Jumat, 25 Februari 2011

soal soal matematika


Text Box:  Text Box: xText Box: Penyederhanaan bentuk pecahanText Box: xText Box: y −Text Box: +Text Box: xText Box: yText Box: xText Box: y−Text Box: 52. EBTANAS-SMP-86-18 
Penyederhanaan dari : 3 – (p – 1) adalah ...
A. 2 – p
B. 4 – p
C. p – 4
D. p – 2Text Box: 53. EBTANAS-SMP-85-35Text Box: 1 −Text Box: 2Text Box: C. x – y
D. y – xText Box: meng Text Box: hasilkan ...Text Box: 1Text Box: A.Text Box: yText Box: x−Text Box: 1Text Box: B.Text Box: 1Text Box: yText Box:  Himpunan
01. UAN-SMP-04-08
Dari diagram panah di bawah, yang merupakan pemetaan adalah ...
A.      I dan II
B.      I dan III
C.      II dan IV
D.      I dan IV
02. EBTANAS-SMP-01-08
Diketahui A = {1, 2, 3, 4, 5} dan B = {2, 4, 6}. Diagram panah yang merupakan relasi “faktor dari” himpunan A ke himpunan B adalah ...
A.                                                B.
Text Box:  Text Box:  1                2                         1            2
Text Box: 2 •2
Text Box: 3 • • 43                4
4                                             4
5                6                         5            6




03. EBTANAS-SMP-94-04
Diagram panah di bawah ini yang merupakan pemetaan adalah ...



Text Box: •
 


I                           II                       III                      IV
A.    gambar I
B.    gambar II
C.    gambar III
D.    gambar IV

04. EBTANAS-SMP-90-31
(i)                       (ii)                 (iii)                       (iv)
Dari diagram-diagram di atas, menunjukkan pemetaan adalah ...
A.         (i)
B.      (ii)
C.      (iii)
D.      (iv)
05. EBTANAS-SMP-88-01
Diagram panah-diagram panah di bawah ini adaiah pemetaan, kecuali ...
6.     EBTANAS-SMP-86-46
Diantara diagram panah di ba\yah ini yang bukan merupakan pemetaan adalah ...
7.     UN-SMP-07-12
Perhatikan diagram berikut ini!
Text Box:  Relasi dari himpunan A ke himpunan B adalah ...
A.    faktor dari
B.    lebih dari
C.    kurang dari
D.    setengah dari

08. EBTANAS-SMP-95-04
Diagram panah yang merupakan hubungan “kurang satu dari” dari A = {1, 2, 3} ke B = {0, 1, 2, 3, 4, 5, 6} adalah ...
I.               A                        B II.                  A                     B
·Text Box:  Text Box:  0                                                                            0
1                                      1                                    1                                   1
·Text Box: •22
Text Box: •3Text Box: 2•Text Box: •32
·Text Box: •44 3                   5                        3               5
·6                                                  6
A.         Text Box:  Text Box: III. A B IV. A B
•0 •0Text Box: 1• •1Text Box: •2Text Box: 2•Text Box: •4Text Box: 3• •5 3• •5
•6 •6Text Box: •3Text Box: 2•2Text Box: 1• •1Text Box: •2Text Box: •3Text Box: •4I
B.         II
C.         III
D.         IV
09. EBTANAS-SMP-00-08
Text Box:  Text Box: a • • d aText Box: b • • eText Box: cText Box: •Text Box: • fText Box: b • • e b • • 2 b • • 2Text Box: cText Box: •Text Box: • • d aText Box: • fText Box: cText Box: •Text Box: • • 1 aText Box: • 3Text Box: cText Box: •Text Box: •Text Box: • 3Text Box: • 1Diagram panah di atas yang merupakan pemetaan adalah ...
A.      I dan II
B.      I dan III
C.      II dan IV
D.      II dan III
10. EBTANAS-SMP-89-19
Text Box:  Diagram panah disamping adalah pemetaan dari A dan B yang aturannya ...
A.    "bilangan prima dari"
B.    "satu lebihnya dari"
C.    "satu kurangnya dari
D.    "faktor dari"
11. EBTANAS-SMP-95-15
Text Box:  Yang merupakan daerah                                            1
hasil pada diagram panah             2                          2
di samping adalah ...                       3                          3
Text Box: A. B. C. D.  {2, {1,
{1, {2,  3, 3,
2, 3,  4, 5, 3, 4,  5} 7}
4, 5,  5, 6} 6, 7}4                                                                                          4
5                                                                                          5
·6
·7

Text Box:  
 Text Box:  12. EBTANAS-SMP-86-12  Pada diagram di samping
A' =
...



