C. III
D. IV
29. EBTANAS-SMP-85-04
Berdasarkan gambar di samping ini, garis g sejajar garis h. Persamaan garis g ialah ...
A. 2x – y – 4 = 0
B. 2x + y + 4 = 0
C. 2x – y + 4 = 0
D. 2x + y – 4 = 0
30. EBTANAS-SMP-01-16
Diketahui garis g dengan persamaan y = 3x + 1.
Garis h sejajar dengan garis g dan melalui A (2, 3), maka garis h mempunyai persamaan...
A. 3 y=− 1 x+
11
3
B. 6 y=− 3 x+
2
C. y=3x−3
D. y=3x+3
31. UN-SMP-07-16
Persamaan garis yang sejajar dengan garis 2x + 3y + 6 = 0 dan melalui titik (–2, 5) adalah...
A. 3x + 2y – 4 = 0
B. 3x – 2y +16 = 0
C. 3y + 2x – 11= 0
D. 3y – 2x – 19 = 0
32. EBTANAS-SMP-90-20
Persamaan garis yang sejajar dengan y = 2x – 2. dan melalui titik (0, 4) adalah ...
A. y = 2x + 4
B. y = –2x + 4
C. y = –2x – 4
D. y = 2x – 4
33. UN-SMP-06-14
Persamaan garis kurus yang melalui titik A(–2, –3) dan tegak lurus terhadap garis dengan persamaan
x + 9 adalah ...
A. 2x + 3y + 13 = 0
B. 3x + 2y + 12 = 0
C. 2x + 3y – 5 = 0
D. 3x – 2y = 0
34. UAN-SMP-03-19
Persamaan garis p adalah 4x – 1 y + 5 = 0
2
Gradien garis yang tegak lurus p adalah ...
A. 2
−
1
B. 8 −
1
C. 2
D. 8
35. UAN-SMP-02-15
Diketahui garis p sejajar dengan garis 3x + 7y – 9 = 0. Persamaan garis yang melalui (6, –1) dan tegak lurus garis p adalah ...
A. 15 y= 7 x+
3
B. 13 y= 7 x+
3
C. 13 y= 7 x−
3
D. 15 y= 7 x−
3
36. EBTANAS-SMP-00-18
Persamaan garis yang melalui titik (–2, 3) dan tegak lurus garis 2x + 3y = 6 adalah ...
A. 2x – 2y – 12 = 0
B. 3x – 2y + 12= 0
C. 2x – 3y + 13= 0
D. 2x – 3y – 13 = 0
Persamaan Kuadrat
01. EBTANAS-SMP-89-01
Hasil dari 4x (–3x + 2y) adalah ...
A. –12x2 + 8y
B. –12x + 8xy
C. –12x2 + 8xy
D. –12x + 8y
02. UN-SMP-06-25
Hasil dari (2x + 3) (4x – 5) adalah ...
A. 8x2 – 2x – 15
B. 8 x2 – 22x – 15
C. 8 x2 + 2x – 15
D. 8 x2 + 22x – 15
03. UN-SMP-07-09
Hasil dari (2x – 2) (x + 5) adalah...
A. | 2x2 –12x – 10 |
B. | 2x2 + 12x – 10 |
C. | 2x2 + 8x – 10 |
D. | 2x2 – 8x – 10 |
04. EBTANAS-SMP-88-04
(x + 3) (x – 2) = ...
A. x2 + x – 6
B. x2 + 3x – 6
C. x2 – x – 6
D. x2 + 5x – 6
05. EBTANAS-SMP-88-14
Hasil penjabaran dari (2x – 4)2 adalah ...
A. | 4x2 – 16x + 16 |
B. | 4x2 – 16x – 16 |
C. | 4x2 + 16x + l6 |
D. | 4x2 + 16x – 16 |
06. EBTANAS-SMP-88-15 Pemfaktoran dari 4a2 – 25 adalah ...
A. | (4a + 5) (4a – 5) |
B. | (2a – 5) (2a + 5) |
C. | 4(a – 5) (2a + 5) |
D. | 2(2a + 5) (2a –5) |
07. UN-SMP-05-22
Hasil dari (2x – 4) (3x + 5) = ...
A. | 6x2 – 2x – 20 |
B. | 6x2 + 2x – 20 |
C. | 6x2 – 14x – 20 |
D. | 6x2 + 14x – 20 |
08. EBTANAS-SMP-89-03
Hasil kali (2x + 3y) (3x – y) adalah ...
A. 6x2 –3y2
B. 6x2 –xy – 3y2
C. 6x2 + 7xy – 3y2
D. 6x2 + 11xy –3y2
09. EBTANAS-SMP-86-19
Apabila (–2x + 3) (–2x – 3} dinyatakan sebagai penjumlahan suku-suku akan menjadi ...
A. | –x2 + 6x – 9 |
B. | –4x2 – 6x – 9 |
C. | –4x2 – 9 |
D. | 4x2 – 9 |
10. EBTANAS-SMP-01-32
Jika (2x + 3y) (px + qy) = rx2 + 23xy + 12y2, maka nilai r adalah ...
A. | 3 |
B. | 4 |
C. | 10 |
D. | 15 |
11. EBTANAS-SMP-98-28
Diketahui (2x – 1)2 – (x – 3)2
Salah satu faktor dari bentuk tersebut adalah ...
16. EBTANAS-SMP-89-05
Dengan menggunakan sifat selisih dua kuadrat dari 372 – 132 dapat dijadikan bentuk perkalian ...
A. 50 x 24
B. 75 x 16
C. 100 x 12
D. 300 x 4
17. EBTANAS-SMP-91-35 Pemfaktoran dari x2 – (–4)2 adalah...
A. | (x – 4) (x – 4) |
B. | (–x – 4) (x – 4) |
C. | (x + 4) ( x – 4) |
D. | (–x – 4) (x + 4) |
18. EBTANAS-SMP-86-20 Hasil ( 2 1 x – 4 1 )2 adalah ...
A. x2 – x + 41
B. x2 – x – 41
C. x2 + x + 41
D. (x2 – x + 4 1) . 41
19. EBTANAS-SMP-95-17
12. EBTANAS-SMP-92-34
Penjabaran dari fungsi (2x – 5)2 adalah ...
A. | 2x2 – 20x + 25 |
B. | 4x2 + 20x – 5 |
C. | 4x2 – 20x – 25 |
D. | 4x2 – 20x + 25 |
13. EBTANAS-SMP-92-35
Hasil pemfaktoran dari 6x2 – 2x – 20 adalah ...
A. | (2x + 4) (3x – 5) |
B. | (2x – 4) (3x + 5) |
C. | (6x – 10) (x + 2) |
D. | (6x + 2) (x – 10) |
A. 3x2 + 2
1
1
3y
B. 9x2 + 2
1
1
9y
20. EBTANAS-SMP-96-07
Hasil dari (2x – 2 1 )2 adalah ...
14. EBTANAS-SMP-93-09 | A. | 2x2 – 2x + | |
Hasil penyederhanaan dari (3x – y)2 adalah ... | B. | 2x2 – 2x – | |
A. | 3x2 – 6xy + y2 | | |
B. | 3x2 – 6xy – y2 | C. | 4x2 – 2x + |
C. | 9x2 – 6xy + y2 | | |
D. | 9x2 – 6xy – y2 | D. | 4x2 – 2x – |
15. EBTANAS-SMP-93-10
Bentuk 16 – 8z + z2 dapat difaktorkan menjadi ...
A. | (4 | – z) (4 | + z) |
B. | (4 | – z) (4 | – z) |
C. | (8 | + z) (2 | + z) |
D. | (8 | + z) (2 | – z) |
21. EBTANAS-SMP-91-34
Hasil pengkuadratan dari (–a – 2 1 ) adalah ...
