Minggu, 27 Februari 2011

soal soal matematika


Text Box: Persamaan Linier07. EBTANAS-SMP-88-02
Hasil penjumlahan dari (3x – 1) dan (x – 3) adalah ...
A. Text Box: 01. EBTANAS-SMP-92-15 
Persamaan paling sederhana yang ekivalen dengan persamaan x – 2 = 8 – x adalah ...
A. x = 10
B. x = 8
C. x = 5
D. x = 3
02. EBTANAS-SMP-99-05 
Jika 3(x + 2) + 5 = 2(x + 15), maka nilai x + 2 = ...
A.  43
B.  21
C.  19
D.  10

03. EBTANAS-SMP-97-04
Nilai x yang memenuhi () ( 6 )
23x + 1 = 52x − adalah ...
1
4
3x – 4
B.  
4x – 4
C.  
4x – 2
D.  
4x2 – 4

08. UAN-SMP-04-12
Suatu pekerjaan dapat diselesaikan dalam waktu 50 hari oleh 14 orang pekerja. Karena suatu hal, setelah bekerja 10 hari pekerjaan terhenti selama 12 hari. Agar pekerjaan dapat diselesaikan tepat pada waktunya, maka diperlukan tambahan pekerja sebanyak ... orang.
A.  
6
B.  
10
C.  
20
D.  
34

09. UN-SMP-07-14
Diketahui sistem persamaan
3x + 3y = 3 dan 2x – 4y = 14. Nilai dari 4x – 3y = ...

A. Text Box: A. 1
2
B. 1
3
C. 1
4
–16
B.  
–12
C.  
16
D.  
18


D. 6 1
04. EBTANAS-SMP-01-12
Himpunan penyelesaian dari x – 1 4 1 = 3, jika x variabel pada himpunan bilangan pecahan adalah ...
A.     { 2 } 4
1
B.     { 4 } 2
3
C.     { 4 } 2
1
D.     { 4 } 1
3
05. EBTANAS-SMP-93-03
Jika diketahui x + 5 = 11, maka nilai x + 33 adalah ...
A.  
19
B.  
29
C.  
39
D.  
49

06. EBTANAS-SMP-93-07

10. EBTANAS–SMP–87–28
Penyelesaian dari sistem persamaan x – 2y = 3 dan 5x – 2y = 1 ialah ...
A.       x = –1 dan y = –2
B.       x = –2 dan y = –1
C.      x = 1 dan y = –2
D.      x = –1 dan y = 2
11. UN-SMP-05-12
Diketahui sistem persamaan
3x + 7y = 1
2x – 3y = 16
Nilai x y = ...
A.  
8
B.  
6
C.  
–10
D.  
–12

12. UAN-SMP-03-21
Diketahui sistem persamaan: 3x + 2y = 8
x – 5y = –37
Nilai 6x + 4y adalah ...

Suatu fungsi g didefinisikan g(x) =
1x + 9.
A.
– 30
2
Jika g(a) = 47, maka nilai a sama dengan ...
A.           10
B.           28
B.
C.  
D.  
– 16
16 30
C.           78



D.      112




13. EBTANAS-SMP-86-13
Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan :
x + 2y = –1
3xy = 11
adalah ...
A.      {3, –2}
B.      {–3, 2}
C.      {2, 3}
D.      {2, –3}
14. EBTANAS-SMP-01-17
Himpunan penyelesaian dari 2x + 4y = 22 dan 3x – 5y = –11, x, y R adalah ...
A.      { (3, 4) }
B.      { (3, –4) }
C.      { (–3, 4) }
D.      { (–3, –4) }
15. UAN-SMP-02-16
Diketahui 3x + 4y = 7 dan –2x + 3y = –16. Nilai 2x – 7y adalah ...
A.      –24
B.      –4
C.      4
D.      24

19. EBTANAS-SMP-96-04
Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linier
x + y = 5 dan x – 2y = –4
A.         { (1, 4) }
B.         { (–2, 1) }
C.         { (2, 3) }
D.         { (3, 2) }
20. EBTANAS-SMP-90-14
Himpunan penyelesaian dari sistem persamaan
2x + 3y = 11 dan 3x – 2y = –3 adalah ...
A.         {(1, 2)}
B.         {(1, 3)}
C.         {(2, 1)}
D.         {(3, 1)}
21. UN-SMP-07-15
Harga dua baju dan satu kaos Rp 170.000,00, sedangkan harga satu baju dan tiga kaos Rp 185.000,00. Harga tiga baju dan dua kaos adalah ...
A.      Rp 275.000,00
B.      Rp 285.000,00
C.      Rp 305.000,00
D.      Rp 320.000,00

16. EBTANAS-SMP-92-07
Diketahui segi tiga PQR, koordinat titik P (1, 8),
Q (–1, –2), R (6, 0). Maka luas daerah segi tiga PQR
adalah ...
A.      24 satuan luas
B.      28 satuan luas
C.      35 satuan luas
D.      44 satuan luas
17. EBTANAS-SMP-93-28
Suatu segitiga PQR dengan koordinat titik P (–2 , 3),
Q (4, 2) dan R (0, –5).
Luas segitiga PQR tersebut adalah ...
A.      12 satuan luas
B.      18 satuan luas
C.      21 satuan luas
D.      42 satuan luas
18. EBTANAS-SMP-00-19
Penyelesaian dari sistem persamaan 1 x + y = 2 1 dan
2                              2
3x – 4y = –5 adalah p dan q.
Nilai dari p + q adalah ...
A.      3
B.      4
C.      6 1
2
D.      7

Text Box:  Fungsi Linier
01. EBTANAS-SMP-96-05
Suatu fungsi didefinisikan f : x —* 2x + 3
Daerah asal { x | -1 ~ x ~ 2, x E B}, maka daerah hasil adalah ...
A.
{1,
3,
5,
7}
B.
{1,
3,
6,
7}
C.
{3,
5,
6,
7}
D.
{4,
6,
5,
7}

02. EBTANAS-SMP-91-32
Gambar di samping adalah diagram panah suatu pemetaan dari himpunan A ke himpunan B yang rumus fungsinya ...
A.       f (x) = 2 1 x
B.       f (x) = 2x
C.      f (x) = x + 1
D.      f (x) = x + 3
03. EBTANAS-SMP-89-20
Suatu fungsi f dari A ke B dinyatakan sebagai {(–1, 3), (0, 1), (1, –1), (2, –3), (3, –5)}.
Notasi fungsi itu adalah ...
A.       f : x —* –2x – 1
B.       f : x —* –2x + l
C.      f : x —* 2x – l
D.      f : x —* 2x + l
04. EBTANAS–SMP–87–14
Jika titik (–5, a) terletak pada garis dengan persamaan
y – 3 = 2x – 7, maka nilai a adalah ...
A.      –20
B.      –14
C.      –6
D.      0
05. EBTANAS-SMP-88-20
Jika P (–4, b) terletak pada garis dengan persamaan

07. EBTANAS-SMP-98-29
Fungsi f dinyatakan dengan rumus f(x) = ax + b. Diketahui f(3) = 11 dan f(1) = 7. Nilai a dan b berturut­turut adalah ...
B.         1 dan 6
C.      6 dan 1
D.      2 dan 5
E.       5 dan 2
08. EBTANAS-SMP-96-39
Diketahui f(x) = ax + b, dimana f(4) = 4 dan f(2) = –2 Ditanyakan:
a.       Nilai a dan b
b.       Tulis rumus fungsi dengan menggantikan nilai a dan b yang telah didapatkan
c. Hitung f(1)
(Catatan: berikan langkah-langkah penyelesaian)
09. EBTANAS-SMP-97-30
Diketahui fungsi f(x) = mx + n, f(–1) = 1 dan f(1) = 5. Maka nilai m dan n berturut-turut adalah ...
A.      –2 dan –3
B.      –2 dan 3
C.           2 dan –3
D.           2 dan 3
10. EBTANAS-SMP-94-26
Pasangan koordinat titik potong garis yang persamaannya 3x – 4y – 12 = 0 dengan sumbu x dan y berturut-turut adalah ...
A.      (–4, 3) dan (3, –4)
B.      (–3, 4) dan (4, –3)
C.      (4, 0) dan (0, 3)
D.      (4, 0) dan (0, –3)
11. EBTANAS-SMP-92-20
Gradien dari persamaan garis 3x – 5y = 10 adalah ...
A.     3
5
B.     5
3
C.                    3 5
D.                   5 3

1
y = –2
x +5, maka nilai b adalah ...

A.      –7
B.      –3
C.      C 3
D.      7
06. EBTANAS-SMP-01-35
Suatu fungsi f yang dirumuskan dengan f(x) = ax + b diketahui bahwa f(1) = 3 dan f(–3) = 11. Nilai a dan b berturut-turut adalah ...
A.      4 dan –1
B.      4 dan 7
C.      –2 dan 1
D.      –2 dan 5

12. EBTANAS-SMP-95-30
Gradien garis yang melalui titik (0, –4) dan B (6, 5) adalah ...
A.          1
6
B.           1
4
C.                         3 2
D.                        2 3

Text Box: 13. EBTANAS-SMP-91-22
Gradien garis yang persamaannya 4x – 2y = 6 adalah
A.  –4
B.  –2
C.  2
D.  4Text Box: ...14. EBTANAS-SMP-97-14
Gradien garis lurus yang melalui titik O (0, 0) dan titik P (4, –2) ialah ...
A. 2
B.  
–2
C.  
1

2
D.
1
2

15. UN-SMP-05-11
Gradien garis yang melalui titik (2, 1) dan (4, 7) adalah
...

A.  
0,2
B.  
0,5
C.
2
D.
3

16. EBTANAS-SMP-93-34
Gradien dari persamaan garis lurus pada gambar di samping adalah ...
A. Text Box: 3Text Box:  Text Box: 2x – 3y – 6 = 0
B.  
C.  
D.  
3 2
3 2
3 2
2
3

–2

17. EBTANAS-SMP-86-47
Persamaan garis-persamaan garis di bawah ini yang gradiennya 3 adalah ...
A.      2y = 12x + 5
B.       y = 2x + 3
C.      6x – 2y = 12
D.      x + 4y = 2
18. EBTANAS-SMP-85-47
Jika ditentukan persamaan garis lurus 2x – 4y – 8 = 0, maka pernyataan yang benar mengenai garis lurus tersebut adalah ...
A.      bergradien 2 dan memotong sumbu Y di (0, –2)
B.      bergradien 2 1 dan memotong sumbu Y di (0, 4)
C.      bergradien 2 dan memotong sumbu Y di (0, –4)
D.      bergradien 2 1 dan memotong sumbu Y di (0, –2)