A.  
{5}



B.  
{5,
6,
7}

C.  
{1,
2,
5}

D.  
{1,
2,
5,
6, 7}

13. EBTANAS-SMP-96-02
Dari diagram Venn di bawah, komplemen ( P Q ) adalah ...
A. Text Box:  Text Box: SText Box: 16Text Box: Q P
12 14 11
19 13
18 15 17
B.  
C.  
D.  
{15} {14, {11, {11,
15} 12, 12,
13, 13,
17, 16,
18, 17,
19} 18,
19}

14. EBTANAS-SMP-93-01
Ditentukan A = {v, o, k, a, l} ; B = {a, i, u, e, o} Diagram yang menyatakan hal tersebut di atas adalah ... A.         B.
Text Box:  Text Box: v o uText Box: k l IText Box: aText Box:  Text Box: k uText Box: v o iText Box: l a eText Box:  Text Box: C. D.Text Box: v o uText Box: aText Box: k l eText Box: v o uText Box: k aText Box: l i e15. EBTANAS-SMP-00-02
Diketahui S = {bilangan bulat }
P = {bilangan prima}
Q = {bilangan prima}
Text Box: C.  D.
SText Box: 5 7 PText Box: 3 11Text Box: 1 2Text Box: QText Box:  Text Box:  Text Box: SText Box: 3 2Text Box: 5 11Text Box: 7 9 PText Box: QText Box:  Text Box: 3Text Box: 5 7 PText Box: 2Text Box: QText Box:  Text Box: 3 11Text Box: 5 7 PText Box: 2Text Box: QDiagram Venn yang menyatakan hubungan antar himpunan di atas adalah ... A.              B

16. EBTANAS-SMP-92-01
Diketahui: A = {m, a, d, i, u, n} dan B = {m, a, n, a, d, o} Diagram Venn dari kedua himpunan di atas adalah ... A.               B.
Text Box:  Text Box:  Text Box: I dText Box: a m oText Box: u n em
a          d      o
i           e     e
u          a     a
Text Box: C. D.Text Box:  Text Box: u n nText Box: m
i d oText Box: aText Box: m i dText Box: a e oText Box: u n17. EBTANAS-SMP-91-05
Diketahui: A = {bilangan cacah ganjil}
B = {bilangan cacah genap}
Diagram Venn yang menyatakan hubungan kedua himpunan tersebut adalah ....
A.                                                C.
B.                                                D.
18. UN-SMP-05-01  Diketahui himpunan
A = {b, u, n, d, a}
B = {i, b, u, n, d, a}
C = {lima bilangan asli yang pertama}
D = {bilangan cacah kurang dari 6}
Pasangan himpunan yang ekivalen adalah ...
A.      A dengan B saja
B.      C dengan D saja
C.      A dengan B dan C dengan D
D.      A dengan C dan B dengan D
19. UN-SMP-06-08
Perhatikan relasi berikut!
(i)                     {(1,a), (2, a), (3, a), (4,a)}
(ii)  
{(2, b), (3, c), (4, d), (2, e)}
(iii)
{(3, 6), (4, 6), (5, 10), (3, 12)}
(iv)
{(1, 5), (3, 7), (5, 9(, (3, 11)}
Relasi di atas yang merupakan pemetaan adalah ...
A.      (i)
B.      (ii)
C.      (iii)
D.      (iv)

20. EBTANAS-SMP-01-03
Jika          P = {bilangan prima yang kurang dari 20}
Q = {bilangan kelipatan 3 yang kurang dari 20} Maka irisan P dan Q adalah ...
A.  
B.  
C.  
D.  
{3} {3, {1, {1,
15}
3, 15} 2, 3, 9,
15}