A. –a2 – a + 4 1
B. a2 + a + 4 1
C. a2 – a + 4 1
D. –a2 + a + 4 1
22. EBTANAS-SMP-89-04 Hasil dari (–3x + 2y)2 adalah...
A. –9x2 – 12xy + 4y2
B. 9x2 – 12xy + 4y2
C. 9x2 – 6xy + 4y2
D. 9x2 – 2xy + 4y2
23. EBTANAS-SMP-94-07
Hasil dari (2x – 3)2 adalah ...
A. 4x2 – 12x – 9
B. 4x2 – 12x + 9
C. 4x2 + 12x + 9
D. 4x2 + 12x – 9
24. EBTANAS-SMP-94-08
Hasil pemfaktoran dari 9a2 – 4 adalah ...
A. (3a – 2) (3a – 2)
B. (3a + 2) (3a – 2)
C. (9a + 2) (a – 2)
D. (9a – 2) (a + 2)
25. EBTANAS-SMP-99-32
Bentuk lain dari a2 + b2 + 2ab + 2c(2c + 3)(2c – 3) = ...
A. (a + b)2 + 2c(4c2 – 9)
B. (a + b)2 – 2c(4c2 – 9)
C. (a + b)2 + 8c3 + 18c
D. (a + b)2 – 8c3 – 18c
26. EBTANAS-SMP-89-06
Faktorisasi dari 4x2 – 5xy - 6y2 adalah ...
A. (2x + y) (2x – 6y)
B. (2x + 3y) (2x – 2y)
C. (4x + y) (x – 6y)
D. (4x + 3y) (x – 2y)
27. EBTANAS-SMP-88-21
2x2 – x – 3 dapat difaktorkan menjadi ...
A. (x + 3) (2x – 1)
B. (x – 1) (2x + 1)
C. (2x + 3) (x – l)
D. (2x – 3)(x + l)
28. EBTANAS–SMP–87–21
Dengan menggunakan kaidah (a + b)2 hasil dari 1052 dapat ditentukan dengan perhitungan ...
A. 100×100 + 2×100×5 + 5×5
B. 110×110 – 2×100×5 – 5×5
C. l002 + 52
D. 1102 – 52
29. EBTANAS–SMP–87–22
Pemfaktoran yang salah adalah ...
A. a2 + l = (a + l) (a + l)
B. a4 – 1 = (a2 + 1) (a + l) (a – 1)
C. πR2 – ðr2 = ð (R + r) (R – r)
D. (a + 2b)2 – (c – d) = (a + 2b + c – d) (a + 2b – c + d)
30. EBTANAS–SMP–87–25
Himpunan penyelesaian dari (x – 3)2 = 100 adalah ...
A. | {13} |
B. | {7} |
C. | {13, –7} |
D. | {–13, 7} |
31. EBTANAS-SMP-86-23
Faktor dari bentuk 2x2 – x – 3 adalah ...
A. | (2x – 3) (x + l) |
B. | (2x + 3) (x – 1) |
C. | (2x + l) (x – 3) |
D. | (2x – l) (x + 3) |
32. EBTANAS-SMP-85-12
Bentuk trinom (suku tiga) 3x2 – 9x + 5 dapat ditulis dalam bentuk ...
A. () 4
2
3x−1−
1 1
2
B. () 4
3x−11−1
3x−11−1
2 1
2
C. () 4
3x−11−1
3x−11−1
2 3
2
D. () 4
2
3x−1−
1 3
2
33. EBTANAS-SMP-85-15
Faktorisasi dari 4 1 x4 – 2x2y2 + 4y4 adalah ...
A. (x2 – 4 y2)2
B. ( 2 1 x2 + 2y2) ( 2 1 x2 – 2y2)
C. ( 2 1 x2 + 4y2) (x + y) (x – y)
D. ( 2 1 x + y) ( 2 1 x – y) ( x + 2y) (x – 2y)
34. EBTANAS-SMP-96-10
Pemfaktoran dari x2 + 5x + 6 ialah ...
A. (x – 5) ( x – 1)
B. (x + 6) (x + 1)
C. (x – 2) (x – 3)
D. (x + 2) (x + 3)
35. EBTANAS-SMP-96-09
Perkalian faktor dari 9a2 – 1 6b2 adalah ...
A. (a + 4b) (9a – 4b)
B. (3a + 4b) (3a – 4b)
C. (3a + b) (3a – 16b)
D. (9a + 4b) (a – 4b)
36. UAN-SMP-04-20
Faktor dari 36x4 – 100y4 adalah ...
A. | (6x2 – 10y2) (6x2 + 10y2) |
B. | (6x2 – 10y2) (6x2 – 10y2) |
C. | (18x2 – 50y2) (18x2 + 50y2) |
D. | (18x2 – 50y2) (18x2 + 50y2) |
37. UAN-SMP-03-32
Pemfaktoran bentuk 16x4 – 36y4 adalah ...
A. | (4x2 – 9y2) (4x2 – 4y2) |
B. | (8x2 + 6y2) (2x2 – 6y2) |
C. | 4 (2x2 + 3y2) (2x2 – 12y2) |
D. | 4 (2x2 – 3y2) (2x2 + 3y2) |
38. EBTANAS-SMP-01-33
Salah satu faktor dari 6x2 + x – 5 = 0 adalah ...
A. (x + 1)
B. (x – 1)
C. (2x – 5)
D. (3x + 5)
39. EBTANAS-SMP-95-18
Pemfaktoran dari 25x2 – 36y2 adalah ...
A. (5x + y) (5x – 36y)
B. (5x + 6y) (5x – 6y)
C. (5x + 4y) (5x – 9y)
D. (5x + 9y) (5x – 4y)
40EBTANAS-SMP-97-28
Bentuk 2
4x− xy+y dapat difaktorkan menjadi ...
22 1
9 3 4
A. ()2
4x−y
1
9 4
B.()2
4x+y
1
9 4
C. ()2
2 x − y
1
3 2
D. ( )2
2 x−y
2 x−y
1
32
32
41. EBTANAS-SMP-95-19
Jika 6x2 – 1 1x – 2 difaktorkan, maka pemfaktorannya adalah ...
A. (3x – 2) (2x + 1)
B. (3x + 2) (2x – 1)
C. (6x + 1) (x – 2)
D. (6x – 1) (x + 2)
54. EBTANAS–SMP–87–2 | 58. EBTANAS-SMP-85-28 | |||
Jika adalah | 3− 4 x disederhanakan hasilnya | Jika maka | x = 2p - 4q dan y = -4p + 2q, 2 x 23 − xy + y2 = | |
pecahan 2 −+ 44 x x ... | ||||
nilai 2 2 ... x − y | ||||
A. | 1 x 4 | A. | 3 q | |
+ pq − 45 q q | ||||
B. | x +2 () | B. | ||
(2)x− | ||||
+ pq 5− 4 p q | ||||
C. | x − 2 () | C. | ||
(2)x+ | ||||
+ pq | ||||
D. | 1 – x | | ||
| 4 | D. | 5 q |
55. EBTANAS-SMP-88-10
33
p dapat disederhanakan
−
Bentuk pecahan
pp |
2 −+ 21 menjadi ...
56. EBTANAS-SMP-86-24
A.
3 − x B. 3
21
x
−
x−
21 |
x +
x+ 3
pq
+
59. UAN-SMP-02-33
Daerah hasil fungsi f(x) = 5 – 2x2 dengan daerah asal
{2, 3, 4, 5} adalah ...
A. {9, 23, 37, 55}
B. (21, 41, 68, 105}
C. (1, –1, –3, –5}
D. (–3, –13, –27, –45}
60. EBTANAS-SMP-01-37
Salah satu penyelesaian dari persamaan 2x2 + bx + 36 = 0 adalah x1 = 3, maka nilai b = ...
A. 12
B. 6
C. –18
D. –36
61. UN-SMP-05-25
Sebuah persegi panjang memiliki ukuran panjang
(3x – 3) cm dan lebar (x + 1) cm. Jika luasnya 72 cm2, lebarnya adalah ...