19. EBTANAS-SMP-99-15
Persamaan garis lurus yang melalui titik (3, –1) dan (4, 1) adalah ...
A.       y = 2x – 11
B.       y = 2x – 7
C.      y = –2x + 5
D.      y = 2x – 5
20. EBTANAS-SMP-96-21
Persamaan garis yang melalui titik (–4, 7) dan titik
(10, –1) adalah ...
A.      3y + 4x – 37 = 0
B.      3y + 4x – 19 = 0
C.      7y + 3x – 37 =0
D.      7y + 4x – 33 = 0
21. EBTANAS-SMP-90-19
Persamaan garis lurus melalui titik A (2, 2) dan titik B (3, 6) adalah ...
A.       y = 4x – 6
B.       y = 4x + 6
C.      y = 4x + 4
D.      y = 4x – 4
22. EBTANAS-SMP-92-19
Persamaan garis lurus yang melalui titik pangkal O(0, 0) dan titik (3, 5) adalah ...
A.    y = 3 x
5
B.    y = 5 x
3
C.    y = 5 x
3
D.    y = 3 x
5
23. EBTANAS-SMP-93-33
Persamaan garis yang melalui titik-titik A (2, 0) dan
B (0, 4) adalah ...
A.       y + 2x = 4
B.       y – 2x = 4
C.      2y + x = 4
D.      2yx = 4
24. EBTANAS-SMP-88-39
Diketahui titik A (0, 3) dan titik B (–1, 2).
a.       Hitunglah gradien garis yang melalui A dan B.
b.       Tentukan persamaan garis itu.
25. EBTANAS-SMP-89-33
Ditentukan titik P (2, 4), Q (5, –2) dan sebuah titik R (x, 2) terletak pada garis PQ. Nilai x adalah ...
A.  
–4
B.  
–3
C.
3
D.
4

26. EBTANAS-SMP-91-21
Persamaan garis yang mempunyai gradien 4 3 dan memotong sumbu y pada koordinat (0, 2) adalah ...
A.      3y = 4x + 2
B.      3y = 4x + 8
C.      4y=3x + 2
D.      4y = 3x + 8
27. EBTANAS-SMP-89-25
Garis k melalui titik P (–6, 1) dengan gradien 3 2 Persamaan garis k adalah ...
A.    1 y= 2 x+
3
B.    2 y= 2 x+
3
C.    5 y= 2 x+
3
D.    10 y= 2 x+
3
28. UAN-SMP-03-20
Dari garis-garis dengan persamaan:
I               y – 5x + 12 = 0
II             y + 5x – 9 = 0
III            5yx – 12 = 0
IV            5y + x + 9 = 0
Yang sejajar dengan garis yang melalui titik (2, 1) dan (3, 6) adalah ...
A.      I
B.      II
C.      III
D.      IV
29. EBTANAS-SMP-85-04
Text Box:  Berdasarkan gambar di samping ini, garis g sejajar garis h. Persamaan garis g ialah ...
A.    2xy – 4 = 0
B.    2x + y + 4 = 0
C.    2xy + 4 = 0
D.    2x + y – 4 = 0
30. EBTANAS-SMP-01-16
Diketahui garis g dengan persamaan y = 3x + 1.
Garis h sejajar dengan garis g dan melalui A (2, 3), maka garis h mempunyai persamaan...
A.   3 y=− 1 x+
11
3
B.    6 y=− 3 x+
2
C.    y=3x3
D.    y=3x+3

31. UN-SMP-07-16
Persamaan garis yang sejajar dengan garis 2x + 3y + 6 = 0 dan melalui titik (–2, 5) adalah...
A.      3x + 2y – 4 = 0
B.      3x – 2y +16 = 0
C.      3y + 2x – 11= 0
D.      3y – 2x – 19 = 0
32. EBTANAS-SMP-90-20
Persamaan garis yang sejajar dengan y = 2x – 2. dan melalui titik (0, 4) adalah ...
A.       y = 2x + 4
B.       y = –2x + 4
C.      y = –2x – 4
D.      y = 2x – 4
33. UN-SMP-06-14
Persamaan garis kurus yang melalui titik A(–2, –3) dan tegak lurus terhadap garis dengan persamaan
Text Box: 2
y = 3x + 9 adalah ...
A.      2x + 3y + 13 = 0
B.      3x + 2y + 12 = 0
C.      2x + 3y – 5 = 0
D.      3x – 2y = 0
34. UAN-SMP-03-19
Persamaan garis p adalah 4x1 y + 5 = 0
2
Gradien garis yang tegak lurus p adalah ...
A.        2
1
B.        8
1
C.      2
D.      8
35. UAN-SMP-02-15
Diketahui garis p sejajar dengan garis 3x + 7y – 9 = 0. Persamaan garis yang melalui (6, –1) dan tegak lurus garis p adalah ...
A.    15 y= 7 x+
3
B.    13 y= 7 x+
3
C.    13 y= 7 x
3
D.    15 y= 7 x
3
36. EBTANAS-SMP-00-18
Persamaan garis yang melalui titik (–2, 3) dan tegak lurus garis 2x + 3y = 6 adalah ...
A.      2x – 2y – 12 = 0
B.      3x – 2y + 12= 0
C.      2x – 3y + 13= 0
D.      2x – 3y – 13 = 0

Text Box:  Text Box: 37. EBTANAS-SMP-99-14 
Tempat kedudukan titik-titik yang berjarak 2 satuan dari pusat koordinat dinyatakan pada gambar ...
A. B,
2Text Box:  Text Box: 0 2Text Box: 0   Text Box:  Text Box: C. D.Text Box: 2Text Box: 0Text Box: 2Text Box: 2Text Box: 2Text Box: 38. EBTANAS–SMP–87–12 
Jika O (0, 0); A (10, 0); B (10, 10) dan C (0, 10), maka persamaan bukan merupakan persamaan sumbu simetri dari bujur sangkar O ABC adalah ...
A. x – 5 = 0
B. y – 5 = 0
C. x + 5 = 0
D. x = y
39. EBTANAS–SMP–87–42 
Jika ditentukan titik P (l, –3), Q (4, 1), R (0, 4),
S (–3, 0), maka pernyataan berikut yang benar adalah ...
A. garis-garis PQ, QR, RS, dan PS panjangnya tidak sama
B. keliling PQRS = 20 satuan
C. luas PQRS = 25 satuan
D. titik potong diagonal-diagonalnya (0, 1)Persamaan Kuadrat
01. EBTANAS-SMP-89-01
Hasil dari 4x (–3x + 2y) adalah ...
A.      –12x2 + 8y
B.      –12x + 8xy
C.      –12x2 + 8xy
D.      –12x + 8y
02. UN-SMP-06-25
Hasil dari (2x + 3) (4x – 5) adalah ...
A.      8x2 – 2x – 15
B.      8 x2 – 22x – 15
C.      8 x2 + 2x – 15
D.      8 x2 + 22x – 15
03. UN-SMP-07-09
Hasil dari (2x – 2) (x + 5) adalah...
A.  
2x2 –12x – 10
B.  
2x2 + 12x – 10
C.  
2x2 + 8x – 10
D.  
2x2 – 8x – 10

04. EBTANAS-SMP-88-04
(x + 3) (x – 2) = ...
A.       x2 + x – 6
B.       x2 + 3x – 6
C.      x2 – x – 6
D.      x2 + 5x – 6
05. EBTANAS-SMP-88-14
Hasil penjabaran dari (2x – 4)2 adalah ...
A.  
4x2 – 16x + 16
B.  
4x2 – 16x – 16
C.  
4x2 + 16x + l6
D.  
4x2 + 16x – 16

06. EBTANAS-SMP-88-15  Pemfaktoran dari 4a2 – 25 adalah ...
A.  
(4a + 5) (4a – 5)
B.  
(2a – 5) (2a + 5)
C.  
4(a – 5) (2a + 5)
D.  
2(2a + 5) (2a –5)

07. UN-SMP-05-22
Hasil dari (2x – 4) (3x + 5) = ...
A.  
6x2 – 2x – 20
B.  
6x2 + 2x – 20
C.  
6x2 – 14x – 20
D.  
6x2 + 14x – 20

08. EBTANAS-SMP-89-03
Hasil kali (2x + 3y) (3xy) adalah ...
A.      6x2 –3y2
B.      6x2xy – 3y2
C.      6x2 + 7xy – 3y2
D.      6x2 + 11xy –3y2
09. EBTANAS-SMP-86-19
Apabila (–2x + 3) (–2x – 3} dinyatakan sebagai pen­jumlahan suku-suku akan menjadi ...
A.  
x2 + 6x – 9
B.  
–4x2 – 6x – 9
C.  
–4x2 – 9
D.  
4x2 – 9

10. EBTANAS-SMP-01-32
Jika (2x + 3y) (px + qy) = rx2 + 23xy + 12y2, maka nilai r adalah ...
A.
3
B.
4
C.  
10
D.  
15

11. EBTANAS-SMP-98-28
Diketahui (2x – 1)2 – (x – 3)2
Text Box: A.  3x – 4
B.  3x + 4
C.  3x – 2
D.  3x + 2Salah satu faktor dari bentuk tersebut adalah ...

16. EBTANAS-SMP-89-05
Dengan menggunakan sifat selisih dua kuadrat dari 372 – 132 dapat dijadikan bentuk perkalian ...
A.      50 x 24
B.      75 x 16
C.      100 x 12
D.      300 x 4
17. EBTANAS-SMP-91-35  Pemfaktoran dari x2 – (–4)2 adalah...
A.  
(x – 4) (x – 4)
B.  
(–x – 4) (x – 4)
C.  
(x + 4) ( x – 4)
D.  
(–x – 4) (x + 4)

18. EBTANAS-SMP-86-20  Hasil ( 2 1 x – 4 1 )2 adalah ...
A.       x2 – x + 41
B.       x2 – x – 41
C.      x2 + x + 41
D.      (x2x + 4 1) . 41
19. EBTANAS-SMP-95-17






Text Box: Hasil dari

12. EBTANAS-SMP-92-34
Penjabaran dari fungsi (2x – 5)2 adalah ...
A.  
2x2 – 20x + 25
B.  
4x2 + 20x – 5
C.  
4x2 – 20x – 25
D.  
4x2 – 20x + 25

13. EBTANAS-SMP-92-35
Hasil pemfaktoran dari 6x2 – 2x – 20 adalah ...
A.  
(2x + 4) (3x – 5)
B.  
(2x – 4) (3x + 5)
C.  
(6x – 10) (x + 2)
D.  
(6x + 2) (x – 10)

A.      3x2 +    2
1
Text Box:  3y
B.      Text Box:  9x2 +   2
1
9y
Text Box: A. 3x2 –Text Box:  Text Box: 1Text Box: 3yText Box: 2xText Box: +Text Box: yText Box: 2Text Box: 1Text Box: 2xText Box: +Text Box: 2Text Box: D. 9x2 –Text Box: yText Box: 9y20. EBTANAS-SMP-96-07
Hasil dari (2x2 1 )2 adalah ...