21. UAN-SMP-02-01
Notasi pembentukan himpunan dari B = { 1, 4, 9} adalah ...
A.      B = { x I x kuadrat tiga bilangan asli yang pertama}
B.      B = { x I x bilangan tersusun yang kurang dari 10}
C.      B = { x I x kelipatan bilangan 2 dan 3 yang pertama}
D.                 B = { x I x faktor dari bilangan 36 yang kurang dari 1 0}
22. EBTANAS-SMP-98-01
Ditentukan :           A = {p, e, n, s, i, l} I
B = { l, e, m, a, r, i}
C = {m, e, j, a}
D = {b, a, n, g, k, u}
E = {t, a, h, u}
Di antara himpunan-himpunan di atas yang saling lepas adalah ...
A.      B dan C
B.      A dan E
C.      D dan E
D.      B dan D
23. EBTANAS-SMP-99-01
Ditentukan A = {2, 3, 5, 7, 8, 11}
Himpunan semesta yang mungkin adalah ...
A.         {bilangan ganjil yang kurang dari 12}
B.         {bilangan asli yang kurang dari 12}
C.         {bilangan prima yang kurang dari 12}
D.         {bilangan cacah antara 2 dan 11 }
24. EBTANAS-SMP-00-01
P adalah himpunan bilangan prima antara 9 dan 19. Banyak himpunan bagian dari P adalah ...
A.      9
B.      8
C.      7
D.      6
25. EBTANAS-SMP-96-01
Diketahui himpunan P = {bilangan prima kurang dari
13 }. Banyak himpunan bagian dari P adalah ...
A.      5
B.      10
C.      25
D.      32

26. EBTANAS-SMP-88-03
Banyaknya himpunan bagian dari {a, b} adalah ...
A.      2
B.      4
C.      6
D.      8
27. EBTANAS-SMP-91-10
Banyaknya himpunan bagian dari:
A = {x I x < 5, x bilangan asli} adalah ...
A.      4
B.      8
C.      16
D.      25
28. EBTANAS-SMP-92-09
Jika K = {b, u, n, g, a}, maka banyaknya himpunan bagian dari K yang mempunyai 4 anggota ada ...
A.           4
B.           5
C.         6
D.      10
29. EBTANAS-SMP-99-09
Ditentukan :            A = {a, b, c}
B = { x I 1 x < 4 ; x bilangan bulat} Banyak korespondensi satu-satu yang mungkin dari himpunan A ke B adalah ...
A.      3
B.      6
C.      8
D.      9
30. EBTANAS-SMP-98-08
Banyaknya korespondensi satu-satu dari himpunan P = {k, e, j, u} ke Q = {r, o, t, i} adalah ...
A.           4
B.           8
C.      16
D.      24
31. UAN-SMP-02-09
Diketahui P = {p, q} dan Q = {r, s, t, u}. Himpunan pasangan berurutan di bawah ini yang merupakan pemetaan dari P ke Q adalah ...
A.         { (p, u), (q, u) }
B.         { (p, r), (p, s), (q, t), (q, u) }
C.         { (p, q), (q, r), (r, s), (s, t), (t, u) }
D.         { (p, r), (p, s), (p, t), (q, u), (q, f) }
32. EBTANAS-SMP-00-09
Himpunan pasangan berurutan berikut yang merupakan korespondensi satu-satu adalah ...
A.  
{ (a, 1), (b, 1), (c, 1), (d, 1), (e, 1) }
B.  
{ (a, 1), (a, 2), (a, 3), (a, 4), (a, 5) }
C.  
{ (a, 5), (b, 4), (c, 3), (d, 2), (e, 1) }
D.  
{ (a, 1), (b, 2), (c, 3), (d, 4), (e, 5) }