A. 4 cm
B. 6 cm
C. 8 cm
D. 9 cm
D. | 21 x + |
|
63. UN-SMP-06-27
Taman berbentuk trapesium sama kaki dengan panjang sisi-sisi sejajarnya (x + 4) m dan (3x + 2) m. Jika jarak kedua garis sejajar 2x m dan luas taman 180 m2, keliling taman adalah ,,,
A. 54 m
B. 56 m
C. 65 m
D. 69 m
64. UAN-SMP-02-35
Diketahui x1 dan x2 adalah penyelesaian dari persamaan 2x2 + 3x – 35 = 0. Bila x1 > x2, maka nilai dari 2x1 . 2x2 adalah ...
A. | 1 −17 2 |
B. | –35 |
C. | –70 |
D. | –140 |
65. EBTANAS-SMP-95-20
Himpunan penyelesaian dari 6x2 – x – 35 = 0 adalah ...
A. ( 3 )
2 1 ,−2
1
2
B. ( 3 )
−2 1 ,2
−2 1 ,2
1
2
C. ( 3 )
−2 1 ,−2
−2 1 ,−2
1
2
D. ( 3 )
2 1 ,2
2 1 ,2
1
2
66. EBTANAS-SMP-96-11
Himpunan penyelesaian dari persamaan x2 – 2x – 24 = 0 adalah ...
A. | {–4, 6} |
B. | {4, –6} |
C. | {–4, –6} |
D. | {4, 6} |
67. EBTANAS-SMP-97-32
Himpunan penyelesaian dari persamaan 6x2 + 1 1x = 10 adalah ...
A. | 1 {2, 2 | 2} 3 |
B. | 1 {–2, | –2} |
| 2 | 3 |
C. | 1 {2, | – 2 } |
| 2 | 3 |
D. | 1 {–2, | 2} |
| 2 | 3 |
68. EBTANAS-SMP-94-10
Himpunan penyelesaian dari 2x2 – 2 x – 12 = 0 adalah ...
A. | {3, –2} |
B. | {3, 2} |
C. | {–3, 2} |
D. | {–3, –2} |
69. EBTANAS–SMP–87–46
Penyelesaian dari 15 – 2y – y2 = 0 antara lain ...
A. y1 = –5, y2 = 3
B. y1 = 5, y2 = 3
C. y1 = 5, y2 = –3
D. y1 = –5, y2 = –3
70. EBTANAS-SMP-92-37
Jika x1 dan x2 merupakan penyelesaian dari persamaan
x2 – 10x + 24 = 0 dan x1 > x2, maka nilai x1 + 2x2 = ...
A. –16
B. 8
C. 14
D. 16
71. EBTANAS-SMP-93-12
Jika x1 dan x2 merupakan penyelesaian dari
2x2 + 3x – 5 = 0, maka nilai dari x1 + x2 adalah ...
A. 3 1
2
B. 1 1
2
C. –1 1
2
D. –3 1
2
72. EBTANAS–SMP–87–10
Dari persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0, maka x dapat dicari dengan rumus ...
2
2a
a
2a
73. EBTANAS-SMP-94-36
Faktorkanlah x2 – 3x – 40, dengan lebih dulu mengubah –3x menjadi penjumlahan dua suku !
74. EBTANAS-SMP-89-39
Sebidang taman berbentuk persegi panjang, ukuran lebarnya 5 m kurang daripada panjangnya sedang luasnya 126 m2.
a. Buatlah persamaan yang menunjukkan hubungan antara panjang, lebar; dan luas taman itu, dalam bentuk umum!
b. Dengan menyelesaikan persamaan yang kamu dapatkan hitunglah ukuran panjang taman itu !
75. EBTANAS–SMP–87–32
Pada sebuah persegi panjang diketahui kelilingnya 42 cm, sedang luasnya 80 cm2. Hitunglah panjang persegi panjang itu !
A. 10 2 1 cm
B. 16 cm
C. 20 cm
D. 30 2 1 cm
76. EBTANAS–SMP–87–40
Luas suatu persegi panjang dinyatakan dengan rumus
L = p l , maka yang salah adalah ...
A. L = 150 cm2, jika p = 25 cm, l = 6 cm.
B. L = 8,75 cm2, jika p = 3,5 cm, l = 2,5 cm.
C. L = 1,33 cm2, jika p = 19 cm, l = 7 cm.
D. L = 455 cm2, jika p = 37 cm, l = 15 cm.
77. EBTANAS-SMP-88-38
Suatu kolam panjangnya 2x meter, lebarhya (x – 3) meter dan dalamnya 1,5 meter. Volume air kolam itu 30 meter kubik.
a. Susunlah persamaan dalam x, kemudian selesaikan
b. Tentukan panjang dan lebar kolam.
Fungsi Kuadrat
01. EBTANAS-SMP-93-08
Perhatikan grafik di samping !
Jika fungsi grafik tersebut
ditentukan dengan rumus –1
g(x) = x2 – 4x – 5, nilai mini- mum fungsi tersebut adalah ...
g(x) = x2 – 4x – 5, nilai mini- mum fungsi tersebut adalah ...
A. | –11 |
B. | –9 |
C. | 2 |
D. | 18 |
02. EBTANAS-SMP-94-06 Persamaan sumbu simetri untuk grafik di samping adalah ...
A. x = 3
B. x = –1 y = x2 + 2x -19
C. x = –5
D. x = –15
03. EBTANAS-SMP-96-06
Pembuat nol fungsi dari grafik di bawah adalah ... A. x = –2 atau x =0
B. x = –2 atau x = 3 –2
C. x = 3 atau x = –6
D. x = 0 atau x = 3 –2
04. EBTANAS–SMP–87–39
Fungsi kuadrat f (x) = x2 – 4x – 12 diagramnya ada di bawah. Mana pernyataan-pernyataan yang benar ?
A. Persamaan sumbu simetri x = 2
B. Nilai minimum
fungsinya +16
fungsinya +16
C. Himpunan dari daerah asal di mana f (x) < 0 ialah {x I 2 < x < 6}
D. Titik potong parabola dengan sumbu y adalah (–12, 0)
05. EBTANAS-SMP-88-09
Persamaan sumbu simetri f : x → x2-2x-3
parabola di samping adalah ...
parabola di samping adalah ...
A. x = –2
B. x = –1
C. x = 1
D. x = 3
06. EBTANAS-SMP-89-21
Bentuk fungsi kuadrat dari kurva di samping adalah ...
A. f : x -* x2 – 3x – 4
B. f : x -* x2 – 2x – 4
C. f : x -* x2 + 2x – 4
D. f : x -* x2 + 3x – 4
08. EBTANAS-SMP-85-46
Gambar di samping adalah kurva y = x – 4x + 3; garis g melalui titik-titik B dan C Persamaan garis itu , adalah ...
A. x + y – 3 = 0
B. x – y + 3 = 0
C. x – y —3 = 0
D. x + y + 3 = 0
09. UAN-SMP-04-37
Grafik dari fungsi f(x) = x2 – 4x + 3 dengan daerah asal {x I 0 < x < 4, x E R} adalah ...
11. UN-SMP-05-23
Grafik fungsi f(x) = x2 – 2x – 3 dengan daerah asal x E R adalah ...
A. Y
–1 0 3 X
B. Y
12. UAN-SMP-03-34
Grafik fungsi f(x) = x2 + 3x – 10 dengan daerah asal
{ x I x bilangan real} adalah ... A. B.