Text Box: 1Text Box: 4Text Box: 4Text Box: 1Text Box:  Text Box: 4Text Box:  Text Box: 1Text Box:  Text Box: 1Text Box: 414. EBTANAS-SMP-93-09
A.  
2x2 – 2x +
Hasil penyederhanaan dari (3xy)2 adalah ...
B.  
2x2 – 2x
A.  
3x2 – 6xy + y2


B.  
3x2 – 6xy – y2
C.
4x2 – 2x +
C.  
9x2 – 6xy + y2


D.  
9x2 – 6xy – y2
D.
4x2 – 2x

15. EBTANAS-SMP-93-10
Bentuk 16 – 8z + z2 dapat difaktorkan menjadi ...
A.  
(4
z) (4
+ z)
B.  
(4
z) (4
z)
C.  
(8
+ z) (2
+ z)
D.  
(8
+ z) (2
z)

21. EBTANAS-SMP-91-34
Hasil pengkuadratan dari (–a2 1 ) adalah ...
A.      a2a + 4 1
B.       a2 + a + 4 1
C.      a2 – a + 4 1
D.      a2 + a + 4 1
22. EBTANAS-SMP-89-04  Hasil dari (–3x + 2y)2 adalah...
A.      –9x2 – 12xy + 4y2
B.      9x2 – 12xy + 4y2
C.      9x2 – 6xy + 4y2
D.      9x2 – 2xy + 4y2
23. EBTANAS-SMP-94-07
Hasil dari (2x – 3)2 adalah ...
A.      4x2 – 12x – 9
B.      4x2 – 12x + 9
C.      4x2 + 12x + 9
D.      4x2 + 12x – 9
24. EBTANAS-SMP-94-08
Hasil pemfaktoran dari 9a2 – 4 adalah ...
A.      (3a – 2) (3a – 2)
B.      (3a + 2) (3a – 2)
C.      (9a + 2) (a – 2)
D.      (9a – 2) (a + 2)
25. EBTANAS-SMP-99-32
Bentuk lain dari a2 + b2 + 2ab + 2c(2c + 3)(2c – 3) = ...
A.      (a + b)2 + 2c(4c2 – 9)
B.      (a + b)2 – 2c(4c2 – 9)
C.      (a + b)2 + 8c3 + 18c
D.      (a + b)2 – 8c3 – 18c
26. EBTANAS-SMP-89-06
Faktorisasi dari 4x2 – 5xy - 6y2 adalah ...
A.      (2x + y) (2x – 6y)
B.      (2x + 3y) (2x – 2y)
C.      (4x + y) (x – 6y)
D.      (4x + 3y) (x – 2y)
27. EBTANAS-SMP-88-21
2x2x – 3 dapat difaktorkan menjadi ...
A.      (x + 3) (2x – 1)
B.      (x – 1) (2x + 1)
C.      (2x + 3) (x – l)
D.      (2x – 3)(x + l)
28. EBTANAS–SMP–87–21
Dengan menggunakan kaidah (a + b)2 hasil dari 1052 dapat ditentukan dengan perhitungan ...
A.      100×100 + 2×100×5 + 5×5
B.      110×110 – 2×100×5 – 5×5
C.      l002 + 52
D.      110252

29. EBTANAS–SMP–87–22
Pemfaktoran yang salah adalah ...
A.       a2 + l = (a + l) (a + l)
B.       a4 – 1 = (a2 + 1) (a + l) (a – 1)
C.       πR2ðr2 = ð (R + r) (Rr)
D.      (a + 2b)2 – (cd) = (a + 2b + c – d) (a + 2bc + d)
30. EBTANAS–SMP–87–25
Himpunan penyelesaian dari (x – 3)2 = 100 adalah ...
A.  
{13}
B.  
{7}
C.  
{13, –7}
D.  
{–13, 7}

31. EBTANAS-SMP-86-23
Faktor dari bentuk 2x2x – 3 adalah ...
A.  
(2x – 3) (x + l)
B.  
(2x + 3) (x – 1)
C.  
(2x + l) (x – 3)
D.  
(2x – l) (x + 3)

32. EBTANAS-SMP-85-12
Bentuk trinom (suku tiga) 3x2 – 9x + 5 dapat ditulis dalam bentuk ...
A.                   ()      4
2
3x1
1             1
2
B.    ()              4
3x111
                             2            1
Text Box:  2
C.  () 4
3x111
                             2        3
Text Box:  2
D.      () 4
2
3x1
1         3
Text Box:  2
33. EBTANAS-SMP-85-15
Faktorisasi dari 4 1 x4 – 2x2y2 + 4y4 adalah ...
A.        (x2 – 4 y2)2
B.      ( 2 1 x2 + 2y2) ( 2 1 x2 – 2y2)
C.      ( 2 1 x2 + 4y2) (x + y) (xy)
D.      ( 2 1 x + y) ( 2 1 x – y) ( x + 2y) (x – 2y)
34. EBTANAS-SMP-96-10
Pemfaktoran dari x2 + 5x + 6 ialah ...
A.      (x – 5) ( x – 1)
B.      (x + 6) (x + 1)
C.      (x – 2) (x – 3)
D.      (x + 2) (x + 3)
35. EBTANAS-SMP-96-09
Perkalian faktor dari 9a2 – 1 6b2 adalah ...
A.      (a + 4b) (9a – 4b)
B.      (3a + 4b) (3a – 4b)
C.      (3a + b) (3a – 16b)
D.      (9a + 4b) (a – 4b)

36. UAN-SMP-04-20
Faktor dari 36x4 – 100y4 adalah ...
A.  
(6x2 – 10y2) (6x2 + 10y2)
B.  
(6x2 – 10y2) (6x2 – 10y2)
C.  
(18x2 – 50y2) (18x2 + 50y2)
D.  
(18x2 – 50y2) (18x2 + 50y2)

37. UAN-SMP-03-32
Pemfaktoran bentuk 16x4 – 36y4 adalah ...
A.  
(4x2 – 9y2) (4x2 – 4y2)
B.  
(8x2 + 6y2) (2x2 – 6y2)
C.  
4 (2x2 + 3y2) (2x2 – 12y2)
D.  
4 (2x2 – 3y2) (2x2 + 3y2)

38. EBTANAS-SMP-01-33
Salah satu faktor dari 6x2 + x – 5 = 0 adalah ...
A.      (x + 1)
B.      (x – 1)
C.      (2x – 5)
D.      (3x + 5)
39. EBTANAS-SMP-95-18
Pemfaktoran dari 25x2 – 36y2 adalah ...
A.      (5x + y) (5x – 36y)
B.      (5x + 6y) (5x – 6y)
C.      (5x + 4y) (5x – 9y)
D.      (5x + 9y) (5x – 4y)
40EBTANAS-SMP-97-28
      Bentuk                               2
4x xy+y dapat difaktorkan menjadi ...
                                22               1
9                 3               4
A. ()2
4xy
1
                  9        4
B.()2
4x+y
1
                  9        4
C. ()2
2 x y
1
                  3        2
D. (   )2
2 xy
1
32
41. EBTANAS-SMP-95-19
Jika 6x2 – 1 1x – 2 difaktorkan, maka pemfaktorannya adalah ...
A.      (3x – 2) (2x + 1)
B.      (3x + 2) (2x – 1)
C.      (6x + 1) (x – 2)
D.      (6x – 1) (x + 2)

Text Box:  Text Box: adalah ...Text Box: A.Text Box: 34 x −Text Box: 4Text Box: xText Box: −Text Box: 23
x +Text Box: xText Box: −Text Box: 6Text Box: 3yText Box: +Text Box: xText Box: 3yText Box: xText Box: −Text Box: 3yText Box: +Text Box: xText Box: 3yText Box: +Text Box: xText Box: −Text Box: xText Box: −Text Box: 2Text Box: A. +
312 x A.  x − 1
 2 −
x 9  2 (49)(23) xx
+ −
B. −
312 x B.  x − 1
 2 −
x 9   
   x + (49)(23)
x +
C. D.  312 x
+ C. D.   x − 1
 3 −
x 27
−
312 x   
   2
x (49)(23)
− x −
x − 1
 3 −
x 27   
   2
(4x − +
x
9)(23)Text Box: 47. UN-SMP-07-10Text Box: 2512
2
xx adalah ...
−−
Bentuk paling sederhana dari
49
x2 −Text Box: x
+4Text Box: 23
x −Text Box: 31 −
A. (49 )( 23) x  xx
2 +−
31 −
B. ( 4 9 )( 2 3)
x 
x x
2 + +
31
+
C. (49)(23) x  xx
2 +−
31
+
D. ( 4 9 )( 2 3)
x 
x x
2 + +Text Box: 53. EBTANAS-SMP-89-07Text Box: 32
x−Text Box: x
+2Text Box: 32
x +Text Box: 56Text Box: 2Text Box: + xText Box: 3Text Box: 2xText Box: −Text Box: Hasil dariText Box: adalah ...Text Box: adalah ...Text Box: 3Text Box: xText Box: 50. UAN-SMP-03-33  Bentuk sederhana dariText Box: 46. UAN-SMP-02-32Text Box: 2+
− x 9Text Box: xText Box: 4Text Box: 1681
x4 −Text Box: +Text Box: 5Text Box: xText Box: 23
x −Text Box: x
+4Text Box: B.Text Box: 4Text Box: −Text Box: 3xText Box: A.Text Box: C.Text Box: C.Text Box: 4Text Box: −Text Box: xText Box: 29
x +Text Box: D.Text Box: 48. UAN-SMP-04-21 Text Box: 673
2
+−Text Box: xx disederhanakan menjadi ...Text Box: PecahanText Box: 1681
x4−Text Box: 29
x −Text Box: C.Text Box: x
+5Text Box: 23
x +Text Box: E.Text Box: 34 x −Text Box: 34
x +Text Box: 3Text Box: xText Box: −Text Box: 2 −+
918 xText Box: xText Box: 52. EBTANAS-SMP-92-36 Bentuk sederhana dari Text Box: adalah ...Text Box: 2Text Box: 31310 xx
−−Text Box: adalah ...Text Box: adalah ...Text Box: 2Text Box: 2 −Text Box: 21115 xxyy
+Text Box: 2Text Box: −−+
215 xxyy
2Text Box: 49. UN-SMP-05-21  Bentuk sederhanaText Box: Bentuk yang paling sederhana dari pecahanText Box: 94
x2−Text Box: 5Text Box: −Text Box: xText Box: A.Text Box: C.Text Box: 32
x −Text Box: x
+5Text Box: 32
x +Text Box: A.Text Box: C.Text Box: E.Text Box: G.Text Box: yText Box: 3x +Text Box: C.Text Box: E.Text Box: −Text Box: 3xText Box: yText Box: 33 x y +Text Box: 3Text Box: +Text Box: xText Box: yText Box: 31120 xx
2 +−Text Box: 612 xx 2 +−Text Box: 51. EBTANAS-SMP-00-34Text Box: Bentuk paling sederhana dariText Box: 1Text Box: 1Text Box: x+6Text Box: 1Text Box: 3Text Box: −Text Box: xText Box: 1Text Box: x+3Text Box: A.Text Box: C.Text Box: E.Text Box: G.