33. EBTANAS-SMP-86-51
Diantara himpunan pasangan berurutan berikut yang merupakan fungsi ialah ...
A.         {(a,b), (a, c), (b, c), (c, d)}
B.         {(b, a), (b, b), (c, a), (d, a)
C.         {(p, q), (x, y), (p, r), (y, z)
D.         {(p, q), (x, y), (y, x), (q, p)}
34. EBTANAS-SMP-92-32
      Ditentukan: I.       { (2, 1), (3, 2), (4, 5), (4, 6) }
                            II       { (a, 1), (b, 2), (c, 3), (d, 4) }
                          III       { (2, a), (3, b), (4, c), (4, d) }
IV       { (1, 1), (2, 4), (3, 9), (4, 16) }
Himpunan pasangan berurutan di atas yang merupakan
fungsi adalah ...
A.         I dan III
B.         I dan II
C.         II dan III
D.         II dan IV
35. EBTANAS-SMP-92-14
Ditentukan A = {0, 2, 4} dan B = {1, 2, 3}
Jika relasi dari A ke B “lebih dari” maka himpunan pasangan berurutan ...
39. EBTANAS-SMP-96-08
Diketahui himpunan pasangan berurutan:
P = { (0, 0), (2, 1), (4, 2), (6, 3) }
Q = { (1, 3), (2, 3), (1, 4), (2, 4) }
R = { (1, 5), (2, 5), (3, 5), (4, 5) }
S = { (5, 1), (5, 2), (4, 1), (4, 2) }
Dari himpunan pasangan berurutan tersebut di atas yang merupakan pemetaan adalah ...
A.      P dan Q
B.      P dan R
C.      Q dan R
D.      R dan S
40. EBTANAS-SMP-91-15
Banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan A = {a, b, c} ke himpunan B = {1, 2} adalah ...
A.      3
B.      5
C.      8
D.      9
41. EBTANAS-SMP-97-12
Diketahui A ={1, 2} dan B ={3, 4, 7}. Banyaknya pemetaan yang mungkin dari himpunan A ke B adalah ...

A.
{
(2,
1),
(4,
1),
(4,
2),
(4,
3)
}
A.                                  9
B.
{
(1,
0),
(2,
0),
(3,
0),
(4,
0)
}
B.                                  8
C.
{
(2,
1),
(4,
1),
(4,
3),
(2,
3)
}
C.                                  6
D.
{
(2,
1),
(2,
2),
(4,
1),
(4,
3)
}
D.                                  5


36. EBTANAS-SMP-91-14
Himpunan pasangan berurutan dari A x B, jika A = {2, 3} dan B = {a, b, c} adalah ...
A.         {(2, a), (2, b), (c, 2), (3, a), (3, b), (3, c)}
B.         {(2, a), (2, b), (2, c), (3, a), (3, b), (c, 3)}
C.         {(2, a), (2, b). (2, c), (3, a), (b, 3), (3, c)}
D.         {(2, a), (2, b), (2, c), (3, a), (3, b), (3, c)}
37. EBTANAS-SMP-93-05
Jika A = {p, m} dan B = {5, 7, 8}. Maka himpunan pasangan berurutan dari A × B adalah ...
A.         { (5, p), (5, m), (7, 8), (7, m), (8, p), (8, m) }
B.         { (p, 5), (m, 5), (p, 7), (m, 7), (p, 8), (m, 8) }
C.         { (5, p), (7, p), (8, p), (m, 5), (m, 7), (m, 8) }
D.         { (m, 5), (m, 7), (m, 8), (5, p), (7, p), (8, p) }
38. EBTANAS-SMP-85-25
Diketahui M = {m, e, r, a, h}, B = {b, i, r, u}, K = {k, e,
l, a, b, u}, Yang H = (h, i, j, a, u } dan P = {p, e, 1, a, n, g, i} yang dapat dibentuk perkawanan satu-satu adalah ...
A.      M dan B
B.      M dan K
C.      M dan H
D.      M dan P

42. EBTANAS-SMP-95-02
Jika A = {a, b, c, d, e} maka banyak himpunan bagian dari A adalah ...
A.         128
B.         64
C.         32
D.         12
43. EBTANAS-SMP-95-06
Himpunan kelipatan persekutuan dari 3 dan 6 yang kurang dari 30 adalah ...
A.         {0, 6, 18, 24}
B.         {0, 6, 18, 24, 28}
C.         {0, 6, 12, 24}
D.         {0, 6, 12, 18, 24}
44. EBTANAS-SMP-89-13
S = {bilangan asli kurang dari 10}, A = {2, 4, 6, 8}. Komplemen A dalam semesta S adalah ...
A.      {1, 3, 5,7 , 9, 10}
B.      {1, 3, 5, 7, 9}
C.      {1, 3, 5, 8, 9}
D.      {1, 3, 5, 6, 10}