13. EBTANAS-SMP-92-33 Perhatikan grafik fungsi
f(x) = 8 Koordinat A. {–3, B. (–2, C. (–1, D. (–1, | – 2x – x2 di samping. titik baliknya ... 5} 10) | | 7 |
9) 5) | –4 | 2 |
14. EBTANAS-SMP-90-32 Persamaan sumbu simetri parabola pada gambar di samping adalah ... A. x = 1 B. x = 1,5 C. x = 2 D. x = –2 | | 21. EBTANAS-SMP-86-54 Pernyataan di bawah ini yang benar untuk fungsi: y = x2 – 2x – 3 adalah ... A. y = –3 untuk x = l B. y = 0 untuk x = 2 atau x = l C. y = 0 untuk {x I x ~ 1 atau ~ 3, x E R} D. y ~ 0 untuk {x I – 1 ~ x ~ 3, x E R} | ||||
15. EBTANAS-SMP-97-31 | 22. EBTANAS-SMP-85-16 | |||||
Jika x ER, f (x) = 2 2 1 x – l dan F (x) = x2 – 5x + 8, maka | ||||||
Nilai maksimum grafik fungsi f : x -* x2 – 2x – 3 adalah | ||||||
A. | -4 | | pernyataan yang benar adalah ... | |||
B. | -4 | 1 | A. f (2) = 2 F (2) | |||
C. | -5 | 2 | B. f (2) = 2 1 F (2) | |||
D. | -5 | 1 | C. f (4) = 2 F (4) | |||
| | 2 | D. f (4) = 2 1 F(4) | |||
16. EBTANAS-SMP-97-40 Diketahui f(x) = x2 – 2x – 8 Tentukanlah :
a. pembuat nol fungsi
b. persamaan sumbu simetri
c. nilai balik fungsinya
d. koordinat titik balik
17. EBTANAS-SMP-99-34
Persamaan sumbu simetri pada grafik
f(x) = –x2 + 2x + 15 adalah ...
A. x = 2,5
B. x = 2
C. x = 1,5
D. x = 1
18. EBTANAS–SMP–87–09
Daerah asal fungsi f (x) = x2 – 6x + 5 adalah
{x I l ~ x ~ 5, x E R} maka titik baliknya adalah ...
A. | (1, 0) |
B. | (2, –3) |
C. | (3, –4) |
D. | (–2, 3) |
19. EBTANAS-SMP-86-21
Jika f (x) = x2 – 2x, x E R maka bayangan –2 oleh f adalah ...
A. | 0 |
B. | –8 |
C. | 8 |
D. | 6 |
20. EBTANAS-SMP-86-22
Suatu fungsi kuadrat didefinisikan f (x) = 12 + 4x – x2. Jika daerah asal adalah {x I –3 ~ x ~ 6, x E R}, maka pernyataan yang becar adalah ...
A. titik balik maksimum adalah titik (2, 16)
B. titik balik maksimum adalah titik (16, 2)
C. tifik balik minimum adalah titik (2, 16)
D. titik balik minimum adalah titik (16, 2)23. EBTANAS-SMP-85-31
Koordinat titik balik maksimum kurva parabola
x2 + 4x – 3 2 1 dengan x E R dan y E R ialah ...
A. (4, 4 2 1 )
B. (–4, 4 2 1 )
C. (4, –4 2 1 )
D. (–4, –4 2 1 )
24. UAN-SMP-03-35
Nilai minimum dari f(x) = 2x2 + 14x + 24 adalah ...
A. 2
-
1
B. 2 -12
1
C. – 24
D. – 25
25. UAN-SMP-04-39
Diketahui suatu fungsi f(x) = x2 + 6x – 16, dengan x E R. Nilai minimum fungsi f adalah ...
A. –8
B. –16
C. –25
D. –40
26. UN-SMP-05-24
Diketahui fungsi f(x) = 3x2 – 2x – 5. Nilai f( 2
- ) = ...
1
A. 4 -4
1
B. 4 - 3
1
C. 4
3
1
D. 4
4
1
27. EBTANAS-SMP-01-34
Suatu fungsi f(x) = –2x2 + 4x – 1 dengan daerah asal {–1, 0, 1 } maka daerah hasilnya adalah ...
A. {–1, 5, 9}
B. {–7, –1, 9}
C. {–7, –1, 1}
D. {–1, 1, 5}
28. EBTANAS-SMP-95-16
Jika titik A (4, m) terletak pada grafik fungsi dengan rumus f(x) = 6 + 4x – 2x2, maka nilai m adalah ...
A. –10
B. –6
C. 6
D. 10
Pertidaksamaan
01. EBTANAS-SMP-95-01
Himpunan penyelesaian dari 2x – 3 < 7, x E R (bilangan cacah), adalah ...
A. {0, 1, 2}
B. {0, 1, 2, 3, 4}
C. {0, 1, 2, 3, 4, 5}
D. {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}
02. EBTANAS-SMP-91-16
Himpunan penyelesaian dari –2x + 3 < –7, x ∈ A adalah
...
A. {1, 2, 3, 4}
B. {1, 2, 3, 4, 5}
C. {5, 6, 7, 8, ...}
D. {6, 7, 8, 9, ...}
03. UN-SMP-06-04
Himpunan penyelesaian dari 3 – 6x ~ 13 – x untuk x C himpunan bilangan bulat adalah ...
A. {..., –5, –4, –3}
B. {–3, –2, –1, 0, ...
C. {..., –5, –4, –3, –2}
D. {–2, –1, 0, 1, ...}
04. EBTANAS-SMP-01-13
Himpunan penyelesaian dari –4x + 6 ~ –x + 18, dengan bilangan bulat, adalah ...
A. {–4, –4, –2, ... }
B. {–8, –7, –6, –5, –4, ... }
C. { ... –10, –9, –8}
D. { ... –6, –5, –4}
05. EBTANAS-SMP-93-13
Himpunan penyelesaian dari 3x – (2 + 5x) < 16, x E R adalah ...
A. { x | x ~ 4 2, x E R}
1
B. { x | x ~ 4 , x E R}
9
C. { x | x ~ –9, x E R}
D. { x | x ~ –9, x E R}
06. EBTANAS-SMP-89-02
Himpunan penyelesaian dari (x + 2) + 3 (x – 4) ~ 5,
x ∈ A adalah ...
A. {2, 3, 4, 5, ...}
B. {3, 4, 5, 6, ...}
C. {4, 5, 6, 7, ...}
D. {5, 6, 7, 8, ...}
07. EBTANAS-SMP-89-11
Himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan
2(3x – 4) – 3(4 –3x) < 10, x ∈ R adalah ...
A. {x I x > 2}
B. {x I x > –2}
C. {x I x < 2}
D. {x I x < –2}
08. EBTANAS-SMP-93-04 Diketahui S = {0, 1, 2, 3, ... , 20}
Jika A = { x I x ~ 10, x E B}, maka A’ = ...
A. { x I 10 < x < 20, x E S}
B. { x I 10 ~ x ~ 20, x E S}
C. { x I 11 < x < 20, x E S}
D. { x I 11 ~ x ~ 20, x E S}
09. EBTANAS-SMP-93-06
Himpunan penyelesaian dari 2x + 3 < 27 + 4x dengan x bilangan bulat adalah ...
A. { x I x > –12, x E B)
B. { x I x > 4, x E B)
C. { x I x < 4, x E B)
D. { x I x < –12, x E B)
10. EBTANAS-SMP-85-49
Pertidaksamaan 5x + k < x + 16 , x variable pada {1, 2, 3, 4} dan k bilangan asli genap.
Nilai k yang paling besar adalah ...
A. | 10 |
B. | 8 |
C. | 14 |
D. | 12 |
11. UN-SMP-07-08
Penyelesaian dari pertidaksamaan
1 (2x – 6) ~ 3 2 (x – 4)
2
adalah ...
A. x ~ -17
B. x ~ -l
C. x ~ 1
D. x ~ 17
12. EBTANAS-SMP-96-04
Grafik himpunan penyelesaian dari 2x + 4 < 10, jika variabel pada himpunan bilangan bulat adalah ... A.
-2 -1 0 1 2 3 4 5 6
-2 -1 0 1 2 3 4 5 6
-2 -1 0 1 2 3 4 5 6
13. EBTANAS-SMP-91-37
Grafik selang dari {x I x < –5 atau 5 < x, x ∈ R} adalah ...
14. EBTANAS-SMP-94-09
Grafik selang dari {x I 0 ~ x ~ –5} adalah ...
A.
–5 4
Notasi membentuk himpunan dari grafik selang (interval) di atas ...