54. EBTANAS–SMP–87–2
58. EBTANAS-SMP-85-28

Jika adalah
3 4
x    disederhanakan   hasilnya
Jika maka
x = 2p - 4q dan y = -4p + 2q,
2 x 23 xy + y2
=

pecahan
2 −+
44 x x
...

nilai              2           2                  ...
x y

A.
1
x
4
A.
3 q

+
pq
45 q q

B.
x +2 ()
B.

(2)x

+
pq 5 4
p q

C.
x 2 ()
C.

(2)x+

+
pq

D.
1
x



4
D.
5 q


55. EBTANAS-SMP-88-10
33
p                  dapat disederhanakan
Bentuk pecahan
pp
2 −+ 21 menjadi ...
Text Box: C.  3
  Text Box: p + 1Text Box: + 1Text Box:  Text Box: −Text Box:  Text Box: +Text Box: 3Text Box:  Text Box: −Text Box: 1Text Box: 1Text Box: 1Text Box: pText Box: pText Box: pText Box: A.Text Box: B.Text Box: 14x2Text Box: −disederhanakan akan menjadi ...Text Box: JikaText Box: 2Text Box: 273 xx
− +56. EBTANAS-SMP-86-24
Text Box: xText Box: 21 −A.
3 x B.       3
21
x
x
21
Text Box: C. x +
x+ 3
pq
+
59. UAN-SMP-02-33
Daerah hasil fungsi f(x) = 5 – 2x2 dengan daerah asal
{2, 3, 4, 5} adalah ...
A.      {9, 23, 37, 55}
B.      (21, 41, 68, 105}
C.      (1, –1, –3, –5}
D.      (–3, –13, –27, –45}
60. EBTANAS-SMP-01-37
Salah satu penyelesaian dari persamaan 2x2 + bx + 36 = 0 adalah x1 = 3, maka nilai b = ...
A.         12
B.           6
C.      –18
D.      –36
61. UN-SMP-05-25
Sebuah persegi panjang memiliki ukuran panjang
(3x – 3) cm dan lebar (x + 1) cm. Jika luasnya 72 cm2, lebarnya adalah ...
A.      4 cm
B.      6 cm
C.      8 cm
D.      9 cm

Text Box:  Text Box: −Text Box: xText Box: 3Text Box: xText Box: 3−x (2)(1)(1) xxx
++−Text Box: 3Text Box: 57. EBTANAS-SMP-86-25Text Box: Sederhanakanlah!Text Box: 2Text Box: 22++
+x − xx
2 32Text Box: +5
A. (2)(1)(1)
++−
+1
B. (2)(1)(1)
++−
−5
C. (2)(1)(1)
++−
21
x
+()
x+5 
D.Text Box: 62. UN-SMP-06-26 
Lintasan lembing yang dilemparkan seorang atlet mempunyai persamaan h(t) = 40t – 5t2 dengan h menunjukkan tinggi lembing dalam meter dan t menunjukkan waktu dalam detik. Tinggi maksimum lintasan lembing tersebut adalah ...
A. 40 m
B. 60 m
C. 75 m
D. 80 mD.
21 x +


63. UN-SMP-06-27
Taman berbentuk trapesium sama kaki dengan panjang sisi-sisi sejajarnya (x + 4) m dan (3x + 2) m. Jika jarak kedua garis sejajar 2x m dan luas taman 180 m2, keliling taman adalah ,,,
A.      54 m
B.      56 m
C.      65 m
D.      69 m
64. UAN-SMP-02-35
Diketahui x1 dan x2 adalah penyelesaian dari persamaan 2x2 + 3x – 35 = 0. Bila x1 > x2, maka nilai dari 2x1 . 2x2 adalah ...
A.
1
17
2
B.
–35
C.  
–70
D.  
–140

65. EBTANAS-SMP-95-20
Himpunan penyelesaian dari 6x2x – 35 = 0 adalah ...
A.         (             3 )
2 1 ,2
1
2
B.     (         3 )
2 1 ,2
1
2
C.     (                 3 )
2 1 ,2
1
2
D.         (        3 )
2 1 ,2
1
2
66. EBTANAS-SMP-96-11
Himpunan penyelesaian dari persamaan x2 – 2x – 24 = 0 adalah ...
A.  
{–4, 6}
B.  
{4, –6}
C.  
{–4, –6}
D.  
{4, 6}

67. EBTANAS-SMP-97-32
Himpunan penyelesaian dari persamaan 6x2 + 1 1x = 10 adalah ...
A.
1
{2,
2
2}
3
B.
1
{–2,
2}

2
3
C.
1
{2,
2 }

2
3
D.
1
{–2,
2}

2
3

68. EBTANAS-SMP-94-10
Himpunan penyelesaian dari 2x2 – 2 x – 12 = 0 adalah ...
A.
{3, –2}
B.
{3, 2}
C.
{–3, 2}
D.
{–3, –2}

69. EBTANAS–SMP–87–46
Penyelesaian dari 15 – 2yy2 = 0 antara lain ...
A.       y1 = –5, y2 = 3
B.       y1 = 5, y2 = 3
C.      y1 = 5, y2 = –3
D.      y1 = –5, y2 = –3
70. EBTANAS-SMP-92-37
Jika x1 dan x2 merupakan penyelesaian dari persamaan
x2 – 10x + 24 = 0 dan x1 > x2, maka nilai x1 + 2x2 = ...
A.      –16
B.         8
C.         14
D.         16
71. EBTANAS-SMP-93-12
Jika x1 dan x2 merupakan penyelesaian dari
2x2 + 3x – 5 = 0, maka nilai dari x1 + x2 adalah ...
A.      3 1
2
B.       1 1
2
C.      –1 1
2
D.      –3 1
2
72. EBTANAS–SMP–87–10
Dari persamaan kuadrat ax2 + bx + c = 0, maka x dapat dicari dengan rumus ...
Text Box:  Text Box: bb2ac
± −4Text Box: A.Text Box: xText Box: =2
Text Box:  Text Box: 2 −Text Box: B.Text Box: bb
±Text Box: 4acText Box: xText Box: =2a
Text Box:  Text Box: 2 −Text Box: bb
±Text Box: 4acText Box: xText Box: =Text Box: C.a
Text Box: 2 −Text Box: bb−Text Box: 4acText Box: xText Box: =Text Box: D.2a
73. EBTANAS-SMP-94-36
Faktorkanlah x2 – 3x – 40, dengan lebih dulu mengubah –3x menjadi penjumlahan dua suku !
74. EBTANAS-SMP-89-39
Sebidang taman berbentuk persegi panjang, ukuran lebarnya 5 m kurang daripada panjangnya sedang luasnya 126 m2.
a.       Buatlah persamaan yang menunjukkan hubungan antara panjang, lebar; dan luas taman itu, dalam bentuk umum!
b.       Dengan menyelesaikan persamaan yang kamu dapatkan hitunglah ukuran panjang taman itu !

75. EBTANAS–SMP–87–32
Pada sebuah persegi panjang diketahui kelilingnya 42 cm, sedang luasnya 80 cm2. Hitunglah panjang persegi panjang itu !
A.      10 2 1 cm
B.      16 cm
C.      20 cm
D.      30 2 1 cm
76. EBTANAS–SMP–87–40
Luas suatu persegi panjang dinyatakan dengan rumus
L = p l , maka yang salah adalah ...
A.      L = 150 cm2, jika p = 25 cm, l = 6 cm.
B.      L = 8,75 cm2, jika p = 3,5 cm, l = 2,5 cm.
C.      L = 1,33 cm2, jika p = 19 cm, l = 7 cm.
D.      L = 455 cm2, jika p = 37 cm, l = 15 cm.
77. EBTANAS-SMP-88-38
Suatu kolam panjangnya 2x meter, lebarhya (x – 3) meter dan dalamnya 1,5 meter. Volume air kolam itu 30 meter kubik.
a.       Susunlah persamaan dalam x, kemudian selesaikan
b.       Tentukan panjang dan lebar kolam.

Fungsi Kuadrat
01. EBTANAS-SMP-93-08
Perhatikan grafik di samping !
Jika fungsi grafik tersebut
Text Box: 5Text Box:  ditentukan dengan rumus                             –1
g(x) = x2 – 4x – 5, nilai mini- mum fungsi tersebut adalah ...
A.  
–11
B.  
–9
C.  
2
D.  
18
Text Box:  02. EBTANAS-SMP-94-06  Persamaan sumbu simetri untuk grafik di samping adalah ...
A.       x = 3
B.       x = –1                               y = x2 + 2x -19
C.      x = –5
D.      x = –15
03. EBTANAS-SMP-96-06
Pembuat nol fungsi dari grafik di bawah adalah ... A. x = –2 atau x =0
B.       Text Box:  Text Box: 3x = –2 atau x = 3                   –2
C.      x = 3 atau x = –6
D. x = 0 atau x = 3                              –2
04. EBTANAS–SMP–87–39
Fungsi kuadrat f (x) = x2 – 4x – 12 diagramnya ada di bawah. Mana pernyataan-pernyataan yang benar ?
A.  Text Box:  Persamaan sumbu simetri x = 2
B.  Nilai                                                                             minimum
fungsinya +16
C.  Himpunan dari daerah asal di mana f (x) < 0 ialah {x I 2 < x < 6}
D.  Titik potong para­bola dengan sumbu y adalah (–12, 0)
05. EBTANAS-SMP-88-09
Text Box:  Persamaan sumbu simetri     f : x x2-2x-3
parabola di samping adalah ...
A.       x = –2
B.       x = –1
C.      x = 1
D.      x = 3

Text Box: 07. EBTANAS-SMP-88-29  Gambar di samping adalah grafik dari suatu fungsi kuadrat. Pembuat nol fungsi itu adalah ...
A. 3 dan –5
B. –1 dan –15
C. –5 dan –15
D. 3 dan –1506. EBTANAS-SMP-89-21
Text Box:  Bentuk fungsi kuadrat dari kurva di samping adalah ...
A.                   f : x -* x2 – 3x – 4
B.                   f : x -* x2 – 2x – 4
C.                  f : x -* x2 + 2x – 4
D.                  f : x -* x2 + 3x – 4
08. EBTANAS-SMP-85-46
Gambar di samping adalah kurva y = x – 4x + 3; garis g melalui titik-titik B dan C Persamaan garis itu , adalah ...
A.    x + y – 3 = 0
B.    x – y + 3 = 0
C.    x – y —3 = 0
D.    x + y + 3 = 0
09. UAN-SMP-04-37
Text Box:  Text Box:  Text Box: 10. EBTANAS-SMP-91-33Text Box: Grafik fungsi kuadrat f : x -* x2 – 6x, x ∈ R adalah ...Grafik dari fungsi f(x) = x2 – 4x + 3 dengan daerah asal {x I 0 < x < 4, x E R} adalah ...