45. EBTANAS-SMP-90-09
Diketahui : S = {bilangan cacah kurang dari 10}
A = {x I 2 < x < 6, x E S}.
Komplemen dari A adalah ...
A.      {0, 1, 8, 9, 10}
B.      {0, 1, 2, 6, 7, 8, 9}
C.      {0, 1, 2, 6, 7, 8, 9, 10}
D.      {0, 1, 7, 8, 9}
46. EBTANAS-SMP-91-11
Ditentukan: S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}
A = {2,5}.
B = {3, 5, 6}
Maka komplemen dari A u B adalah ...
A.      {1, 4}
B.      {4, 7}
C.      {1, 4, 6}
D.      {1, 4, 7}
47. EBTANAS-SMP-95-03
Jika P = {1, 2, 3, 4}, Q = {3, 4, 5, 6} dan R = {4, 5, 6, 7} maka P n Q n R adalah ...
A. ø
B.       {4}
C.       {3, 4}
D.       {4, 5, 6}
48. EBTANAS-SMP-96-36
Diketahui himpunan :
A = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7}
B = {faktor dari 12}
C = {bilangan prima < 11 }
D = {bilangan asli < 14}
Ditanyakan himpunan dari :
a.       A n B
b.       A u B
c.        (B n C)’
d.    A n B nC
49. EBTANAS-SMP-92-02
Jika P = bilangan prima yang kurang dari 18
Q = bilangan ganjil antara 3 dan 13
Maka semua anggota himpunan P n Q adalah ...
A.      {5, 7, 11}
B.       {5, 7, 13}
C.      {3, 5, 7, 11}
D.      {5, 7, 11, 13}
50. EBTANAS-SMP-92-10
Ditentukan : S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8}, A = {3, 4, 5} dan B = {4, 5, 6, 7}. Komplemen dari A u B adalah ...
A.      {1, 2, 3, 6, 7, 8}
B.      {3, 4, 5, 6, 7}
C.      {2, 3, 6, 7}
D.      {1, 2, 8}

51. EBTANAS–SMP–87–18
Bila S = {1, 2, 3, 4, 5, 6} A= {1, 2, 3, 4} B = {3, 4, 5} C={5} maka A n B n C = ...
A.      {1, 2, 3, 4, 5}
B.      {3, 4, 5}
C.       {5}
D.      { }
52. EBTANAS-SMP-88-18
Jika P' adalah komplemen dari himpunan P, maka pernyataan di bawah ini yang benar adalah ...
A.      P' n S = P'
B.      P' n P = S
C.      (P') ' = S
D.      P' u S = ø
53. EBTANAS-SMP-85-01
Jika A = {2, 5, 8, 11, 14}, B = {2, 3, 5, 7, 11, 13} dengan himpunan semesta C = (c I c bilangan cacah < 15 }, maka himpunan {0. 1, 4, 6, 9, 10, 12, 15} = ...
A.      A'
B.      B'
C.      (A u B)'
D.      (A' uB')
54. EBTANAS-SMP-93-02
Jika A himpunan bilangan prima lebih atau sama dengan 11 dan B adalah himpunan bilangan faktor-faktor dari 220, maka A n B adalah ...
A.      {2, 5, 11}
B.      {2, 3, 4, 11}
C.      {2, 5, 10, 11}
D.      {2, 4, 5, 10, 11}
55. EBTANAS-SMP-94-01
Diantara himpunan berikut yang merupakan himpunan kosong adalah ...
A.      {bilangan cacah antara 19 dan 20}
B.      {bilangan genap yang habis dibagi bilangan ganjil}
C.      {bilangan kelipatan 3 yang bukan kelipatan 6}
D.      {bilangan prima yang genap}
56. EBTANAS-SMP-94-03
Diketahui : S = {a, b, c, d, e, f, g, h} , A = {a, b, c}, B = {c, d, e}. Maka komplemen (A u B) adalah ...
A.       {f, g, h}
B.       {a, b, d, e}
C.      {a, b, c, d, e}
D.      {a. b, c, d, e, f, g, h}