A. {x I x < –2 atau x > 6}
B. {x I x ~ –2 dan x ~ 6}
C. {x I x ~ –2 atau x ~ 6}
D. {x I x ~ –2 dan x ~ 6}
16. EBTANAS-SMP-97-33
Diketahui A ={ x I –2 ~ x ~ 3} dan B { x I x ~ 2},
maka A n B adalah ...
A. { x I 2 ~ x ~ 3}
B. { x I –3 ~ x ~ 2}
C. { x I –2 ~ x ~ 3}
D. { x I –2 ~ x ~ 2}
17. EBTANAS-SMP-90-38
Grafik himpunan penyelesaian dari: 2x2 – 5x – 12 = 0, x ∈ R adalah ...
18. EBTANAS-SMP-88-05
Notasi pembentuk himpunan untuk grafik di atas adalah ...
A. (x I x ~ 8 atau x < 5)
B. {x I x > 8 atau x ~ 5}
C. C {x I 5 ~ x ~ 8}
D. (x I 5 ~> x ~ 8}
19. EBTANAS-SMP-86-2
Grafik selang di atas jika dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan adalah ...
A. {x I x ~ 2 atau x ~5}
B. {x I x < 2 atau x > 5}
C. {x I 2 < x < 5}
D. {xI 2 ~ x ~ 5}
20. EBTANAS-SMP-98-32
Grafik himpunan penyelesaian x2 – 4x + 4 > 0, x bilangan riel adalah ...
A, O B. _______ O
C. O D.
21. EBTANAS-SMP-96-12
Grafik himpunan penyelesaian dari x2 + 4x – 12 > 0 adalah ...
A.
-6 2
-6 2
-6 2
-6 2
22. EBTANAS-SMP-98-38
Diketahui pertidaksamaan kuadrat 3x2 – x – 10 > 0 dengan x bilangan riel (R).
a. Tentukan himpunan penyelesaian dengan cara memfaktorkan.
b. Gambarlah grafik himpunan penyelesaian itu pada garis bilangan
23. EBTANAS-SMP-95-21
Himpunan penyelesaian dari x2 + 4x – 5 ~ 0 adalah ...
A. { x } –5 ~ x ~ 1 , x E R}
B. { x } x ~ –5 atau x ~ 1 , x E R}
C. { x } –1 ~ x ~ 5 , x E R}
D. { x } x ~ -1 atau x ~ 5 , x E R}
24. EBTANAS-SMP-99-36
Himpunan penyelesaian dari 2x2 – x – 15 ~ 0, x E R adalah ...
1
A. { x I –3 ~ x ~ –2, x E R}
2
1
B. { x I –3 ~ x ~ 2, x E R}
2
C. { x I 2 1 ~ x ~ 3, x E R}
2
D. { x I –21 ~ x ~ 3, x E R}
2
25. EBTANAS-SMP-91-38
Himpunan penyelesaian dari x2 + 5x – 6 ~ 0, x E R adalah ...
A. | {x I x ~ | 6 | atau x ~ –1, x E R} | |
B. | {x I x ~ | 6 | dan | x ~ –1, x E R} |
C. | {x I x ~ | 1 | atau | x ~ –6, x E R} |
D. | {x I x ~ | 1 | dan | x ~ –6, x E R} |
26. EBTANAS-SMP-85-38 Himpunan penyelesaian
3 2 1 x + 13 ~ 1 2 1 x2 dengan x E R ialah ...
A.{x I –4 3 1 ~ x < 2}
B. {x I x ~ –2 atau x ~ 4 3 1 } C {x I –2 ~ x ~ 4 3 1 }
D. {x I –4 3 1 ~ x atau 2 ~ x}
27. EBTANAS-SMP-97-13
Grafik himpunan penyelesaian { (x, y) I x < 4, x E R} adalah ...
A. y B. y
______ x
x
28. EBTANAS-SMP-90-18
Daerah arsiran pada diagram dibawah ini yang dinotasikan dengan {(x, y) I x > 3 dan y ~ 2, x, y E R} adalah ...
A. B. C. D.
30. EBTANAS-SMP-92-16
Grafik Cartesius dari himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan : y < 2x dan y < –3x adalah ...
A. y=–3x B. y=–3x
y=2x
C. y=–3x
y=2x
31. EBTANAS-SMP-95-05
Daerah yang diarsir pada grafik,yang menyatakan himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear
x + y = 2, y – 2x = 2, x E R adalah ...
I. II.
2
1
III. IV.
A. I
B. II
C. III
D. IV
32. EBTANAS-SMP-91-18
Himpunan penyelesaian dari {(x, y) | y < –x + 2, x, y ∈ R} dan { (x, y) | y > x, x, y ∈ R } dinyatakan dengan daerah arsiran adalah ...
33. EBTANAS-SMP-89-17
Himpunan Penyelesaian dari sistem pertidaksamaan
–x + y ~ –1 dan x + y ~ 1 dinyatakan dengan arsir adalah ...
34. EBTANAS-SMP-94-05
Grafik himpunan penyelesaian pertidaksamaan
x + 2y ~ 4 , yE R adalah ...
A. B.
35. EBTANAS–SMP–87–19
Grafik himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan
x + 2y ~ 4, untuk x, y ∈ A berupa ...
A. bagian bidang
B. noktah-noktah
C. garis lurus
D. gans lengkung
36. EBTANAS-SMP-01-15
Daerah yang diarsir berikut ini yang menyatakan tempat kedudukan dari { p I OP < 4} adalah ...
A. B.
38. EBTANAS–SMP–87–48
Manakah di antara titik-titik di bawah ini yang terletak pada daerah {(x, y) I y > x } n {(x, y) I x + 2y < 0, x, y ∈ R}
A. | (–2, 1) |
B. | (–3, –2) |
C. | (1, 3) |
D. | (–3, –1) |
39. EBTANAS-SMP-89-18
Sehelai kertas berukuran 15 cm x 24 cm. Kertas itu dipotong menurut kelilingnya x cm, sedemikian sehingga sisa luas kertas itu maksimal 136 cm2.
Nilai x adalah ...
A. 3 2 1 < x < 16
B. x < 3 2 1 atau x > 16
C. 3 2 1 ~ x ~ 16
D. x ~ 2 2 1 atau x ~ 16
40. EBTANAS-SMP-85-02
Jika ditentukan –l < p < 0 < q < l, maka pernyataan yang benar adalah ...
1
A. 2
p
B. p2 ~ q2
1
C. 2
q
D. q2 > p2
C. D.
37. UAN-SMP-02-14
Perhatikan gambar di samping ini ! Notasi pembentuk himpunan
untuk titik P yang berada
di daerah arsiran adalah ...
(- )
A. { (x, y) I y ~ –4 dan x – 3y ~ 5, x, y E R} n { P I OP < 5}
B. { (x, y) I y ~ –4 dan x – 3y ~ 5, x, y E R} n { P I OP < 5}
C. { (x, y) I y ~ –3 dan x – 3y ~ 5, x, y E R} n { P I OP < 5}
D. { (x, y) I y ~ –3 dan x – 3y ~ 5, x, y E R} n { P I OP < 5}
Translasi, Rotasi, Dilatasi
01. EBTANAS-SMP-95-35
Dari gambar di samping. OP’ = k OP. Nilai k adalah ...
02. UAN-SMP-04-32
Perhatikan gambar di bawah ini !
Bila titik A didilatasi oleh [C, k] artinya dengan pusat C dan faktor skala k, bayangannya adalah G, maka
A. | –2 |
B. | 1 – |
| 2 |
C. | 1 |
| 2 |
D. | 2 |
03. EBTANAS-SMP-92-31
Koordinat titik P’ (–6, 9) diperoleh dari titik P (2, –3) dengan perkalian/dilatasi (O, k). Nilai k adalah ...
A. | –3 |
B. | − 1 3 |
C. | 1 |
| 3 |
D. | 3 |
04. EBTANAS-SMP-94-31
Bayangan titik P (–2, 6) oleh dilatasi (O, –1) adalah ...