11. UN-SMP-05-23
Grafik fungsi f(x) = x2 – 2x – 3 dengan daerah asal x E R adalah ...
Text Box:  A.              Y
1    0          3  X
B.                                Y
Text Box:  Text Box: C. YText Box: XText Box: –1 0 3Text Box: D. YText Box: XText Box: –3 0 1Text Box: –3 0Text Box: 1  X12. UAN-SMP-03-34
Grafik fungsi f(x) = x2 + 3x – 10 dengan daerah asal
{ x I x bilangan real} adalah ... A.                B.
Text Box:  Text Box: -2 5 -5Text Box:  Text Box: 2Text Box: C. D.Text Box: 5 -5Text Box: -2Text Box: 2Text Box:  13. EBTANAS-SMP-92-33 Perhatikan grafik fungsi
f(x) = 8 Koordinat
A.      {–3,
B.      (–2,
C.      (–1,
D.      (–1,
– 2xx2 di samping. titik baliknya ... 5}
10)

7
9) 5)
–4
2

14. EBTANAS-SMP-90-32  Persamaan sumbu simetri parabola pada gambar di samping adalah ...
A.       x = 1
B.       x = 1,5
C.      x = 2
D.      x = –2
21. EBTANAS-SMP-86-54
Pernyataan di bawah ini yang benar untuk fungsi: y = x2 – 2x – 3 adalah ...
A.       y = –3 untuk x = l
B.       y = 0 untuk x = 2 atau x = l
C.      y = 0 untuk {x I x ~ 1 atau ~ 3, x E R}
D.      y ~ 0 untuk {x I – 1 ~ x ~ 3, x E R}

15. EBTANAS-SMP-97-31
22. EBTANAS-SMP-85-16

Jika x ER, f (x) = 2 2 1 x – l dan F (x) = x2 – 5x + 8, maka

Nilai maksimum grafik fungsi f : x -* x2 – 2x – 3 adalah

A.
-4

pernyataan yang benar adalah ...

B.
-4
1
A. f (2) = 2 F (2)

C.
-5
2
B. f (2) = 2 1 F (2)

D.
-5
1
C. f (4) = 2 F (4)



2
D. f (4) = 2 1 F(4)









16. EBTANAS-SMP-97-40  Diketahui f(x) = x2 – 2x – 8 Tentukanlah :
a.       pembuat nol fungsi
b.       persamaan sumbu simetri
c.        nilai balik fungsinya
d.       koordinat titik balik
17. EBTANAS-SMP-99-34
Persamaan sumbu simetri pada grafik
f(x) = –x2 + 2x + 15 adalah ...
A.       x = 2,5
B.       x = 2
C.      x = 1,5
D.      x = 1
18. EBTANAS–SMP–87–09
Daerah asal fungsi f (x) = x2 – 6x + 5 adalah
{x I l ~ x ~ 5, x E R} maka titik baliknya adalah ...
A.
(1, 0)
B.
(2, –3)
C.  
(3, –4)
D.  
(–2, 3)

19. EBTANAS-SMP-86-21
Jika f (x) = x2 – 2x, x E R maka bayangan –2 oleh f adalah ...
A.  
0
B.  
–8
C.  
8
D.  
6

20. EBTANAS-SMP-86-22
Suatu fungsi kuadrat didefinisikan f (x) = 12 + 4xx2. Jika daerah asal adalah {x I –3 ~ x ~ 6, x E R}, maka pernyataan yang becar adalah ...
A.      titik balik maksimum adalah titik (2, 16)
B.      titik balik maksimum adalah titik (16, 2)
C.      tifik balik minimum adalah titik (2, 16)
D.      titik balik minimum adalah titik (16, 2)23. EBTANAS-SMP-85-31
Koordinat titik balik maksimum kurva parabola
Text Box: 1
y = – 2x2 + 4x – 3 2 1 dengan x E R dan y E R ialah ...
A.         (4, 4 2 1 )
B.         (–4, 4 2 1 )
C.         (4, –4 2 1 )
D.         (–4, –4 2 1 )
24. UAN-SMP-03-35
Nilai minimum dari f(x) = 2x2 + 14x + 24 adalah ...
A.          2
-
1
B.       2 -12
1
C.         – 24
D.         – 25
25. UAN-SMP-04-39
Diketahui suatu fungsi f(x) = x2 + 6x – 16, dengan x E R. Nilai minimum fungsi f adalah ...
A.         –8
B.         –16
C.         –25
D.         –40
26. UN-SMP-05-24
Diketahui fungsi f(x) = 3x2 – 2x – 5. Nilai f( 2
- ) = ...
1
A.      4 -4
1
B.       4 - 3
1
C.           4
3
1
D.           4
4
1

27. EBTANAS-SMP-01-34
Suatu fungsi f(x) = –2x2 + 4x – 1 dengan daerah asal {–1, 0, 1 } maka daerah hasilnya adalah ...
A.      {–1, 5, 9}
B.      {–7, –1, 9}
C.      {–7, –1, 1}
D.      {–1, 1, 5}
28. EBTANAS-SMP-95-16
Jika titik A (4, m) terletak pada grafik fungsi dengan rumus f(x) = 6 + 4x – 2x2, maka nilai m adalah ...
A.      –10
B.      –6
C.           6
D.      10

Pertidaksamaan
01. EBTANAS-SMP-95-01
Himpunan penyelesaian dari 2x – 3 < 7, x E R (bilangan cacah), adalah ...
A.         {0, 1, 2}
B.         {0, 1, 2, 3, 4}
C.         {0, 1, 2, 3, 4, 5}
D.         {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10}
02. EBTANAS-SMP-91-16
Himpunan penyelesaian dari –2x + 3 < –7, x A adalah

...
A.          Text Box: 29. UAN-SMP-04-40 
Salah satu koordinat titik potong dari grafik fungsi f(x) = x2 + 2x – 3 dengan garis y = x – 1 adalah ...
A. (–2, 0)
B. (0, –3)
C. (–2, –3)
D. (–3, –2)
30. EBTANAS-SMP-01-36 
Titik potong grafik y = x2 – 8x + 12 dengan garis
y = x – 2 adalah ...
A. (7, 5) dan (–2, 0)
B. (–7, 5) dan (2, 0)
C. (7, –5) dan (–2, 0)
D. (7, 5) dan (2, 0)
31. UAN-SMP-03-37 
Salah satu titik potong grafik fungsi f(x) = x2 – 2x – 3 dengan garis 2x + y – 1 = 0 adalah ...
A. (2, –3)
B. (2, –5)
C. (–2, 3)
D. (–2, –5){1, 2, 3, 4}
B.          {1, 2, 3, 4, 5}
C.          {5, 6, 7, 8, ...}
D.          {6, 7, 8, 9, ...}
03. UN-SMP-06-04
Himpunan penyelesaian dari 3 – 6x ~ 13 – x untuk x C himpunan bilangan bulat adalah ...
A.          {..., –5, –4, –3}
B.          {–3, –2, –1, 0, ...
C.          {..., –5, –4, –3, –2}
D.          {–2, –1, 0, 1, ...}
04. EBTANAS-SMP-01-13
Himpunan penyelesaian dari –4x + 6 ~ –x + 18, dengan bilangan bulat, adalah ...
A.          {–4, –4, –2, ... }
B.          {–8, –7, –6, –5, –4, ... }
C.          { ... –10, –9, –8}
D.          { ... –6, –5, –4}
05. EBTANAS-SMP-93-13
Himpunan penyelesaian dari 3x – (2 + 5x) < 16, x E R adalah ...
A.  { x | x ~ 4 2, x E R}
1
B.  { x | x ~ 4 , x E R}
9
C.  { x | x ~ –9, x E R}
D.  { x | x ~ –9, x E R}
06. EBTANAS-SMP-89-02
Himpunan penyelesaian dari (x + 2) + 3 (x – 4) ~ 5,
x A adalah ...
A.          {2, 3, 4, 5, ...}
B.          {3, 4, 5, 6, ...}
C.          {4, 5, 6, 7, ...}
D.          {5, 6, 7, 8, ...}

Text Box: o
0 5Text Box: A.   Text Box: 0 5Text Box: D.  
 0 5Text Box: 15. EBTANAS-SMP-92-38Text Box: B.Text Box:  Text Box:  07. EBTANAS-SMP-89-11
Himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan
2(3x – 4) – 3(4 –3x) < 10, x R adalah ...
A.         {x I x > 2}
B.         {x I x > –2}
C.         {x I x < 2}
D.         {x I x < –2}
08. EBTANAS-SMP-93-04  Diketahui S = {0, 1, 2, 3, ... , 20}
Jika A = { x I x ~ 10, x E B}, maka A’ = ...
A.         { x I 10 < x < 20, x E S}
B.         { x I 10 ~ x ~ 20, x E S}
C.         { x I 11 < x < 20, x E S}
D.         { x I 11 ~ x ~ 20, x E S}
09. EBTANAS-SMP-93-06
Himpunan penyelesaian dari 2x + 3 < 27 + 4x dengan x bilangan bulat adalah ...
A.         { x I x > –12, x E B)
B.         { x I x > 4, x E B)
C.         { x I x < 4, x E B)
D.         { x I x < –12, x E B)
10. EBTANAS-SMP-85-49
Pertidaksamaan 5x + k < x + 16 , x variable pada {1, 2, 3, 4} dan k bilangan asli genap.
Nilai k yang paling besar adalah ...
A.  
10
B.  
8
C.  
14
D.  
12

11. UN-SMP-07-08
Penyelesaian dari pertidaksamaan
1 (2x – 6) ~ 3 2 (x – 4)
2
adalah ...
A.       x ~ -17
B.       x ~ -l
C.      x ~ 1
D.      x ~ 17
12. EBTANAS-SMP-96-04
Text Box:  Text Box: -2 -1 0 1 2 3 4 5 6Grafik himpunan penyelesaian dari 2x + 4 < 10, jika variabel pada himpunan bilangan bulat adalah ... A.
Text Box: B. 
C.  D.-2         -1         0         1         2          3          4          5          6
-2         -1         0          1          2          3          4          5         6
-2         -1         0          1          2          3          4          5         6

13. EBTANAS-SMP-91-37
Grafik selang dari {x I x < –5 atau 5 < x, x R} adalah ...
14. EBTANAS-SMP-94-09
Grafik selang dari {x I 0 ~ x ~ –5} adalah ...
Text Box: o oText Box: 0 5A.
–5                            4
Notasi membentuk himpunan dari grafik selang (interval) di atas ...
A.         {x I x < –2 atau x > 6}
B.         {x I x ~ –2 dan x ~ 6}
C.         {x I x ~ –2 atau x ~ 6}
D.         {x I x ~ –2 dan x ~ 6}
16. EBTANAS-SMP-97-33
Diketahui A ={ x I –2 ~ x ~ 3} dan B { x I x ~ 2},
maka A n B adalah ...
A.         { x I 2 ~ x ~ 3}
B.         { x I –3 ~ x ~ 2}
C.         { x I –2 ~ x ~ 3}
D.         { x I –2 ~ x ~ 2}
17. EBTANAS-SMP-90-38
Text Box:  Text Box: 3Text Box: −Text Box: 2Text Box: 4Text Box: -2 3Text Box: A. 
B. 
C. 
D.Text Box: -2 3Text Box: 4Text Box: 3Text Box: −Text Box: 2Grafik himpunan penyelesaian dari: 2x2 – 5x – 12 = 0, x R adalah ...