57. EBTANAS-SMP-91-02
Jika : S = {bilangan qacah}
P = {bilangan asli ganjil}
Q = {bilangan prima > 2)
Maka P n Q adalah ..
A.      P
B.      Q
C.      
D.      S
58. EBTANAS-SMP-91-07
Koordinat-koordinat titik sudut segitiga ABC, masing­masing adalah A (1, 2), B (7, 2) dan C (1, 6). Maka luas daerahnya dalam satuan luas adalah ...
A.      12
B.      14
C.      21
D.      24
59. EBTANAS-SMP-91-09
Ditentukan pasangan himpunan-pasangan himpunan:
(i)         A= {bilangan cacah < 4}, B = {a, b, c}
(ii)       C = {t, i, g, a}
(iii)      E = {bilangan prima < 7}, F = {x | 1 < x < 4, x bilangan cacah}
(iv)      G = {0}, H = Pasangan himpunan yang ekivalen adalah ...
A.      (i)
B.      (ii)
C.      (iii)
D.      (iv)
60. EBTANAS-SMP-89-16
Di antara kalimat-kalimat dibawah ini yang merupakan kalimat terbuka adalah ...
A.  
2a – 3 = 2(a + 2)
– 7
B.  
2a – 3 = a

C.  
1 a + 2 = (a + 2)
     a
3

3

D.  
5a + 2 = 2 1 (10a
+ 4)

61. EBTANAS-SMP-85-17
Jika A = {a | 2a + 1, a bilangan asli, a < 8} dan
P = {p | p bilangan prima, p < 20}, maka pernyataan yang tidak benar adalah ...
A.     n (A u P) = 10
B.     n (A) – n (P) 0
C.    n (A n P) = 6
D.    n (A) + n (P) = 16
62. EBTANAS–SMP–87–07
n ( A) = 24, n (B) = 25 dan n (A u B) = 49 maka
n (A n B) adalah ...63. EBTANAS-SMP-85-03
A.  
ø
B.  
0
C.  
49
D.  
{49}
Dari dua himpunan A dan B yang semestanya S, diketahui n (A) = 32, n (B) = 38, n (A u B) = 63. Jika n {S) = 75, maka n (A B)' = ...
A.  
43
B.  
7
C.  
12
D.  
68

64. UN-SMP-07-11
Dari 40 siswa di kelas 3 A, 19 orang menyukai matematika, 24 orang menyukai bahasa Inggris, serta 15 orang menyukai matematika dan bahasa Inggris. Berapa banyak siswa yang tidak menyukai matematika rnaupun bahasa Inggris?
A.           8 orang.
B.           9 orang.
C.      12 orang.
D.      18 orang.
65. EBTANAS-SMP-98-04
Dalam suatu kelas terdapat 46 siswa, ada 33 siswa senang pelajaran matematika, 27 siswa senang bahasa Inggris dan 12 siswa yang tidak senang pelajaran matematika atau bahasa Inggris. Banyaknya siswa yang senang pelajaran Matematika dan bahasa Inggris adalah ...
A.           7 siswa
B.      11 siswa
C.      26 siswa
D.      18 siswa
66. EBTANAS-SMP-98-17
Dari 50 siswa terdapat 30 orang gemar lagu-lagu pop, 25 orang gemar lagu-lagu dangdut dan 6 orang yang tidak gemar lagu pop maupun dangdut. Bila dipanggil satu­satu secara acak sebanyak 100 kali, maka harapan terpanggilnya kelompok siswa yang hanya gemar lagu­lagu dangdut adalah ...
A.      15 kali
B.      25 kali
C.      30 kali
D.      50 kali
67. EBTANAS-SMP-98-36
Suatu kelas terdiri 48 anak, terdapat 20 anak mengikuti kegiatan ekstra kurikuler kesenian, 25 anak mengikuti kegiatan ekstra olah raga, 12 anak mengikuti ekstra pramuka, 10 anak mengikuti kegiatan ekstra kesenian dan pramuka, 5 anak mengikuti kegiatan ekstra kesenian dan olah raga, 5 anak mengikuti ekstra olah raga dan pramuka dan 4 anak mengikuti ketiga kegiatan tersebut.
Dengan memisalkan kesenian = K, olah raga = O dan pramuka = P, tentukanlah:
a.       Gambar diagram Vennnya
b.       Banyak siswa yang ikut kegiatan ekstra.
c. Banyaknya siswa yang tidak ikut kegiatan ekstra