A. | P’ (2, –8) |
B. | P’ (–3, 5) |
C. | P’ (–2, 5) |
D. | P’ (2, 7) |
05. EBTANAS-SMP-93-41
Bayangan titik P pada dilatasi (O, –3) adalah (–12, 15), maka koordinat titik P adalah ...
A. | (–4,5) |
B. | (4, –5) |
C. | (36, –45) |
D. | (–36, 45) |
06. EBTANAS-SMP-86-07
Bayangan titik (2, –4) terhadap garis x = 2 adalah ...07. EBTANAS-SMP-90-30
A. | (4, | –4) |
B. | (4, | –8) |
C. | (2, | –4) |
D. | (2, | –8) |
Pada dilatasi terhadap titik pusat (1, 1) dengan faktor skala k = –2, bayangan titik P (3, 2) adalah ...
A. | P' (–1, 2) |
B. | P' (–3, –l) |
C. | P' (3, 0) |
D. | P' (5, 3) |
08. UN-SMP-06-20
ABCD adalah jajaran genjang dengan koordinat titik A (1, 2), B (7, 2) dan C (10, 8). Pada dilatasi dengan pusat O (0, 0) dan faktor skala k = 2
− , koordinat bayangan
1
titik D adalah ...
A. | (–2, –4) |
B. | (–8, –16) |
C. | (2, 4) |
D. | (6, 10) |
09. EBTANAS-SMP-88-19
Pada pencerminan terhadap garis x = 2, koordinat bayangan titik (–3, 5) adalah ...
A. | (–3, –1) |
B. | (7, 5) |
C. | (–1, 5) |
D. | (–6, 5) |
10. EBTANAS-SMP-95-28
Koordinat bayangan titik P (–3, 1) jika dicerminkan terhadap garis x = 4 adalah ...
A. | (11, 1) |
B. | (5, 1) |
C. | (–3, 7) |
D. | (–12, 4) |
11. EBTANAS-SMP-96-19
Bayangan koordinat titik (–5, 9) jika dicerminkan terhadap garis x = 7 adalah ...
A. | (–5, | 5) |
B. | (–5, | 23) |
C. | (12, | 9) |
D. | (19, | 9) |
12. EBTANAS-SMP-92-18
Koordinat titik P (–5, 16) jika dicerminkan terhadap garis x = 9, maka koordinat bayangannya adalah ...
A. P’(23, 16)
B. P’(13, 16)
C. P’(–5, 34)
D. P’(–5, 2)
13. EBTANAS-SMP-91-20
Koordinat bayangan titik P (–3, 2) yang dicerminkan terhadap garis y = 5 adalah ...
A. | (–3, –1) |
B. | (–3, 8) |
C. | (–11, 2) |
D. | (–13, 2) |
14. EBTANAS-SMP-97-38
Titik A (–2, 3) dicerminkan pada garis x = 2, bayangannya A’. A’ dicerminkan pada garis y = –3, bayangannya A”.
a. Buatlah gambar titik A beserta bayangan-bayangannya.
b. Tentukan koordinat A’ dan A”
15. UAN-SMP-04-31
⎛−
Titik P (–3, –1) setelah ditranslasi ⎟
1 , kemudian
⎞
⎜
⎝ −6⎠
dirotasi dengan pusat (0,0) sejauh 90o berlawanan arah jarum jam. Koordinat bayangan titik P adalah ...
A. (–7,4)
B. (–4,7)
C. (4, –7)
D. (7, –4)
16. EBTANAS-SMP-88-30
⎛
Titik T (l, 3) ditranslasikan dengan ⎟
a dan seterusnya
⎞
⎜
⎝ − 5⎠
⎛
dengan ⎟
2 . Jika bayangannya T (4, 5), maka nilai a dan
⎞
⎜
⎝ b⎠
b adalah ...
A. 1 dan –3
B. 1 dan 3
C. –1 dan –3
D. –1 dan 3
17. EBTANAS-SMP-89-30
⎛
Titik Q (–3, 5) ditranslasikan dengan ⎟
2 dilanjutkan
⎞
⎜
⎝ − 3 ⎠
⎛
dengan ⎟
7 maka koordinat bayangannya adalah ...
⎞
⎜
⎝ 7 ⎠
A. (6, 9)
B. (6, 14)
C. (9, 6)
D. (14, 6)
18. UN-SMP-05-17
Titik P (–2,3) dirotasi 90o berlawanan arah jarum jam dengan pusat O (0,0) kemudian dilanjutkan dengan refleksi terhadap sumbu y = –x. Koordinat bayangan titik P adalah ...
A. (2, 3)
B. (2, –3)
C. (3, 2)
D. (–3, 2)
19. UN-SMP-05-18
Titik P(6, –8) didilatasi dengan pusat O (0,0) dan faktor
⎛
1
skala 2
− dilanjutkan dengan translasi ⎟
7. Koordinat
⎞
⎜
⎝ − 5 ⎠
bayangan titik P adalah ...
A. (4, –1)
B. (10, 9)
C. (–4, 1)
D. (4, 9)
20. UN-SMP-06-19
⎡−
Titik E (–12, 9) ditranslasikan oleh ⎥⎦
10 kemudian
⎤
⎢⎣−15
bayangannya direfleksikan terhadap garis y = 7. Koordinat bayangan titik E adalah ...
A. (–22, –10)
B. (–22, 20)
C. (16, –6)
D. (36, 24)
21. UAN-SMP-02-23
Bayangan sebuah titik M (6, -8) dirotasikan dengan pusat O sejauh 90o adalah M’. Koordinat M’ adalah ...
A. (–8, –6)
B. (–8, 6)
C. (8, –6)
D. (8, 6)
22. UAN-SMP-02-24
Sebuah persegi panjang PQRS dengan P (3, 4), Q (3, –4). Dan R (–2, –4) didilatasi dengan pusat O (0, 0) dengan faktor skala 3. Luas persegi panjang setelah dilatasi adalah ...
A. 40 satuan luas
B. 120 satuan luas
C. 240 satuan luas
D. 360 satuan luas
23. UAN-SMP-03-24
⎛
Titik A (5, –3) di translasi ⎟
10, kemudian dilanjutkan
⎞
⎜
⎝ − 7 ⎠
dengan rotasi yang pusatnya O dengan besar putaran 90o berlawanan arah jarum jam. Koordinat bayangan titik A adalah ...
A. (10, –15)
B. (–10, –15)
C. (10, 15)
D. (–10, 15)
24. UAN-SMP-03-25
Titik B (–8, 13) dicerminkan terhadap garis x = 16,
⎛−
kemudian dilanjutkan dengan translasi ⎟
9 . Koordinat
⎞
⎜
⎝ 5 ⎠
bayangan titik B adalah ...
A. | (31, 18) |
B. | (81, 8) |
C. | (–17, 21) |
D. | (1, 14) |
25. UAN-SMP-03-26
Titik (6, –9) didilatasi dengan pusat O(0, 0) dan faktor skala 3, kemudian bayangannya di translasi dengan
− 10 . Koordinat bayangan P adalah 18 | |
A. | (–7, 30) |
B. | (7, 6) |
C. | (–8, 15) |
D. | (8, –9) |
29. EBTANAS-SMP-98-21
Titik A (–3, 5) dicerminkan terhadap garis y = 7,
⎛
kemudian hasilnya ditranslasikan dengan ⎟
2. Koordinat
⎞
⎜
⎝ 3 ⎠
bayangan akhir titik A adalah ...
A. | (5, 12) |
B. | (–5,12) |
C. | (–1, 12) |
D. | (1, 12) |
30. EBTANAS-SMP-98-22 Hasil dilatasi A PQR dengan pusat Q dan faktor skala 2
− , A
1
kemudian direfleksikan
terhadap garis FG adalah ...
A. A GQF________________ D______
B. A GBF
C. A AFR F
D. A PGC
B G E C
26. EBTANAS-SMP-01-25
Titik-titik K (–2, 6), L (3, 4) dan M (1, –3) adalah segitiga yang mengalami rotasi berpusat di O (0, 0) sejauh 180o, Bayangan K, L dan M berturut-turut adalah
... | |
A. | K’ (6, –2), L (4, 3) dan M (–3, 1) |
B. | K’ (–6, 2), L (–4, 3) dan M (3, –1) |
C. | K’ (–2, –6), L (3, –4) dan M (1, 3) |
D. | K’ (2, –6), L (–3, –3) dan M (–1, 3) |
27. EBTANAS-SMP-01-24
Diketahui persegi panjang PQRS dengan koordinat titik P (–5, –1), Q (3, –1) dan R (3, 8). Bayangan S pada
⎛−
translasi ⎟
2 adalah ...
⎞
⎜
| | ⎝− 3⎠ |
A. | {–7, | 11} |
B. | {–7, | 5} |
C. | {–3, | 11} |
D. | {–3, | 5} |
28. EBTANAS-SMP-97-20
Koordinat titik P (4, 2), Q (9, 4) dan R (6, 8) merupakan titik-titik sudut PQR. Koordinat bayangan ketiga titik tersebut oleh dilatasi (O, 2) berturut-turut adalah ...
A. | (0, | 4), | (0, 8) dan (0, 16) |
B. | (4, | 4), | (9, 8) dan (6, 16) |
C. | (6, | 4), | (11, 6) dan (8, 10) |
D. | (8, | 4), | (18, 8) dan (12, 16) |
31. EBTANAS-SMP-99-25
Titik A (–1, 4) dicerminkan terhadap sumbu x dan
⎡− ⎤
dilanjutkan dengan translasi ⎥⎦
2 . Koordinat bayangan ⎢⎣ 5
dari titik A adalah ...
A. (3,1)
B. (–3, –1)
C. (3, –1)
D. (–3, 1)
32. EBTANAS-SMP-99-26
Segi tiga ABC dengan koordinat A (–4, 1), B (–1, 2) dan
C (–2, 4) dirotasikan dengan pusat O sebesar 90o. Koordinat titik sudut bayangan A ABC adalah ...
A. | A’ (1, 4), B’ (2, 1), C’ (4, 2) | |
B. | A’ (4, 1), B’ (1, 2), C’ (2, 4) | |
C. | A’ (–4, –1), B’ (–1, –2), C’ (–2, | –4) |
D. | A’ (–1, –4), B’ (–2, –1), C’ (–4, | –2) |
33. EBTANAS-SMP-00-26
Koordinat titik B (a, –7) jika ditranslasi oleh
⎛−
kemudian dilanjutkan dengan translasi ⎟
5 menghasil‑
⎞
⎜
⎝ 2⎠
kan bayangan B’ (–4, b). Nilai a dan b adalah ...
A. a = 5 dan b = 2
B. a = –3 dan b = –2
C. a = –8 dan b = –5
D. a = –6 dan b = 4
34. EBTANAS-SMP-95-29
⎛
Koordinat bayangan titik (3, 4) pada translasi ⎟
1
⎞
⎜
⎝ 9 ⎠
⎛−
dilanjutkan dengan ⎟
1 adalah ...
⎞
⎜
⎝ 2 ⎠
A. | (4, | 8) |
B. | (4, | 7) |
C. | (3, | 9) |
D. | (2, | 6) |
35. EBTANAS-SMP-96-20
Bayangan koordinat titik A (5, –2) pada translasi ( 2)
3 −
yang dilanjutkan dengan translasi (3)
5− adalah ...
A. A’ (7, –3)
B. A’ (2, 0)
C. A’ (10, –5)
D. A’ (2, –1)
36. EBTANAS-SMP-93-32
Koordinat titik (3, –4) dicerminkan dengan garis
y = x, koordinat bayangan titik A adalah ...
A. (–4, –3)
B. (4, –3)
C. (–3, 4)
D. (–4, 3)
37. EBTANAS-SMP-94-25
Koordinat bayangan titik P (–2, 6) oleh translasi
⎛
dilanjutkan dengan ⎟
2 adalah ...
⎞
⎜
⎝ −1 ⎠
A. (7, 9)
B. (7, 3)
C. (–3, 9)
D. (–3, 3)
38. EBTANAS-SMP-91-31
Titik P' (3, 6) adalah bayangan titik P (x, y) karena dikalikan terhadap titik pangkal koordinat O.
Jika OP' = 3 x OP, maka koordinat titik P adalah ...
A. (0, 3)
B. (1, 2)
C. (6, 9)
D. (9, 18)
39. EBTANAS–SMP–87–06 Yang menjadi bayangan titik A pada pencerminan terhadap garis x adalah titik ...
A. B
B. C
C. D
D. E
40. EBTANAS–SMP–87–13
Pada pencerminan terhadap garis PQ, M ↔ M dan N ↔N.
Sudut antara PQ dan MN adalah ...
A. sudut tumpul
B. 90
C. sudut lancip
D. 0°
41. EBTANAS-SMP-86-14
⎛ ⎞ a dan dilanjutkan Titik M (3, 4) ditranslasikan oleh⎟ ⎜ ⎝ b ⎠ dengan translasi menghasilkan bayangan M '(8, 11). ⎛ ⎞ a ekuivalen dengan ... Maka translasi ⎟ ⎜ ⎝ b ⎠ ⎛ 3 ⎞ A. ⎟ ⎜ | ||
| ⎝ 8 ⎠ | |
B. | ⎛ 8 ⎞ ⎜ ⎟ | |
| ⎝ 3 ⎠ | |
| ⎛ 3 | ⎞ |
C. | ⎜ | ⎟ |
| ⎝ − 8 | ⎠ |
D. | ⎛ 8 ⎜ | ⎞ ⎟ |
| ⎝ − 3 | ⎠ |
Hitung Keuangan
01. UN-SMP-07-13
Perhatikan grafik!
Dengan modal Rp 25.000,00, berapakah untung yang diperoleh?
A. Rp 1.250,00.
B. Rp 1.350,00.
C. Rp 1.500,00.
D. Rp 1.750,00.
02. UAN-SMP-03-16
Harga 18 baju Rp. 540.000,00. Harga 2 1 lusin baju
2
tersebut adalah ...
A. Rp. 1.000.000,00
B. Rp. 900.000,00
C. Rp. 800.000,00
D. Rp. 750.000,00
03. EBTANAS-SMP-99-04
Bruto dari lima barang adalah 700 kg. Setelah ditimbang, 15 % dari bruto merupakan tara. Bila berat setiap barang sama, maka neto dari masing-masing barang adalah ...
A. 105 kg
B. 119 kg
C. 161 kg
D. 595 kg
04. EBTANAS-SMP-85-41
Sejumlah uang akan dibelikan 48 buah buku dengan harga Rp 25,00 per buah, Jika harganya kini naik Rp 5,00 per buah, maka dari sejumlah uang itu akan diperoleh buku sebanyak ...
A. 45 buah
B. 40 buah
C. 44 buah
D. 35 buah
05. EBTANAS–SMP–87–15
Harga sebuah buku Rp 15.800,00. Ongkos kirim dibebankan pada pembeli sebesar 10%. Nilai buku itu sekarang ...
A. | Rp 14.220,00 |
B. | Rp 15.642,00 |
C. | Rp 15.958,00 |
D. | Rp 17.380,00 |
06. UN-SMP-07-06
Andi membeli 10 pasang sepatu seharga Rp 400.000,00, kemudian dijual secara eceran. Sebanyak 7 pasang sepatu dijual dengan harga Rp 50.000,00 per pasang, 2 pasang dijual Rp 40.000,00 per pasang, dan sisanya disumbangkan. Persentase keuntungan yang diperoleh Andi adalah ...
A. | 7 2 1 % |
B. | 15% |
C. | 22 2 1 % |
D. | 30% |
07. UN-SMP-05-03
Dengan harga penjualan Rp. 2.200.000 seorang pedagang kamera telah memperoleh untung 10 %. Harga pembelian kamera tersebut adalah ...
A. | Rp. 220.000,00 |
B. | Rp. 1.980.000,00 |
C. | Rp. 2.000.000,00 |
D. | Rp. 2.420.000,00 |
08. EBTANAS-SMP-90-23
Harga pembelian satu lusin baju Rp. 96.000,00 bila baju itu dijual dengan harga Rp. 10.000,00 sebuah, maka prosentase untung dari pembelian, adalah ...
A. | 20% |
B. | 25% |
C. | 35% |
D. | 40% |
09. UN-SMP-06-03
Pak Hamid menjual sepeda motor seharga Rp.10.800.000,00 dengan kerugian 10 %. Harga pembelian motor Pak Hamid adalah ...
A. | Rp. 12.000.000,00 |
B. | Rp. 11.880.000,00 |
C. | Rp. 11.000.000,00 |
D. | Rp. 9.800.000,00 |
10. EBTANAS-SMP-00-05
Harga penjualan sebuah pesawat TV Rp. 5 52.000,00. Jika keuntungan diperoleh 15 %, harga pembeliannya adalah ...
A. | Rp. 471.200,00 |
B. | Rp. 480.000,00 |
C. | Rp. 537.000,00 |
D. | Rp. 543.720,00 |
11. EBTANAS-SMP-93-20
Adik menjual sepeda dengan harga Rp. 57.500,00. Dalam penjualan itu Adik mendapat laba 15 %. Maka harga pembelian sepeda itu adalah ...
A. | Rp. 42.500,00 |
B. | Rp. 48.475,00 |
C. | Rp. 49.875,00 |
D. | Rp. 50.000,00 |
12. EBTANAS-SMP-85-43
Janu mendapat untung 25% dari harga pembelian karena motornya terjual seharga Rp 625.000,00. Dengan demikian, harga pembelian motor
A. | Rp 600.000,00 |
B. | Rp 575.000,00 |
C. | Rp 550.000,00 |
D. | Rp 500.000,00 |
13. EBTANAS-SMP-94-16
Untung Rp. 12.000,00 adalah 20 % dari harga pembelian, maka harga penjualan barang tersebut adalah ...
A. | Rp. 60.000,00 |
B. | Rp. 72.000,00 |
C. | Rp. 80.000,00 |
D. | Rp. 96.000,00 |
14. EBTANAS-SMP-91-25
Seorang pedagang menjual barangnya seharga x rupiah. Dengan penjualan itu ia beruntung Rp 15.000,00 atau dengan 20% dari modalnya. Nilai x itu adalah ...
A. | 75.000 |
B. | 80.000 |
C. | 85.000 |
D. | 90.000 |
15. EBTANAS-SMP-95-37
Pak guru menyimpan uangnya di Bank sebesar
Rp. 3 50.000,00. Bank tersebut memberikan bunga 18 % per tahun. Hitung besarnya:
a. Bunga 1 tahun
b. Bunga 1 caturwulan
c. Tabungan pak guru setelah 4 bulan
16. UAN-SMP-03-03
Toko senang membeli 5 karung beras dengan harga Rp. 1.325.000.00 dan beras tersebut dijual lagi dengan harga Rp. 2.900,00 per kg. Jika di setiap karung beras tertulis bruto 100 kg dan tara 2 kg maka keuntungan yang diperoleh dari penjualan beras adalah ...
A. | Rp. 87.000,00 |
B. | Rp. 96.000,00 |
C. | Rp. 132.000,00 |
D. | Rp. 142.000,00 |
17. EBTANAS-SMP-97-36
Seorang pedagang membeli 1 kuintal beras seharga Rp. 120.000,00 dengan ongkos angkut Rp. 10.000,00. Kemudian beras tersebut dijual secara eceran dengan harga Rp. 1 .400,00/kg. Hitunglah :
a. harga penjualan 1 kuintal beras
b. untung/rugi
c. persentase untung/rugi terhadap harga pembelian dan ongkos
18. EBTANAS-SMP-89-37
Seorang pedagang beras membeli 8 karung beras dengan harga rata-rata per karung Rp 45.000,00.
3 karung dijualnya dengan harga Rp 44.500,00 per karung, sedangkan sisanya dijual dengan harga Rp 52.500,00 per karung.
a. Berapakah harga penjualan seluruhnya?
b. Berapa prosenkah laba yang diperoleh terhadap harga pembeliannya?
19. EBTANAS-SMP-98-05
Dalam menghadapi hari raya Idul Fitri, toko “Murah” memberikan diskon kepada setiap pembeli 20 %. Sebuah barang dipasang label Rp. 75.000,00, setelah dipotong diskon, toko itu masih memperoleh untung sebesar 25 %. Harga pembelian barang tersebut adalah ...
A. | Rp. 45.000,00 |
B. | Rp. 48.000,00 |
C. | Rp. 50.000,00 |
D. | Rp. 52.500,00 |
20. UN-SMP-05-27
Setiap hari Catur menabung sebesar Rp. 500,00. Jika hari ini tabungan Catur Rp. 12.500,00 besar tabungan Catur 13 hari yang akan datang adalah ...
A. | Rp. 19.000,00 |
B. | Rp. 18.000,00 |
C. | Rp. 13.000,00 |
D. | Rp. 6.500,00 |
21. EBTANAS-SMP-96-32
Pak Darto membuat 10 buah rak buku dengan menghabis kan dana Rp. 2.800,00 setiap buahnya. Ketika dijual 8 buah diantaranya laku dengan harga Rp. 5.000,00 per buah dan sisanya laku dengan harga Rp. 4.500,00 per buah. Keuntungan Pak Darto sebesar ...
A. | 1,33 | % |
B. | 7,50 | % |
C. | 13,30 | % |
D. | 75 % | |
22. EBTANAS-SMP-97-03
Pemilik sebuah toko mendapat kiriman 100 karung beras dari Dolog, yang masing-masing pada karungnya tertera tulisan Bruto 114 kg, tara 2 kg. Neto kiriman yang diterima pemilik toko adalah ...
A. 200 kuintal
B. 116 kuintal
C. 114 kuintal
D. 112 kuintal
23. EBTANAS-SMP-92-23
Seseorang membeli sepeda motor bekas seharga
Rp. 1.200.000,00 dan mengeluarkan biaya perbaikan
Rp. 50.000,00. Setelah beberapa waktu sepeda itu dijualnya Rp. 1.500.000,00.
Persentasi untung dari harga beli adalah ...
A. 20 %
B. 20,8 %
C. 25 %
D. 26,7 %
24. UN-SMP-06-15
Di toko alat tulis, Tuti membeli 2 pensil dan 3 buku tulis seharga Rp. 15.500,00. Di toko yang sama, Lina membeli 4 pensil dan 1 buku tulis seharga Rp. 13.500,00. Bila Putri membeli 1 pensil dan 2 buku tulis di toko tersebut, Putri harus membayar sebesar ...
A. Rp. 6.000,00
B. Rp. 7.000,00
C. Rp. 8.500,00
D. Rp. 9.500,00
25. UAN-SMP-03-22
Tio harus membayar Rp. 10.000,00 untuk pembelian 5 buah buku dan 5 buah pensil. Tia membayar Rp. 11.900,00 untuk pembelian 7 buah buku dan 4 buah pensil. Berapakah yang harus dibayar oleh Tini bila ia membeli 10 buku dan 5 buah pensil ?
A. Rp. 15.000,00
B. Rp. 15.500,00
C. Rp. 16.000,00
D. Rp. 16.500,00
26. EBTANAS-SMP-99-16
Harga 15 buah buku tulis dan 10 pensil adalah Rp. 7.500.00. Harga 6 buku dan 6 pensil adalah Rp. 3.150.00. Berapakah harga 3 buku tulis dan 4 pensil ?
A. Rp. 2.200,00
B. Rp. 2.050,00
C. Rp. 1.800,00
D. Rp. 1.650,00
Tidak ada komentar:
Posting Komentar