18. EBTANAS-SMP-88-05
Notasi pembentuk himpunan untuk grafik di atas adalah ...
A.      (x I x ~ 8 atau x < 5)
B.      {x I x > 8 atau x ~ 5}
C.      C {x I 5 ~ x ~ 8}
D.      (x I 5 ~> x ~ 8}
19. EBTANAS-SMP-86-2
Grafik selang di atas jika dinyatakan dengan notasi pembentuk himpunan adalah ...
A.      {x I x ~ 2 atau x ~5}
B.      {x I x < 2 atau x > 5}
C.      {x I 2 < x < 5}
D.      {xI 2 ~ x ~ 5}
20. EBTANAS-SMP-98-32
Grafik himpunan penyelesaian x2 – 4x + 4 > 0, x bilangan riel adalah ...
Text Box:  A,                      O                          B. _______ O
Text Box:  C.                      O                          D.
21. EBTANAS-SMP-96-12
Grafik himpunan penyelesaian dari x2 + 4x – 12 > 0 adalah ...
A.
Text Box: B. 
C.  D.-6                                         2
-6                                         2
Text Box:  -6                                                               2
-6                                                                             2
22. EBTANAS-SMP-98-38
Diketahui pertidaksamaan kuadrat 3x2x – 10 > 0 dengan x bilangan riel (R).
a.       Tentukan himpunan penyelesaian dengan cara memfaktorkan.
b.       Gambarlah grafik himpunan penyelesaian itu pada garis bilangan
23. EBTANAS-SMP-95-21
Himpunan penyelesaian dari x2 + 4x – 5 ~ 0 adalah ...
A.      { x } –5 ~ x ~ 1 , x E R}
B.      { x } x ~ –5 atau x ~ 1 , x E R}
C.      { x } –1 ~ x ~ 5 , x E R}
D.      { x } x ~ -1 atau x ~ 5 , x E R}

24. EBTANAS-SMP-99-36
Himpunan penyelesaian dari 2x2x – 15 ~ 0, x E R adalah ...
1
A. { x I –3 ~ x ~ –2, x E R}
2
1
B. { x I –3 ~ x ~ 2, x E R}
2
C.         { x I 2 1 ~ x ~ 3, x E R}
2
D.         { x I –21 ~ x ~ 3, x E R}
2
25. EBTANAS-SMP-91-38
Himpunan penyelesaian dari x2 + 5x – 6 ~ 0, x E R adalah ...
A.  
{x I x ~
6
atau x ~ –1, x E R}
B.  
{x I x ~
6
dan
x ~ –1, x E R}
C.  
{x I x ~
1
atau
x ~ –6, x E R}
D.  
{x I x ~
1
dan
x ~ –6, x E R}

26. EBTANAS-SMP-85-38  Himpunan penyelesaian
3 2 1 x + 13 ~ 1 2 1 x2 dengan x E R ialah ...
A.{x I –4 3 1 ~ x < 2}
B. {x I x ~ –2 atau x ~ 4 3 1 } C {x I –2 ~ x ~ 4 3 1 }
D. {x I –4 3 1 ~ x atau 2 ~ x}
27. EBTANAS-SMP-97-13
Grafik himpunan penyelesaian { (x, y) I x < 4, x E R} adalah ...
A.              y                                B.                 y
Text Box:   x  Text Box:  Text Box: xText Box: C. yText Box: D. y______ x
x
28. EBTANAS-SMP-90-18
Daerah arsiran pada diagram dibawah ini yang dinotasikan dengan {(x, y) I x > 3 dan y ~ 2, x, y E R} adalah ...
A.                      B.                            C.                  D.

Text Box:  Text Box: 29. UAN-SMP-03-18 
Daerah arsiran yang merupakan tempat kedudukanText Box: 3 3Text Box: 0 0Text Box: 3Text Box: 1 1Text Box: C. D.
6 6Text Box: 3 3Text Box: -1 3 -1 330. EBTANAS-SMP-92-16
Grafik Cartesius dari himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan : y < 2x dan y < –3x adalah ...
A. y=–3x                                       B. y=–3x
Text Box:  Text Box:  Text Box: y=2xy=2x
Text Box: D. y=–3xText Box: y=2xC. y=–3x
y=2x
31. EBTANAS-SMP-95-05
Daerah yang diarsir pada grafik,yang menyatakan himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear
x + y = 2, y – 2x = 2, x E R adalah ...
Text Box:  Text Box:  I.                                                 II.
Text Box: 22
Text Box: 2 1Text Box: 21
III.                                              IV.
A.      Text Box:  Text Box: 2 -2Text Box: -2Text Box: 2Text Box: 1Text Box: 2Text Box: 1Text Box: 2I
B.      II
C.      III
D.      IV

32. EBTANAS-SMP-91-18
Himpunan penyelesaian dari {(x, y) | y < x + 2, x, y R} dan { (x, y) | y > x, x, y R } dinyatakan dengan daerah arsiran adalah ...
33. EBTANAS-SMP-89-17
Himpunan Penyelesaian dari sistem pertidaksamaan
x + y ~ –1 dan x + y ~ 1 dinyatakan dengan arsir adalah ...

34. EBTANAS-SMP-94-05
Grafik himpunan penyelesaian pertidaksamaan
x + 2y ~ 4 , yE R adalah ...
A.                                                B.
35. EBTANAS–SMP–87–19
Grafik himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan
x + 2y ~ 4, untuk x, y A berupa ...
A.      bagian bidang
B.      noktah-noktah
C.      garis lurus
D.      gans lengkung
36. EBTANAS-SMP-01-15
Daerah yang diarsir berikut ini yang menyatakan tempat kedudukan dari { p I OP < 4} adalah ...
Text Box:  Text Box:  A.                                                B.

38. EBTANAS–SMP–87–48
Manakah di antara titik-titik di bawah ini yang terletak pada daerah {(x, y) I y > x } n {(x, y) I x + 2y < 0, x, y R}
A.
(–2, 1)
B.
(–3, –2)
C.  
(1, 3)
D.  
(–3, –1)

39. EBTANAS-SMP-89-18
Sehelai kertas berukuran 15 cm x 24 cm. Kertas itu dipotong menurut kelilingnya x cm, sedemikian sehingga sisa luas kertas itu maksimal 136 cm2.
Nilai x adalah ...
A.      3 2 1 < x < 16
B.    x < 3 2 1 atau x > 16
C.      3 2 1 ~ x ~ 16
D.    x ~ 2 2 1 atau x ~ 16
40. EBTANAS-SMP-85-02
Jika ditentukan –l < p < 0 < q < l, maka pernyataan yang benar adalah ...
Text Box: > q1
A.         2
p
B.    p2 ~ q2
Text Box: < p1
C.                                 2
q
D. q2 > p2

Text Box:  C.                                                D.
37. UAN-SMP-02-14
Perhatikan gambar di samping ini ! Notasi pembentuk himpunan
untuk titik P yang berada
Text Box: (5,0)di daerah arsiran adalah ...
(-         )
A.         { (x, y) I y ~ –4 dan x – 3y ~ 5, x, y E R} n { P I OP < 5}
B.         { (x, y) I y ~ –4 dan x – 3y ~ 5, x, y E R} n { P I OP < 5}
C.         { (x, y) I y ~ –3 dan x – 3y ~ 5, x, y E R} n { P I OP < 5}
D.         { (x, y) I y ~ –3 dan x – 3y ~ 5, x, y E R} n { P I OP < 5}

Translasi, Rotasi, Dilatasi
01. EBTANAS-SMP-95-35
Text Box: 4 P
3Text Box: B. 43 P’
C. 31 O
D. 4 1Text Box: A.Text Box:  Dari gambar di samping. OP’ = k OP. Nilai k adalah ...
02. UAN-SMP-04-32
Perhatikan gambar di bawah ini !
Text Box:  
nilai k adalah ...Bila titik A didilatasi oleh [C, k] artinya dengan pusat C dan faktor skala k, ba­yangannya adalah G, maka
A.  
–2
B.  
1

2
C.
1

2
D.
2

03. EBTANAS-SMP-92-31
Koordinat titik P’ (–6, 9) diperoleh dari titik P (2, –3) dengan perkalian/dilatasi (O, k). Nilai k adalah ...
A.  
–3
B.  
1
3
C.  
1

3
D.  
3

04. EBTANAS-SMP-94-31
Bayangan titik P (–2, 6) oleh dilatasi (O, –1) adalah ...
A.  
P’ (2, –8)
B.  
P’ (–3, 5)
C.  
P’ (–2, 5)
D.  
P’ (2, 7)

05. EBTANAS-SMP-93-41
Bayangan titik P pada dilatasi (O, –3) adalah (–12, 15), maka koordinat titik P adalah ...
A.  
(–4,5)
B.  
(4, –5)
C.  
(36, –45)
D.  
(–36, 45)

06. EBTANAS-SMP-86-07
Bayangan titik (2, –4) terhadap garis x = 2 adalah ...07. EBTANAS-SMP-90-30
A.  
(4,
–4)
B.  
(4,
–8)
C.  
(2,
–4)
D.  
(2,
–8)
Pada dilatasi terhadap titik pusat (1, 1) dengan faktor skala k = –2, bayangan titik P (3, 2) adalah ...
A.  
P' (–1, 2)
B.  
P' (–3, –l)
C.  
P' (3, 0)
D.  
P' (5, 3)

08. UN-SMP-06-20
ABCD adalah jajaran genjang dengan koordinat titik A (1, 2), B (7, 2) dan C (10, 8). Pada dilatasi dengan pusat O (0, 0) dan faktor skala k = 2
, koordinat bayangan
1
titik D adalah ...
A.  
(–2, –4)
B.  
(–8, –16)
C.  
(2, 4)
D.  
(6, 10)

09. EBTANAS-SMP-88-19
Pada pencerminan terhadap garis x = 2, koordinat bayangan titik (–3, 5) adalah ...
A.  
(–3, –1)
B.  
(7, 5)
C.  
(–1, 5)
D.  
(–6, 5)

10. EBTANAS-SMP-95-28
Koordinat bayangan titik P (–3, 1) jika dicerminkan terhadap garis x = 4 adalah ...
A.  
(11, 1)
B.  
(5, 1)
C.  
(–3, 7)
D.  
(–12, 4)

11. EBTANAS-SMP-96-19
Bayangan koordinat titik (–5, 9) jika dicerminkan ter­hadap garis x = 7 adalah ...
A.  
(–5,
5)
B.  
(–5,
23)
C.  
(12,
9)
D.  
(19,
9)

12. EBTANAS-SMP-92-18
Koordinat titik P (–5, 16) jika dicerminkan terhadap garis x = 9, maka koordinat bayangannya adalah ...
A.      P’(23, 16)
B.      P’(13, 16)
C.      P’(–5, 34)
D.      P’(–5, 2)
13. EBTANAS-SMP-91-20
Koordinat bayangan titik P (–3, 2) yang dicerminkan terhadap garis y = 5 adalah ...
A.  
(–3, –1)
B.  
(–3, 8)
C.  
(–11, 2)
D.  
(–13, 2)

14. EBTANAS-SMP-97-38
Titik A (–2, 3) dicerminkan pada garis x = 2, bayangan­nya A’. A’ dicerminkan pada garis y = –3, bayangannya A”.
a.       Buatlah gambar titik A beserta bayangan-bayangan­nya.
b.       Tentukan koordinat A’ dan A”
15. UAN-SMP-04-31
Titik P (–3, –1) setelah ditranslasi         
1   , kemudian
6
dirotasi dengan pusat (0,0) sejauh 90o berlawanan arah jarum jam. Koordinat bayangan titik P adalah ...
A.         (–7,4)
B.         (–4,7)
C.         (4, –7)
D.         (7, –4)
16. EBTANAS-SMP-88-30
Titik T (l, 3) ditranslasikan dengan         
a dan seterusnya
5
dengan      
2 . Jika bayangannya T (4, 5), maka nilai a dan
b
b adalah ...
A.      1 dan –3
B.      1 dan 3
C.      –1 dan –3
D.      –1 dan 3
17. EBTANAS-SMP-89-30
Titik Q (–3, 5) ditranslasikan dengan           
2 dilanjutkan
3
dengan      
7    maka koordinat bayangannya adalah ...
7
A.      (6, 9)
B.      (6, 14)
C.      (9, 6)
D.      (14, 6)
18. UN-SMP-05-17
Titik P (–2,3) dirotasi 90o berlawanan arah jarum jam dengan pusat O (0,0) kemudian dilanjutkan dengan refleksi terhadap sumbu y = –x. Koordinat bayangan titik P adalah ...
A.      (2, 3)
B.      (2, –3)
C.      (3, 2)
D.      (–3, 2)

19. UN-SMP-05-18
Titik P(6, –8) didilatasi dengan pusat O (0,0) dan faktor
1
skala 2
dilanjutkan dengan translasi                
7. Koordinat
5
bayangan titik P adalah ...
A.      (4, –1)
B.      (10, 9)
C.      (–4, 1)
D.      (4, 9)
20. UN-SMP-06-19
Titik E (–12, 9) ditranslasikan oleh                    ⎥⎦
10 kemudian
15
bayangannya direfleksikan terhadap garis y = 7. Koordinat bayangan titik E adalah ...
A.      (–22, –10)
B.      (–22, 20)
C.      (16, –6)
D.      (36, 24)
21. UAN-SMP-02-23
Bayangan sebuah titik M (6, -8) dirotasikan dengan pusat O sejauh 90o adalah M’. Koordinat M’ adalah ...
A.      (–8, –6)
B.      (–8, 6)
C.      (8, –6)
D.      (8, 6)
22. UAN-SMP-02-24
Sebuah persegi panjang PQRS dengan P (3, 4), Q (3, –4). Dan R (–2, –4) didilatasi dengan pusat O (0, 0) dengan faktor skala 3. Luas persegi panjang setelah dilatasi adalah ...
A.           40 satuan luas
B.         120 satuan luas
C.      240 satuan luas
D.      360 satuan luas
23. UAN-SMP-03-24
Titik A (5, –3) di translasi             
10, kemudian dilanjutkan
7
dengan rotasi yang pusatnya O dengan besar putaran 90o berlawanan arah jarum jam. Koordinat bayangan titik A adalah ...
A.      (10, –15)
B.      (–10, –15)
C.      (10, 15)
D.      (–10, 15)

24. UAN-SMP-03-25
Titik B (–8, 13) dicerminkan terhadap garis x = 16,
kemudian dilanjutkan dengan translasi          
9 . Koordinat
5
bayangan titik B adalah ...
A.  
(31, 18)
B.  
(81, 8)
C.  
(–17, 21)
D.  
(1, 14)
25. UAN-SMP-03-26
Titik (6, –9) didilatasi dengan pusat O(0, 0) dan faktor skala 3, kemudian bayangannya di translasi dengan
Text Box: ...10
. Koordinat bayangan P adalah
18
A.
(–7, 30)
B.
(7, 6)
C.
(–8, 15)
D.
(8, –9)

29. EBTANAS-SMP-98-21
Titik A (–3, 5) dicerminkan terhadap garis y = 7,
kemudian hasilnya ditranslasikan dengan       
2. Koordinat
3
bayangan akhir titik A adalah ...
A.  
(5, 12)
B.  
(–5,12)
C.  
(–1, 12)
D.  
(1, 12)

30. EBTANAS-SMP-98-22  Hasil dilatasi A PQR dengan pusat Q dan faktor skala 2
Text Box:  , A
1
Text Box:  Text Box: PText Box: QText Box: Rkemudian direfleksikan
terhadap garis FG adalah ...
A.       A GQF________________ D______
B.                    A GBF
C. A AFR                                          F
D. A PGC

B G E                          C

26. EBTANAS-SMP-01-25
Titik-titik K (–2, 6), L (3, 4) dan M (1, –3) adalah segitiga yang mengalami rotasi berpusat di O (0, 0) sejauh 180o, Bayangan K, L dan M berturut-turut adalah

...

A.  
K’ (6, –2), L (4, 3) dan M (–3, 1)
B.  
K’ (–6, 2), L (–4, 3) dan M (3, –1)
C.  
K’ (–2, –6), L (3, –4) dan M (1, 3)
D.  
K’ (2, –6), L (–3, –3) dan M (–1, 3)
27. EBTANAS-SMP-01-24
Diketahui persegi panjang PQRS dengan koordinat titik P (–5, –1), Q (3, –1) dan R (3, 8). Bayangan S pada
translasi            
2 adalah ...


3
A.  
{–7,
11}
B.  
{–7,
5}
C.  
{–3,
11}
D.  
{–3,
5}
28. EBTANAS-SMP-97-20
Koordinat titik P (4, 2), Q (9, 4) dan R (6, 8) merupakan titik-titik sudut PQR. Koordinat bayangan ketiga titik tersebut oleh dilatasi (O, 2) berturut-turut adalah ...
A.  
(0,
4),
(0, 8) dan (0, 16)
B.  
(4,
4),
(9, 8) dan (6, 16)
C.  
(6,
4),
(11, 6) dan (8, 10)
D.  
(8,
4),
(18, 8) dan (12, 16)

31. EBTANAS-SMP-99-25
Titik A (–1, 4) dicerminkan terhadap sumbu x dan
dilanjutkan dengan translasi          ⎥⎦
2 . Koordinat bayangan ⎢⎣ 5
dari titik A adalah ...
A.         (3,1)
B.         (–3, –1)
C.         (3, –1)
D.         (–3, 1)
32. EBTANAS-SMP-99-26
Segi tiga ABC dengan koordinat A (–4, 1), B (–1, 2) dan
C (–2, 4) dirotasikan dengan pusat O sebesar 90o. Koordinat titik sudut bayangan A ABC adalah ...
A.  
A’ (1, 4), B’ (2, 1), C’ (4, 2)

B.  
A’ (4, 1), B’ (1, 2), C’ (2, 4)

C.  
A’ (–4, –1), B’ (–1, –2), C’ (–2,
–4)
D.  
A’ (–1, –4), B’ (–2, –1), C’ (–4,
–2)
Text Box: ⎛⎜4
⎞ ⎟
⎝3 ⎠33. EBTANAS-SMP-00-26
Koordinat titik B (a, –7) jika ditranslasi oleh
kemudian dilanjutkan dengan translasi           
5 menghasil‑
2
kan bayangan B’ (–4, b). Nilai a dan b adalah ...
A.         a = 5 dan b = 2
B.         a = –3 dan b = –2
C.         a = –8 dan b = –5
D.         a = –6 dan b = 4

34. EBTANAS-SMP-95-29
Koordinat bayangan titik (3, 4) pada translasi     
1
9
dilanjutkan dengan       
1 adalah ...
2
A.
(4,
8)
B.
(4,
7)
C.
(3,
9)
D.
(2,
6)
35. EBTANAS-SMP-96-20
Bayangan koordinat titik A (5, –2) pada translasi ( 2)
3
yang dilanjutkan dengan translasi (3)
5 adalah ...
A.      A’ (7, –3)
B.      A’ (2, 0)
C.      A’ (10, –5)
D.      A’ (2, –1)
36. EBTANAS-SMP-93-32
Koordinat titik (3, –4) dicerminkan dengan garis
y = x, koordinat bayangan titik A adalah ...
A.      (–4, –3)
B.      (4, –3)
C.      (–3, 4)
D.      (–4, 3)
Text Box: ⎛−3
⎞
⎜ ⎟
⎝ − 2 ⎠37. EBTANAS-SMP-94-25
Koordinat bayangan titik P (–2, 6) oleh translasi
dilanjutkan dengan       
2      adalah ...
1
A.      (7, 9)
B.      (7, 3)
C.      (–3, 9)
D.      (–3, 3)
38. EBTANAS-SMP-91-31
Titik P' (3, 6) adalah bayangan titik P (x, y) karena di­kalikan terhadap titik pangkal koordinat O.
Jika OP' = 3 x OP, maka koordinat titik P adalah ...
A.      (0, 3)
B.      (1, 2)
C.      (6, 9)
D.      (9, 18)
Text Box:  39. EBTANAS–SMP–87–06  Yang menjadi bayangan titik A pada pencerminan terhadap garis x adalah titik ...
A.      B
B.      C
C.      D
D.      E

40. EBTANAS–SMP–87–13
Pada pencerminan terhadap garis PQ, M M dan N N.
Sudut antara PQ dan MN adalah ...
A.      sudut tumpul
B.      90
C.      sudut lancip
D.     
41. EBTANAS-SMP-86-14
a      dan dilanjutkan
Titik M (3, 4) ditranslasikan oleh
b
dengan translasi menghasilkan bayangan M '(8, 11).
a                                         ekuivalen dengan ...
Maka translasi       
b
3
A.  

8

B.  
8    


3


3
C.  

8
D.  
8

3

Hitung Keuangan
01. UN-SMP-07-13
Perhatikan grafik!
Dengan modal Rp 25.000,00, berapakah untung yang diperoleh?
A.      Rp 1.250,00.
B.      Rp 1.350,00.
C.      Rp 1.500,00.
D.      Rp 1.750,00.
02. UAN-SMP-03-16
Harga 18 baju Rp. 540.000,00. Harga 2 1 lusin baju
2
tersebut adalah ...
A.      Rp. 1.000.000,00
B.    Rp. 900.000,00
C.    Rp. 800.000,00
D.    Rp. 750.000,00
03. EBTANAS-SMP-99-04
Bruto dari lima barang adalah 700 kg. Setelah ditimbang, 15 % dari bruto merupakan tara. Bila berat setiap barang sama, maka neto dari masing-masing barang adalah ...
A.      105 kg
B.      119 kg
C.      161 kg
D.      595 kg
04. EBTANAS-SMP-85-41
Sejumlah uang akan dibelikan 48 buah buku dengan harga Rp 25,00 per buah, Jika harganya kini naik Rp 5,00 per buah, maka dari sejumlah uang itu akan diperoleh buku sebanyak ...
A.      45 buah
B.      40 buah
C.      44 buah
D.      35 buah

05. EBTANAS–SMP–87–15
Harga sebuah buku Rp 15.800,00. Ongkos kirim dibebankan pada pembeli sebesar 10%. Nilai buku itu sekarang ...
A.  
Rp 14.220,00
B.  
Rp 15.642,00
C.  
Rp 15.958,00
D.  
Rp 17.380,00

06. UN-SMP-07-06
Andi membeli 10 pasang sepatu seharga Rp 400.000,00, kemudian dijual secara eceran. Sebanyak 7 pasang sepatu dijual dengan harga Rp 50.000,00 per pasang, 2 pasang dijual Rp 40.000,00 per pasang, dan sisanya disumbangkan. Persentase keuntungan yang diperoleh Andi adalah ...
A.  
7 2 1 %
B.  
15%
C.  
22 2 1 %
D.  
30%

07. UN-SMP-05-03
Dengan harga penjualan Rp. 2.200.000 seorang peda­gang kamera telah memperoleh untung 10 %. Harga pembelian kamera tersebut adalah ...
A.  
Rp.      220.000,00
B.  
Rp. 1.980.000,00
C.  
Rp. 2.000.000,00
D.  
Rp. 2.420.000,00

08. EBTANAS-SMP-90-23
Harga pembelian satu lusin baju Rp. 96.000,00 bila baju itu dijual dengan harga Rp. 10.000,00 sebuah, maka prosentase untung dari pembelian, adalah ...
A.  
20%
B.  
25%
C.  
35%
D.  
40%

09. UN-SMP-06-03
Pak Hamid menjual sepeda motor seharga Rp.10.800.000,00 dengan kerugian 10 %. Harga pembelian motor Pak Hamid adalah ...
A.  
Rp. 12.000.000,00
B.  
Rp. 11.880.000,00
C.  
Rp. 11.000.000,00
D.  
Rp.     9.800.000,00

10. EBTANAS-SMP-00-05
Harga penjualan sebuah pesawat TV Rp. 5 52.000,00. Jika keuntungan diperoleh 15 %, harga pembeliannya adalah ...

A.  
Rp. 471.200,00
B.  
Rp. 480.000,00
C.  
Rp. 537.000,00
D.  
Rp. 543.720,00

11. EBTANAS-SMP-93-20
Adik menjual sepeda dengan harga Rp. 57.500,00. Dalam penjualan itu Adik mendapat laba 15 %. Maka harga pembelian sepeda itu adalah ...
A.  
Rp. 42.500,00
B.  
Rp. 48.475,00
C.  
Rp. 49.875,00
D.  
Rp. 50.000,00

12. EBTANAS-SMP-85-43
Janu mendapat untung 25% dari harga pembelian karena motornya terjual seharga Rp 625.000,00. Dengan demikian, harga pembelian motor
A.  
Rp 600.000,00
B.  
Rp 575.000,00
C.  
Rp 550.000,00
D.  
Rp 500.000,00

13. EBTANAS-SMP-94-16
Untung Rp. 12.000,00 adalah 20 % dari harga pembelian, maka harga penjualan barang tersebut adalah ...
A.  
Rp. 60.000,00
B.  
Rp. 72.000,00
C.  
Rp. 80.000,00
D.  
Rp. 96.000,00

14. EBTANAS-SMP-91-25
Seorang pedagang menjual barangnya seharga x rupiah. Dengan penjualan itu ia beruntung Rp 15.000,00 atau dengan 20% dari modalnya. Nilai x itu adalah ...
A.  
75.000
B.  
80.000
C.  
85.000
D.  
90.000

15. EBTANAS-SMP-95-37
Pak guru menyimpan uangnya di Bank sebesar
Rp. 3 50.000,00. Bank tersebut memberikan bunga 18 % per tahun. Hitung besarnya:
a.       Bunga 1 tahun
b.       Bunga 1 caturwulan
c. Tabungan pak guru setelah 4 bulan
16. UAN-SMP-03-03
Toko senang membeli 5 karung beras dengan harga Rp. 1.325.000.00 dan beras tersebut dijual lagi dengan harga Rp. 2.900,00 per kg. Jika di setiap karung beras tertulis bruto 100 kg dan tara 2 kg maka keuntungan yang diperoleh dari penjualan beras adalah ...
A.  
Rp.     87.000,00
B.  
Rp.     96.000,00
C.  
Rp. 132.000,00
D.  
Rp. 142.000,00

17. EBTANAS-SMP-97-36
Seorang pedagang membeli 1 kuintal beras seharga Rp. 120.000,00 dengan ongkos angkut Rp. 10.000,00. Kemudian beras tersebut dijual secara eceran dengan harga Rp. 1 .400,00/kg. Hitunglah :
a.       harga penjualan 1 kuintal beras
b.       untung/rugi
c. persentase untung/rugi terhadap harga pembelian dan ongkos
18. EBTANAS-SMP-89-37
Seorang pedagang beras membeli 8 karung beras dengan harga rata-rata per karung Rp 45.000,00.
3 karung dijualnya dengan harga Rp 44.500,00 per karung, sedangkan sisanya dijual dengan harga Rp 52.500,00 per karung.
a.       Berapakah harga penjualan seluruhnya?
b.       Berapa prosenkah laba yang diperoleh terhadap harga pembeliannya?
19. EBTANAS-SMP-98-05
Dalam menghadapi hari raya Idul Fitri, toko “Murah” memberikan diskon kepada setiap pembeli 20 %. Sebuah barang dipasang label Rp. 75.000,00, setelah dipotong diskon, toko itu masih memperoleh untung sebesar 25 %. Harga pembelian barang tersebut adalah ...
A.  
Rp. 45.000,00
B.  
Rp. 48.000,00
C.  
Rp. 50.000,00
D.  
Rp. 52.500,00

20. UN-SMP-05-27
Setiap hari Catur menabung sebesar Rp. 500,00. Jika hari ini tabungan Catur Rp. 12.500,00 besar tabungan Catur 13 hari yang akan datang adalah ...
A.  
Rp. 19.000,00
B.  
Rp. 18.000,00
C.  
Rp. 13.000,00
D.  
Rp.     6.500,00

21. EBTANAS-SMP-96-32
Pak Darto membuat 10 buah rak buku dengan menghabis kan dana Rp. 2.800,00 setiap buahnya. Ketika dijual 8 buah diantaranya laku dengan harga Rp. 5.000,00 per buah dan sisanya laku dengan harga Rp. 4.500,00 per buah. Keuntungan Pak Darto sebesar ...
A.  
1,33
%
B.  
7,50
%
C.  
13,30
%
D.  
75 %


22. EBTANAS-SMP-97-03
Pemilik sebuah toko mendapat kiriman 100 karung beras dari Dolog, yang masing-masing pada karungnya tertera tulisan Bruto 114 kg, tara 2 kg. Neto kiriman yang diterima pemilik toko adalah ...
A.      200 kuintal
B.      116 kuintal
C.      114 kuintal
D.      112 kuintal
23. EBTANAS-SMP-92-23
Seseorang membeli sepeda motor bekas seharga
Rp. 1.200.000,00 dan mengeluarkan biaya perbaikan
Rp. 50.000,00. Setelah beberapa waktu sepeda itu dijualnya Rp. 1.500.000,00.
Persentasi untung dari harga beli adalah ...
A.    20 %
B.    20,8 %
C.    25 %
D.    26,7 %
24. UN-SMP-06-15
Di toko alat tulis, Tuti membeli 2 pensil dan 3 buku tulis seharga Rp. 15.500,00. Di toko yang sama, Lina membeli 4 pensil dan 1 buku tulis seharga Rp. 13.500,00. Bila Putri membeli 1 pensil dan 2 buku tulis di toko tersebut, Putri harus membayar sebesar ...
A.      Rp. 6.000,00
B.      Rp. 7.000,00
C.      Rp. 8.500,00
D.      Rp. 9.500,00
25. UAN-SMP-03-22
Tio harus membayar Rp. 10.000,00 untuk pembelian 5 buah buku dan 5 buah pensil. Tia membayar Rp. 11.900,00 untuk pembelian 7 buah buku dan 4 buah pensil. Berapakah yang harus dibayar oleh Tini bila ia membeli 10 buku dan 5 buah pensil ?
A.      Rp. 15.000,00
B.      Rp. 15.500,00
C.      Rp. 16.000,00
D.      Rp. 16.500,00
26. EBTANAS-SMP-99-16
Harga 15 buah buku tulis dan 10 pensil adalah Rp. 7.500.00. Harga 6 buku dan 6 pensil adalah Rp. 3.150.00. Berapakah harga 3 buku tulis dan 4 pensil ?
A.      Rp. 2.200,00
B.      Rp. 2.050,00
C.      Rp. 1.800,00
D.      Rp. 1.650,00

Tidak ada komentar:

Posting Komentar