68. UAN-SMP-03-02
Penduduk suatu perkampungan diketahui ada 182 jiwa berusia kurang dari 40 tahun, 128 jiwa berusia lebih dari 20 tahun, sedangkan 85 jiwa berusia diantara 20 dan 40 tahun. Banyak penduduk di perkampungan itu adalah ...
A.      395 jiwa
B.      200 jiwa
C.      225 jiwa
D.      185 jiwa
69. EBTANAS-SMP-99-03
Dari sejumlah siswa diketahui 25 siswa gemar Matemati­ka, 21 siswa gemar Bahasa Inggris dan 9 siswa gemar keduanya. Jumlah siswa pada kelompok itu adalah ...
A.      37 orang
B.      42 orang
C.      46 orang
D.      55 orang
70. UAN-SMP-04-01
Sekelompok siswa terdiri dari 20 orang, yang gemar berenang 9 orang, gemar sepak bola 10 orang dan yang tidak gemar keduanya 6 orang. Siswa yang gemar ke­duanya adalah ... orang.
A.  
10
B.  
6
C.  
5
D.  
4

71. UAN-SMP-02-04
Dari 44 siswa dalam kelas, terdapat 30 siswa gemar pelajaran matematika dan 26 siswa gemar Fisika. Jika 3 siswa tidak gemar kedua pelajaran tersebut, maka banyaknya siswa yang gemar kedua pelajaran itu adalah ...
A.      12 siswa
B.      15 siswa
C.      18 siswa
D.      22 siswa
72. UAN-SMP-03-01
Dari 42 kelas IA, 24 siswa mengikuti ekstra kurikuler pramuka, 17 siswa mengikuti ekstra kurikuler PMR dan 8 siswa tidak mengikuti kedua ekstra kurikuler. Banyak siswa yang mengikuti kedua kegiatan ekstra kurikuler adalah ...
A.           6 orang
B.           7 orang
C.           9 orang
D.      16 orang
73. EBTANAS-SMP-95-38
Dari 42 siswa, 12 siswa menyukai atletik, 20 siswa menyukai senam dan 8 siswa menyukai kedua-duanya.
a.       Tunjukkan pernyataan di atas dengan diagram Venn
b.       Tentukan banyaknya siswa yang tidak menyukai atletik maupun senam

74. UN-SMP-06-02
Pada acara pendataan terhadap kegemaran jenis musik diperoleh data bahwa di kelas III, 15 orang gemar musik pop dan 20 orang gemar musik klasik. Bila 5 orang gemar musik pop dan klasik serta 10 orang tidak gemar musik pop maupun musik klasik, banyaknya siswa kelas III adalah ...
A.      45 orang
B.      40 orang
C.      35 orang
D.      30 orang
75. EBTANAS–SMP–87–41
Dari 20 orang siswa kelas III SMP terdapat 8 orang gemar matematika, 12 orang gemar bahasa, dan 3 orang gemar keduanya.
Pernyataan-pernyataan di bawah mi yang benar adalah ...
A.      siswa yang tidak gemar keduanya 4 orang
B.      siswa yang gemar matematika saja 6 orang
C.      siswa yang gemar bahasa saja 9 orang
D.      siswa yang tidak gemar bahasa 7 orang
76. EBTANAS-SMP-89-14
Dalam suatu kelas yang jumlah siswanya 48 orang, 20 orang gemar Matematika, 23 orang gemar IPA, orang tidak gemar Matematika maupun IPA. Maka banyak siswa yang gemar Matematika dan IPA adalah ...
A.  
12
B.  
15
C.  
17
D.  
20

77. EBTANAS-SMP-88-27
Semua siswa dalam suatu kelas gemar Matematika atau IPA. Jika 20 anak gemar Matematika, 30 anak gemar IPA dan 10 orang anak gemar kedua-duanya, maka jumlah anak-anak dalam kelas itu adalah ...
A.      10 anak
B.      40 anak
C.      50 anak
D.      60 anak
78. EBTANAS-SMP-88-34
Di dalam suatu kelas terdiri dari 48 orang, siswa yang gemar Matematika 29 orang, sedangkan yang gemar Bahasa 27 orang. Jika ada 6 orang yang tidak gemar Matematika maupun Bahasa, maka banyaknya siswa yang gemar Matematika dan Bahasa adalah ...
A.
12
B.
13
C.
14
D.
15

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar